drama Korea dituduh plagiat  berbagai sumber foto: imdb.com

A Korean Odyssey atau yang berjudul Hwayugi menjadi drama Korea yang sempat dituduh plagiat dengan sebuah karya berjudul Aeyugi. Karya tersebut ditulis Ttangyeol dan menganggap bahwa salah satu bagian dari A Korean Odyssey mengambil dari karyanya itu.

A Korean Odyssey merupakan drama Korea yang berasal dari cerita legenda saat Song Ogong (Lee Seung-gi) melarikan diri dari gunung marmer, tempat dia terjebak hukuman dari surga.

Sementara itu, Jin Seon-mi (Oh Yeon-so) mendapat takdir dari Sam-Jang (seseorang yang diinginkan oleh arwah). Satu-satunya hal yang membuat Seon-mi aman dan menghentikan Ogong yang mau memakannya adalah membuat kontrak dengan makhluk tersebut.

Seon-mi kemudian membuat Ogong memakai gelang ajaib yang disebut Geumganggo yang kemudian membuatnya semakin jatuh cinta pada Seon-mi.

6. My Love From the Star (2013).

drama Korea dituduh plagiat  berbagai sumber

foto: imdb.com

My Love From the Star menjadi drama Korea yang sempat dituduh plagiat dengan salah satu karya komikus populer, Kang Kyung Ok berjudul Seolhee. Namun, setelah sempat mengajukan gugatan, hal tersebut tak lagi berlanjut ke pengadilan.

My Love From the Star berkisah ketika Do Min-Joon (Kim Soo-hyun) yang tampil sebagai seorang alien tampan menyelamatkan Yi-Hwa (Kim Hyun-soo) yang jatuh dari tebing. Lalu dia hidup selama 400 tahun, Min-Joon hanya punya beberapa bulan lagi untuk kembali ke planet asalnya dan saat itulah dia bertemu Cheon Song-Yi (Jun Ji-hyun), seorang aktris yang membuatnya jatuh cinta.

7. The Greatest Love (2011).

drama Korea dituduh plagiat  berbagai sumber foto: imdb.com

The Greatest Love menjadi drama Korea yang sempat dituduh plagiat karya novel So I Married an Anti-Fan. Novel tersebut terbit pada 2010, dan drama The Greatest Love dianggap memiliki premis yang sama. Hingga So I Married an Anti-Fan diangkat menjadi drama, tak ada kejelasan apakah The Greatest Love benar-benar melakukan plagiat.

The Greatest Love mengisahkan Gu Ae-jung (Gong Hyo-jin), anggota paling populer dari girl group Kukbo Sonyeo, secara harfiah berarti "Gadis Harta Nasional". Namun, sebuah skandal membuat kariernya jatuh dan tampil di sebuah program televisi untuk menyambung hidup. Hingga suatu waktu, dia kembali tenar dan mendapat pertentangan yang cukup keras dari publik.

8. Queen Seondeok (2009).

drama Korea dituduh plagiat  berbagai sumber foto: imdb.com

Queen Seondeok menjadi drama Korea yang sempat dituduh plagiat naskah teater musikal berjudul Queen of Rose of Sharon, Seon Deok. Bahkan, kasus tersebut dibawa ke pengadilan dan dinyatakan terbukti melakukan plagiat.

Drama ini mengisahkan sosok Queen Seondeok, Ratu pertama dalam sejarah peradaban kerajaan Korea. Queen Seondeok memimpin saat Korea dikuasai Dinasti Kerajaan Silla yang saat itu ditunjuk langsung Raja King Jinheung saat sekarat melalui surat wasiat.

Penunjukan Seondeok sebagai putri mahkota membuat seluruh jajaran kerajaan kaget dan melahirkan beberapa pemberontakan internal kerajaan. Drama ini merupakan drama kolosal Korea yang penuh intrik di internal kerajaan dan berhasil menarik perhatian penonton, terutama penonton Korea.

9. Iris (2009).

drama Korea dituduh plagiat  berbagai sumber foto: imdb.com

Iris menjadi drama Korea yang sempat dituduh plagiat novel The Sun Never Rises on Mt. Fuji karya Park Chul-ju. Drama ini mengangkat konflik Selatan-Utara tentang dua orang sahabat Kim Hyun-jun dan Jin Sa-woo yang dilatih tentara Korea Selatan. Keduanya bekerja untuk NSS (National Security Service). Kemudian mereka jatuh cinta pada wanita yang sama, Choi Seung-hee.

Kehidupan mereka pun mulai berubah ketika Hyun-jun dijebak dengan ditugaskan ke Hongaria. Kisah cinta segitiga para tentara ini mewarnai intrik politik antara Korea Selatan dan Korea Utara.