1. Search (2020).

drama Korea romantis tentara berbagai sumber

foto: imdb.com

Search merupakan drama Korea romantis para tentara berkisah tentang Yong Dong-jin, seorang sersan yang menjadi pawang anjing militer dengan keahlian khusus mampu melacak jejak musuh. Dong-jin bertugas untuk mengungkap sebuah kasus misterius di zona demiliterisasi (DMZ) yang langsung berbatasan dengan Korea Utara.

Tanpa disangka, di tempat tersebut ia bertemu dengan Son Ye-rim, letnan senior dan perwira elit dari Korps Sekolah Universitas Wanita, yang saat ini menjadi perwira di Pusat Komando KCST. Selain itu, Ye-rim ternyata merupakan mantan pacar Dong-jin yang sudah lama berpisah. Di tengah tugas profesional sebagai tentara, cinta mereka perlahan bersemi kembali dan menumbuhkan perasaan satu sama lain hingga saling jatuh cinta.

2. Crash Landing on You (2019).

drama Korea romantis tentara berbagai sumber

foto: imdb.com

Crash Landing on You merupakan drama Korea romantis para tentara yang mengisahkan Yoon Se-ri, seorang pebisnis perempuan di bidang fesyen terdampar di daerah Korea Utara tanpa sengaja. Hal itu terjadi saat paralayang yang ia gunakan terbang tanpa kendali setelah diterpa badai angin yang cukup besar. Se-ri kemudian ditemukan oleh Kapten Ri Jeong-hyeok, seorang kapten tentara Korea Utara yang diam-diam menolong Se-ri.

Di tengah usaha tersebut, hubungan Kapten Jeong-hyeok dan Se-ri semakin erat dan punya perasaan khusus satu sama lain. Namun, hubungan dua negara Korea yang tak akur, membuat hubungan ini pun dianggap sulit untuk diteruskan.

3. Oh My Captain (2018).

drama Korea romantis tentara berbagai sumber

foto: mydramalist.com

Oh My Captain merupakan drama Korea romantis para tentara yang mengisahkan saat perempuan Korea diwajibkan ikut wajib militer seperti halnya laki-laki. Drama ini mengisahkan Cha Song-jo yang menjadi seorang prajurit perempuan terbaik di angkatannya. Ia dikenal sebagai sosok yang temperamen dan mudah marah. Sikap tersebut membuat semua anak buah Cha Song-jo segan.

Suatu hari, Kim Soo-hyun, putra dari keluarga elite militer datang ke tempat camp yang disebut camp Divisi Aram. Semua prajurit perempuan di camp tersebut terpesona dengan kehadiran Soo-hyun. Namun, hal tersebut tidak terjadi pada Kapten Cha Song-jo. Sampai kemudian keduanya terlibat dalam sebuah interaksi yang intens dan membuat mereka saling jatuh cinta.

4. Descendants of The Sun (2016).

drama Korea romantis tentara berbagai sumber

foto: imdb.com

Descendants of The Sun merupakan drama Korea romantis para tentara yang mengisahkan Yoo Si-jin yang menjadi pimpinan pasukan elite fiksi dari Batalion Misi Khusus ke-707 di Korea Selatan. Ia dikenal sebagai orang yang tak peduli dengan politik perang negaranya. Ia hanya percaya dan melindungi semua orang yang membutuhkan bantuan, membela negaranya, dan membela kehormatan anak buahnya.

Si-jin kemudian bertemu dengan Dokter Kang Mo-yeon yang menjadi pasukan dokter militer dan menjalin hubungan yang intens dengannya. Di tengah ketegangan perang, hubungan mereka perlahan menjadi hubungan romantis dan membuat drama ini menjadi salah satu drama action-romantis yang cukup legendaris.