1. Shark: The Beginning (2021).

film Korea isu perundungan berbagai sumber

foto: imdb.com

Shark: The Beginning merupakan film Korea yang mengangkat isu perundungan saat Cha Woo-sol (Kim Min-suk) diganggu oleh Bae Seok-chan (Jung Won-chang) selama masa sekolah menengahnya. Woo-sol akhirnya merasa lega ketika mendaftar di sekolah menengah yang berbeda dari Bae Seok-chan. Namun, teman satu sekolah Woo-sol tersebut kemudian juga ikut pindah di sekolah yang sama dengannya.

Kelakuan tersebut membuat Woo-sol emoasi dan tak lagi bisa menahan diri. Woo-sol pun menyerang Seok-chan dengan sebuah pena dan mengakibatkan anak tersebut cedera parah sampai mesti berhenti berlatih tinju. Sementara itu, Woo-sol dijatuhi hukum selama tiga tahun penjara untuk remaja atas penyerangan tersebut. Saat di penjara, Woo-sol bertemu dengan Jung Do-hyun (Wi Ha-joon) yang kelak mengajarinya cara bertarung.

2. Student A (2018).

film Korea isu perundungan berbagai sumber

foto: imdb.com

Student A merupakan film Korea yang mengangkat isu perundungan di sekolah saat dialami oleh Jang Mi-rae. Ia dianggap orang 'buangan' di sekolah. Selain itu, ia hidup di lingkungan keluarga yang buruk, sehingga ia tak pernah betah di rumah. Kondisi tersebut membuat bermain game role playing online dan menulis cerita.

Hidupnya kemudian perlahan berubah saat ia bertemu dengan Baek-hab, salah satu siswa populer dan mereka pun berteman. Selain itu, ia bertemu dengan seorang pemuda yang dikenal melalui game online yang diikutinya dan menjadi teman baiknya saat sedih.

3. My Little Baby, Jaya (2017).

film Korea isu perundungan berbagai sumber

foto: imdb.com

My Little Baby, Jaya merupakan film Korea yang mengangkat isu perundungan dengan kisah tragis. Film ini mengisahkan Won-sool yang mengidap cerebral palsy merasa hidupnya hancur saat Jaya, putrinya mengalami perundungan hingga kekerasan seksual. Hal tersebut membuat anaknya tersebut merasa tak punya harga diri dan memutuskan bunuh diri.

Merasa keluhan atas anaknya tidak punya daya dan semakin dikecewakan masyarakat, Won-sool memutuskan untuk menindak sendiri para pelaku yang menyebabkan anaknya meninggal dunia. Won-sool menyerang para gadis yang melakukan perundungan dan membunuh lelaki yang memperkosa anaknya. Setelah hal itu dilakukan, Won-sool memutuskan bunuh diri karena tidak punya harapan lagi untuk hidup.

4. Socialphobia (2014).

film Korea isu perundungan berbagai sumber

foto: imdb.com

Socialphobia merupakan film Korea yang mengangkat isu perundungan di dunia internet. Film ini mengisahkan Ji-woong (Byun Yo-ha ) dan Yong-min (Lee Joo-seung) yang bersiap untuk mengikuti ujian menjadi seorang polisi. Mereka kesal dengan seseorang dengan nama pengguna online Re-na, karena komentar kejam yang ditinggalkannya di sebuah artikel online tentang kematian seorang prajurit.

Mereka kemudian mencari identitas aslinya dan menemukan nama serta alamat aslinya. Ji-woong dan Yong-min segera pergi ke apartemennya agar Re-na meminta maaf. Namun, saat sampai di lokasi, mereka berdua menemukan berbagai hal yang mengejutkan.