1. Melancholia (2021).

drama Korea tentang dunia pendidikan berbagai sumber

foto: imdb.com

Melancholia merupakan rekomendasi drama Korea tentang dunia pendidikan berlatar di sebuah SMA yang menjadi sarang korupsi. Ada kisah cinta seorang guru Matematika dan siswa SMA jenius yang terlibat skandal.

Empat tahun berlalu, keduanya bertemu kembali dan bertekad mengembalikan reputasi Im Yoon-so, guru Matematika yang terusir dan mengungkap kasus korupsi di SMA tersebut. Drama ini mengajarkan kepada kita semua tentang arti kejujuran dan terus fokus pada proses yang dijalankan.

2. The Penthouse (2020-2021).

drama Korea tentang dunia pendidikan berbagai sumber

foto: imdb.com

The Penthouse merupakan rekomendasi drama Korea tentang dunia pendidikan yang sejak musim pertamanya tayang pada paruh kedua 2020 lalu, menjadi salah satu yang menarik untuk diikuti. Drama Korea ini mengisahkan cerita kelam orang kaya yang selalu punya dendam masa lalu. Dendam tersebut tak bisa padam dan menuntut para karakter dalam drama ini selalu membalaskan semua kenangan pahit yang pernah mereka lalui.

Selain mengisahkan dendam orang kaya dan perselingkuhan, drama ini juga mengangkat isu perundungan di sekolah. Hal ini terlihat saat Bae Ro-na, seorang murid perempuan biasa yang berusaha masuk ke sekolah seni bergengsi. Namun, kehidupannya di sekolah sering kali diganggu oleh Yoo Je-ni, seorang murid dari keluarga kaya yang suka melakukan hal yang semena-mena.

3. At Eighteen (2019).

drama Korea tentang dunia pendidikan berbagai sumber

foto: imdb.com

At Eighteen merupakan rekomendasi drama Korea tentang dunia pendidikan yang berkisah tentang Choi Joon-woo yang baru saja berusia 18 tahun dan telah terbiasa dengan kesepian. Ia tidak pandai mengekspresikan emosinya, tetapi ia punya sisi lain yang unik.

Saat pindah ke sekolah baru, Choi Joon-woo bertemu dengan Yoo Soo-bin, siswa top tetapi hidupnya penuh aturan ibunya dan bermimpi untuk menjadi orang yang mandiri. Selain itu, Joon-woo juga bertemu dengan Ma Whi-young yang tampak sempurna dengan segala kehidupannya, tetapi nyatanya ia adalah orang yang sangat pemalu. Pertemuan tersebut membuang masing-masing orang tak lagi merasa sendiri dan menjadi teman yang saling membantu satu sama lain.

4. Black Dog: Being A Teacher (2019).

drama Korea tentang dunia pendidikan berbagai sumber

foto: imdb.com

Black Dog: Being A Teacher merupakan rekomendasi drama Korea tentang dunia pendidikan yang mengisahkan pengalaman Ko Ha-neul sebagai seorang guru. Menjadi guru merupakan impian Ha-neul karena terinspirasi dari seorang gurunya saat ia menjadi murid. Di sekolah yang sama, ia ditemani oleh Park Seong-soon yang menjadi mentor Ha-neul. Ia dikenal sebagai seorang guru bahasa Korea dan Kepala Penerimaan Perguruan Tinggi serta dikenal sebagai seorang pekerja keras.

Selain itu, ada pula Do Yeon-woo, guru bahasa Korea yang dikenal sangat populer di kalangan siswa. Ia juga menjadi rekan kerja Ha-neul di sekolah tersebut. Ha-neul dan juga guru yang lain harus menghadapi berbagai kesulitan dan problem saat menjadi guru. Selain itu, mereka harus pandai mengatur mana yang menjadi urusan sekolah dan mana yang urusan pribadi.