Brilio.net - Selain webtoon, drama Korea sering kali hadir sebagai remake dari drama dari negara lain. Salah satu drama negara lain yang sering diremake adalah dari dorama Jepang.

Biasanya, drama Korea hasil remake dari dorama Jepang tampil lebih kompleks karena jumlah episode lebih banyak dari versi aslinya. Karena itu, drama Korea tersebut menghasilkan dramatisasi yang cukup berbeda.

Selain itu, drama Korea yang diadaptasi dari dorama Jepang tersebut berhasil membawa konteks cerita dalam konteks Korea. Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Selasa (29/3), berikut 9 drama Korea diadaptasi dari dorama Jepang, cerita lebih kompleks.

1. Rich Man (2018).

drama Korea diadaptasi dari dorama Jepang berbagai sumber

foto: imdb.com

Rich Man merupakan drama Korea diadaptasi dari dorama Jepang yang diremake dari serial televisi Jepang Rich Man, Poor Woman (2012). Drama ini menceritakan Lee Yoo-chan, seorang programmer jenius dan CEO perusahaan IT Next In yang tidak dapat mengenali wajah siapa pun, bahkan saat bertemu cinta pertamanya. Suatu saat, Kim Bo-ra, mahasiswa yang memiliki ingatan seperti AlphaGo dan merupakan calon pencari kerja di perusahaan yang sama, muncul.

Walaupun awalnya terjadi drama-drama terkait lowongan pekerjaan, Bo-ra akhirnya bekerja di perusahaan tersebut dan menjadi bawahan Yoo-chan. Bo-ra dikenal punya ingatan fotografis yang kuat dan hal itu sedang dibutuhkan oleh perusahaan. Yoo-chan kemudian sering berinteraksi dengan Bo-ra yang sejak pertama kali bertemu sudah membuatnya jatuh cinta. Ingatan pendek yang diderita Yoo-chan seolah hilang saat ia bertemu wanita pujaannya tersebut.

2. Mother (2018).

drama Korea diadaptasi dari dorama Jepang berbagai sumber

foto: imdb.com

Mother merupakan drama Korea diadaptasi dari dorama Jepang dengan judul yang sama dan pernah tayang pada 2010. Drama ini mengisahkan Kang Soo-jin, seorang guru sekolah dasar yang mengetahui bahwa salah satu muridnya yang bernama Kim Hye-na dianiaya oleh keluarganya sendiri.

Soo-jin kemudian merencanakan sesuatu untuk menculik anak tersebut agar bisa terhindar dari perlakuan buruk keluarganya. Setelah berhasil menculik anak tersebut, Soo-jin berusaha untuk menjadi ibu Hye-na.

3. The Smile Has Left Your Eyes (2018).

drama Korea diadaptasi dari dorama Jepang berbagai sumber

foto: imdb.com

The Smile Has Left Your Eyes merupakan drama Korea diadaptasi dari dorama Jepang berjudul Sora Kara Furu Ichioku no Hoshi (2002). Drama ini menceritakan kisah cinta Kim Moo-young dan Yoo Jin-kang yang semakin menegaskan sebuah pepatah: benci jadi cinta. Awal mereka bertemu seperti dua orang yang saling bermusuhan sengit.

Namun, saat mereka sering bersama, mereka pun saling jatuh cinta. Walaupun tampil dengan kisah di awal cerita, drama ini memberikan plot twist yang sama sekali tak terduga saat Yoo Jin-gook, saudara laki-laki Jin-kang mulai menyelidiki hubungan cinta tersebut dan berhasil menemukan hal tak terduga. Drama ini membawa penonton pada roller coaster emosi dengan tikungan, belokan, kebohongan, dan rahasia yang begitu gelap.

4. Because This Is My First Life (2017).

drama Korea diadaptasi dari dorama Jepang berbagai sumber

foto: imdb.com

Because This Is My First Life merupakan drama Korea diadaptasi dari dorama Jepang yang berjudul Nigeru wa Haji da ga Yaku ni Tatsu atau We Married as a Job. Drama ini mengisahkan Nam Se-hee yang menghabiskan uangnya untuk membeli rumah dan tinggal bersama Yoon Ji-ho karena tidak memiliki tempat tinggal.

Keduanya belum menikah di usia tiga puluhan dan mulai hidup bersama sebagai teman serumah. Awalnya mereka menganggap hal tersebut sebagai hal biasa. Namun, saat dihadapkan pada lingkungan sekitar, masalah baru kemudian muncul.

5. Naeil's Cantabile (2014).

drama Korea diadaptasi dari dorama Jepang berbagai sumber

foto: imdb.com

Naeil's Cantabile merupakan drama Korea diadaptasi dari dorama Jepang berjudul Nodame Cantabile karya Tomoko Ninomiya. Drama ini berkisah pada pertemuan dan konflik asmara dari dua tokoh utamanya yaitu Seol Nae-il (Shim Eun-kyung) dan Yeo-jin (Jo-woon). Nae-il adalah gadis yang aktraktif dan sedikit aneh. Meski begitu, ia adalah siswa berbakat di sekolahnya dengan mengambil jurusan piano.

Sementara Yeo-jin adalah anak dari pianis terkenal yang belajar di sekolah yang sama dengan Nae-il. Yeo-jin, seorang siswa jenius yang menguasai berbagai genre musik sehingga membuatnya kerap bersikap sombong. Ia bercita-cita menjadi konduktor dan bisa mengenyam pendidikan musik di Eropa suatu hari nanti.

Hanya saja cita-citanya ini terhalang trauma yang ia alami sejak kecil dan membuatnya tidak bisa naik pesawat terbang. Pertemuan dua tokoh utama ini dimulai ketika suatu hari tanpa sengaja Nae Il menemukan Yeo-jin pingsan di depan pintu apartemennya. Rupanya Yeo-jin pingsan karena mabuk berat dan ia tinggal tepat di sebelah apartemen Nae-il.

6. The Queen of Office (2013).

drama Korea diadaptasi dari dorama Jepang berbagai sumber

foto: imdb.com

The Queen of Office merupakan drama Korea diadaptasi dari dorama Jepang berjudul Pride of the Temp (2007). The Queen of Office mengisahkan Nona Kim yang hidup dan bekerja sebagai seorang karyawan karismatik. Ia dikenal sebagai karyawan yang pandai dalam segala hal dan bahkan kemampuan tersebut membuat bos kantornya takut.

Namun, hidup Nona Kim selalu diselimuti misteri dan ia selalu menghilang setelah kontrak sementara selama tiga bulannya habis. Berlatar budaya tempat kerja Korea modern sebagai latar belakang, drama ini berhasil menampilkan drama perkantoran yang kocak.

7. To the Beautiful You (2012).

drama Korea diadaptasi dari dorama Jepang berbagai sumber

foto: imdb.com

To the Beautiful You merupakan drama Korea diadaptasi dari dorama Jepang berjudul Hanazakari no Kimitachi e. To The Beautiful You mengisahkan Goo Joo-Hae yang diperankan oleh Cho-Seol-Ri, seorang gadis Korea yang sekarang tinggal di Amerika Serikat.

Pada suatu hari, dirinya melihat kompetisi lompat tinggi di stasiun TV dan menjadi tertarik pada salah satu peserta yang bernama Kang Tae-Joon diperankan oleh Min-Ho. Momen tersebut membuat Joo-Hae mengidolakan atlet tersebut dan sampai pergi ke Korea Selatan untuk menemui idola dan pujaan hatinya.

8. Master of Study (2010).

drama Korea diadaptasi dari dorama Jepang berbagai sumber

foto: imdb.com

Master of Study merupakan drama Korea diadaptasi dari dorama Jepang berjudul Dragon Zakura. Drama ini mengisahkan Kang Suk-ho, seorang pengacara yang ditugaskan untuk melikuidasi SMA Byung Moon. Awalnya dia tidak mau melakukannya, tetapi mengingat bantuan yang dia terima selama berada di SMA Byung Moon, yang membantunya berubah dari remaja nakal yang sering berkelahi menjadi orang yang relatif sukses di masyarakat.

Karena itu, dia membuat rencana untuk mendirikan "kelas khusus" yang bertujuan untuk memasukkan siswa ke Universitas Cheonha untuk meningkatkan reputasi sekolah. Ia juga bermaksud mereformasi staf pengajar di sekolah tersebut.

9. Playful Kiss (2010).

drama Korea diadaptasi dari dorama Jepang berbagai sumber

foto: imdb.com

Playful Kiss merupakan drama Korea diadaptasi dari dorama Jepang berjudul Itazura na Kiss. Drama ini menceritakan kisah dua orang remaja yang saling bertolak belakang walau akhirnya saling jatuh cinta. Mengangkat tema cinta anak sekolahan, tokoh utama drama ini adalah Baek Seung-ho (Kim Hyun-joong), seorang murid jenius yang memiliki sifat pendiam dan dingin. Sedangkan tokoh utama wanita adalah Oh Ha-ni (Jung So-min) seorang murid yang ceroboh dan kurang pintar.

Oh Ha-ni sempat menyatakan cintanya kepada Seung-ho dan langsung mendapatkan penolakan. Namun, setelah mereka tinggal bersama di rumah orang tua Seung-ho, situasi mulai berubah. Seung-ho mulai menerima Oh Ha-ni dan mereka pun saling jatuh cinta hingga akhirnya menikah. Sebuah kisah happy ending.