Brilio.net - Film Korea tentang sekolah menjadi salah satu setting lokasi yang cukup sering diambil sebagai latar cerita. Mulai dari kisah romantis yang berisi cinta para remaja, kisah horor, hingga kisah pilu yang terjadi dalam dunia pendidikan.

Film-film tersebut menjadi latar menarik sekaligus ironi dunia sekolah. Menarik karena cinta pertama kadang kala hadir pada saat masa tersebut yang membuat banyak orang mengenangnya sebagai zaman terbaik. Sementara itu ada juga yang menyebutnya sebagai zaman terburuk karena menampilkan kejahatan-kejahatan pihak sekolah yang seharusnya melindungi para siswa sekolah.

Tidak hanya itu, film Korea tentang sekolah juga banyak berkisah tentang kisah horor yang punya kaitan erat kasus-kasus perundungan yang sering kali terjadi di sekolah. Film-film tersebut berhasil membuat para penontonnya terharu dan bersimpati kepada semua karakter yang dirugikan.

Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber Rabu (19/1), berikut 11 film Korea tentang sekolah, kisah cinta dan pilu di dunia pendidikan.

1. Whispering Corridors 6: The Humming (2021).

Film Korea tentang sekolah cinta pilu berbagai sumber

foto: imdb.com

Whispering Corridors 6: The Humming berkisah tentang kehidupan Eun-hee saat bekerja di sebuah sekolah yang pernah menjadi sekolahnya dahulu. Di sekolah tersebut, ia menjadi wakil kepala sekolah. Walaupun pernah menjadi murid dan menjadi pejabat di sekolah tersebut, ia tak lagi bisa mengingat apa saja yang pernah dilakukannya semasa sekolah.

Di sekolah tersebut, ia bertemu dengan Ha-young yang menjadi korban perundungan, tetapi kemudian membuatnya menjadi tukang onar di sekolah. Suatu hari, Ha-young pergi ke kamar mandi tertutup dan mendengar bisikan hantu yang mirip dengan Eun-hee. Hal ini membuat Ha-young menuduh Eun-hee. Eun-hee tiba-tiba mengalami gangguan penglihatan dan halusinasi pendengaran. Hal itu kemudian melibatkan mereka berdua pada sebuah misteri sekolah yang selama ini belum pernah terungkap.

2. Please Don’t Save Me (2020).

Film Korea tentang sekolah cinta pilu berbagai sumber

foto: imdb.com

Please Don’t Save Me berkisah tentang kehidupan Seon-yu yang serba malang. Saat usia 12 tahun, ayahnya meninggal dunia dan meninggalkan banyak utang dari bisnis yang dikelolanya. Hal ini membuat Seon-yu dan ibunya pindah ke tempat baru dan memulai segala hal baru lainnya.

Seon-yu pun kembali bersekolah dan mendapatkan sekolah yang aman baginya. Sebelumnya, ia menjadi korban perundungan di sekolah yang membuatnya tidak percaya diri. Di sekolah baru ini, ia mulai berkembang pesat, pintar menggambar, dan mendapatkan teman baru yang baik. Di sekolah, ia bertemu dengan Jeong-uk yang sering iseng, tetapi baik kepadanya. Sampai suatu ketika, neneknya datang ke sekolah dan membuat keributan. Film ini menggambarkan bagaimana seorang ibu tunggal membesarkan anaknya dari kacamata anak itu sendiri dan bagaimana si anak kembali menemukan harapan hidupnya.

3. The Closed School (2019).

Film Korea tentang sekolah cinta pilu berbagai sumber

foto: mydramalist.com

The Closed School berkisah tentang Yoo-ra yang menderita karena mimpi buruk hampir setiap malam. Suatu hari, ia bertemu dengan teman-teman SMA-nya dan bertanya tentang teman sekelas SMA mereka yang bunuh diri.

Namun, saat Yoo-ra pergi ke kamar mandi, ia pingsan setelah melihat dirinya sendiri di cermin. Teman-teman Yoo-ra pun membawanya ke mobil In-seok untuk membawanya pulang. Saat perjalanan, mereka mengalami kecelakaan dan semua orang tak sadarkan diri. Ketika bangun, mereka semua berada di sebuah sekolah yang sangat akrab dengan mereka dan dalam keadaan tertutup. Sejak saat itu, berbagai hal misterius dan mengerikan menjadi awal dari petualangan menyeramkan mereka.

4. Innocent Witness (2019).

Film Korea tentang sekolah cinta pilu berbagai sumber

foto: imdb.com

Innocent Witness berkisah tentang Soon-ho, seorang pengacara yang sedang menangani kasus pembunuhan yang menimpa seorang pembantu rumah tangga, Mi-ran. Mi-ran dituduh telah melakukan pembunuhan terhadap majikannya. Padahal, Mi-ran mengaku bahwa dirinya menemukan majikannya tersebut di kamarnya sendiri.

Satu-satunya saksi dalam kasus ini adalah seorang siswa SMA berkebutuhan khusus (autis) bernama Ji-woo. Soon-ho berusaha untuk menyakinkan Ji-woo untuk bisa hadir dalam persidangan sebagai saksi. Soon-ho pun berteman dengan Ji-woo dan berhari-hari berkomunikasi dengannya untuk membuktikan kesaksiannya.

5. On Your Wedding Day (2018).

Film Korea tentang sekolah cinta pilu berbagai sumber

foto: imdb.com

On Your Wedding Day merupakan kisah cinta platonik yang hanya cukup melihat orang yang dicintai bahagia tanpa harus memiliki seutuhnya sebagai seorang kekasih. Hal itulah yang terjadi pada Hwang Woo-yeon yang menerima undangan pernikahan dari orang pertama yang dicintai dahulu.

Woo-yeon mengenang semua kehidupan yang pernah dilaluinya bersama Hwan Seung-hee yang sebentar lagi melangsungkan pernikahan. Mulai saat mereka sama-sama sekolah di tempat yang sama sampai mereka berdua dewasa. Mereka berdua percaya tentang cinta sejati pada pandangan pertama. Namun, takdir tak selalu sekata dengan mereka. Woo-yeon hadir ke pernikahan Seung-hee dan mengucapkan terima kasih karena telah menjadi bagian terindah dari kehidupannya. Hal ini kemudian membuat Woo-yeon punya arti lain tentang sebuah pernikahan.

6. Student A (2018).

Film Korea tentang sekolah cinta pilu berbagai sumber

foto: imdb.com

Student A berkisah tentang kehidupan Jang Mi-rae yang menjadi orang 'buangan' di sekolah. Selain itu, ia hidup di lingkungan keluarga yang buruk sehingga ia tak pernah betah di rumah. Kondisi tersebut membuat bermain game role playing online dan menulis cerita.

Hidupnya kemudian perlahan berubah saat ia bertemu dengan Baek-hab, salah satu siswa populer dan mereka pun berteman. Selain itu, ia bertemu dengan seorang pemuda yang dikenal melalui game online yang diikutinya dan menjadi teman baiknya saat sedih.

7. A Stray Goat (2016).

Film Korea tentang sekolah cinta pilu berbagai sumber

foto: imdb.com

A Stray Goat berkisah tentang Min-sik dan keluarganya yang pindah ke Goseong. Goseong adlaah kampung halaman ayahnya dan di desa tersebut, ia bertemu dengan Ye-joo. Ye-joo sering kali mengalami perundungan karena disebut sebagai putri dari seorang pembunuh.

Hal ini kemudian membuat Min-sik mencoba untuk melindunginya dan menjadi teman yang baik bagi Ye-joo.

8. The Silenced (2015).

Film Korea tentang sekolah cinta pilu berbagai sumber

foto: imdb.com

The Silenced bertempat di Gyeongseong pada tahun 1938 selama pendudukan Jepang dan berpusat pada cerita Ju-ran/ Shizuko, seorang gadis muda yang sakit-sakitan dan dipindahkan ke sanatorium/sekolah asrama putri untuk memulihkan kesehatannya.

Selama perawatan di sekolah tersebut, kondisi fisiknya mulai membaik dan ia punya teman baru bernama Yeon-deok. Mereka pun mengikuti program perawatan khusus kepala sekolah. Namun, mereka berdua menemukan hal aneh saat menyadari bahwa siswa di sekolah tersebut hilang satu per satu. Hal ini membuat Ju-ran menyelidiki kasus misterius tersebut yang kemungkinan melibatkan pihak sekolah.

9. Hot Young Bloods (2014).

Film Korea tentang sekolah cinta pilu berbagai sumber

foto: imdb.com

Berlatar awal tahun 1980-an di Heongseong, Korea Selatan. Hot Young Bloods menggambarkan persaingan, persahabatan, dan kisah cinta yang diam-diam yang dialami oleh siswa sekolah menengah Heongseong. Young-sook, pemimpin geng wanita yang ditakuti di Sekolah Tinggi Pertanian Hongseong. Meskipun dia dikenal karena ketangguhan dan mulutnya yang kotor, dia diam-diam naksir Joong-gil yang dikenal sebagai playboy kakap di sekolahnya.

Joong-gil adalah Casanova legendaris yang satu pandangannya memiliki kemampuan untuk membuat hati para gadis luluh, dan dia berusaha merayu semua gadis di sekolah, kecuali Young-sook. Hal ini dikarenakan Gwang-sik yang menjadi saingan Joong-gil menganggap Young-sook sebagai kekasihnya. Film komedi romantis remaja ini menampilkan kisah cinta ala siswa sekolah yang lucu dan juga bikin gemes.

10. Silenced (2011).

Film Korea tentang sekolah cinta pilu berbagai sumber

foto: imdb.com

Silenced diangkat dari kisah nyata yang pernah terjadi di Gwangju Inhwa School, sebuah sekolah berkebutuhan khusus di Korea Selatan. Film ini mengisahkan Kang In-ho, seorang guru seni di Benevolence Academy di kota fiksi Mujin, Provinsi Jeolla Utara yang baru saja masuk. Ia sangat bersemangat dengan pekerjaan barunya ini, tetapi anak-anak di sekolah tersebut malah menjauhinya. Namun, In-ho tidak begitu saja menyerah dan terus mengambil simpati murid-muridnya. Sampai kemudian para murid bersedia bercerita, In-ho kemudian tahu bahwa para muridnya telah mengalami pelecehan seksual yang dilakukan para guru dan staf administrasi.

Gambaran dalam film ini kemudian membuat publik marah dan membuat kasus yang benar-benar terjadi ini dibuka kembali dan dilakukan penyelidikan. Selain itu, pada Oktober 2011, Majelis Nasional Korea Selatan menghapus undang-undang pembatasan kejahatan seks terhadap anak di bawah umur dan orang berkebutuhan khusus.

11. Death Bell (2008).

Film Korea tentang sekolah cinta pilu berbagai sumber

foto: imdb.com

Death Bell berkisah tentang sekelompok siswa terpintar yang menjadi bagian dari kelas elite untuk mempersiapkan ujian perguruan tinggi. Suatu hari, mereka melihat hantu yang tiba-tiba muncul di ruangan yang biasa mereka gunakan.

Saat melihat hantu tersebut, mereka kemudian terkunci di dalam ruang kelas dan tak ada tempat untuk melarikan diri. Dalam sebuah monitor, ada sebuah suara yang mengumumkan jika mereka dapat menyelesaikan ujian dalam waktu yang ditentukan, mereka semua bisa keluar dengan selamat. Namun sebaliknya, jika mereka gagal, mereka akan mati dan semua orang tak bisa keluar dari kelas tersebut.

(brl/far)

(brl/far)