1. Big Mouth (2022).

drama Korea penegak hukum berbagai sumber

foto: asianwiki.com

Big Mouth merupakan drama Korea penegak hukum terjerat kasus yang mengisahkan saat Park Chang-ho (Lee Jong-suk) saat bekerja sebagai pengacara dengan tingkat kemenangan hanya 10 persen. Ia dikenal sebagai orang yang banyak bicara dan orang-orang memanggilnya Mulut Besar. Pada suatu waktu, ia kebetulan terlibat dalam kasus pembunuhan dan entah bagaimana ia dianggap sebagai penipu jenius Big Mouse.

Tuduhan tersebut membuat Park Chang-ho berada dalam situasi yang mengancam jiwa. Sementara itu, Go Mi-ho ( Lim Yoon-a ) adalah istri Park Chang-ho dan dia bekerja sebagai perawat. Ia memiliki penampilan yang cantik, kepribadian bijaksana dan pemberani. Ia membantu suaminya menjadi pengacara dengan mendukungnya secara finansial dan psikologis. Go Mi-ho mengetahui bahwa Park Chang-ho dicurigai sebagai penipu jenius Big Mouse dan berusaha membersihkan nama suaminya.

2. Why Her? (2022).

drama Korea penegak hukum berbagai sumber

foto: imdb.com

Why Her? merupakan drama Korea penegak hukum terjerat kasus yang menimpa Oh Soo-jae (Seo Hyun-jin). Ia dikenal sebagai seorang pengacara berbakat dan partner termuda di TK Law Firm, firma hukum terbaik di Korea Selatan. Oh Soo-jae didorong oleh keinginannya untuk memenangkan kasus dan juga punya prinsip ingin menang sendiri.

Namun, suatu ketika, ia terlibat dalam kasus tidak terduga dan diturunkan dari jabatannya sebagai asisten profesor di sekolah hukum Universitas Seojung. Di sekolah hukum, Oh Soo-jae bertemu Gong Chan (Hwang In-youp), seorang mahasiswa di kampus tersebut. Pertemuan tersebut membuat Gong Chan jatuh cinta dan rela melakukan apa pun demi Soo-jae dan mau membantu untuk membersihkan namanya.

3. Law School (2021).

drama Korea penegak hukum berbagai sumber

foto: imdb.com

Law School merupakan drama Korea penegak hukum terjerat kasus yang menimpa Jong-Hoon (Kim Myung-min), seorang mantan jaksa yang menjadi profesor di sebuah sekolah hukum terkenal. Namun, ia tidak disukai oleh teman-teman dan murid-muridnya karena memiliki sikap dingin. Drama ini juga berfokus pada dua mahasiswa hukum, satu dari latar belakang keluarga miskin dan satu menyembunyikan rahasia sampai drama ini selesai.

Drama ini semakin seru saat Jong-Hoon ditetapkan sebagai tersangka pembunuhan koleganya yang juga menjadi profesor di sekolah tersebut. Kedua siswa Jong-Hoon yang tak sengaja terhubung dengan hidupnya, berusaha keras untuk membuktikan bahwa profesor tidak bersalah dan segera menemukan pelakunya. Drama ini mengajarkan tentang realitas di sebuah kampus yang juga sama persis dengan kehidupan lainnya.

Ada banyak macam pergolakan hidup dan berbagai hal yang membuat kita semua bikin mengelus dada. Namun, di balik itu semua, karakter utama drama ini terus berusaha berperilaku jujur dan mengambil hukum legal sebagai jalan untuk menemukan keadilan.

4. Vincenzo (2021).

drama Korea penegak hukum berbagai sumber

foto: imdb.com

Vincenzo merupakan drama Korea penegak hukum terjerat kasus yang menimpa Hong Cha-young saat mengungkap sebuah kebenaran. Ia ditangkap polisi atas sebuah tuduhan dan membuatnya masuk penjara. Drama ini mengisahkan seorang Vincenzo Cassano atau yang mempunyai nama lain Park Joo-hyung.

Karakter ini diperankan dengan baik oleh Song Jong-ki yang tampil sebagai seorang consigliere, pengacara mafia di Italia. Namun karena sebuah persengketaan, ia kemudian kembali ke Korea Selatan dan bekerja sama dengan pengacara lain untuk menjatuhkan sebuah korporasi jahat guna melindungi para penyewa yang tinggal di Geumga Plaza.