film Korea kehidupan penjara berbagai sumber foto: imdb.com

Miracle in Cell No. 7 merupakan film Korea yang mengisahkan kehidupan penjara saat Yong Goo (Ryu Seung-ryong), seorang penyandang disabilitas mental tiba-tiba harus dipenjara karena dianggap pelaku pembunuhan. Dia tidak bisa berkata jelas dan lambat memahami sesuatu serta tinggal bersama putrinya Ye Seung (Park Shin-hye) yang masih kecil.

Film ini mengundang haru saat teman-teman satu sel Yong Goo membantu menyelundupkan putrinya agar mereka bisa bertemu. Beberapa tahun kemudian, Ye Seung tumbuh dewasa dan ingin membuktikan bahwa ayahnya tidak bersalah. Dia ingin membuktikan di depan pengadilan bahwa peristiwa yang melibatkan ayahnya pada masa lampau adalah sebuah fitnah yang ditujukan kepadanya.

8. Way Back Home (2013).

film Korea kehidupan penjara berbagai sumber foto: imdb.com

Way Back Home merupakan film Korea yang mengisahkan kehidupan penjara karena sebuah kasus penyelundupan. Song Jeong-yeon dan Kim Jong-bae yang sedang menjalankan bisnis bengkel mobil bersama harus bekerja keras untuk memenuhi kebutuhan sehari-harinya agar semua kebutuhan putrinya tercukupi.

Namun, hidup mereka kemudian berubah ketika teman Jong-bae meninggal dunia karena bunuh diri. Sementara itu, beberapa waktu sebelum peristiwa tersebut, Jong-bae menandatangani pinjaman berbunga tinggi kepada rentenir. Hal ini secara langsung membuat Jong-bae menanggung utang tersebut yang membuat mereka menjual bengkel mobil dan apartemen mereka.

Ketika kondisi keuangan mereka semakin menyusut, Jong-bae mendapatkan informasi dari seseorang untuk mempekerjakan seseorang untuk menyelundupkan batu permata ke Paris, Prancis. Namun, pekerjaan tersebut hanya untuk seorang wanita dan Jeong-yeon bersedia melakukan pekerjaan tersebut tanpa persetujuan Jong-bae, suaminya. Namun, nahas, dia kemudian ditangkap saat tiba di bandara Paris dan perjuangan panjang keluarga ini baru saja dimulai.

9. New World (2013).

film Korea kehidupan penjara berbagai sumber foto: imdb.com

New World merupakan film Korea yang mengisahkan kehidupan penjara saat Lee Ja-Sung (Lee Jung-jae), seorang perwira polisi yang menyamar sebagai pegawai yang bekerja di Goldmoon International, sindikat kejahatan korporasi terbesar di Korea Selatan. Penyamaran tersebut dia lakukan selama 8 tahun dengan segala macam risiko yang sudah dialaminya.

Chief Kang (Choi Min-sik), atasannya di kepolisian berjanji akan memindahkannya segera dari tempat tersebut. Namun, Kang menunda rencana tersebut dan Ja-sung marah. Ja-sung pun mengancam untuk keluar dari kepolisian.

Namun, ancaman tersebut berbalik ancaman lain dari Kang yang mau membocorkan identitas Ja-sung sebenarnya kepada para sindikat yang dapat membuatnya mati di tempat tersebut. Sebuah peristiwa membawa Ja-sung akhirnya menjadi penjahat penuh karena persahabatan eratnya dengan Jung Chung. Dia pun sudah muak dengan Chief Kang yang telah berencana menghancurkan reputasinya sebagai seorang polisi.

10. Harmony (2010).

film Korea kehidupan penjara berbagai sumber foto: imdb.com

Harmony merupakan film Korea yang mengisahkan kehidupan penjara saat Kim Moon-ok, seorang profesor musik di sebuah universitas divonis hukuman mati setelah membunuh suami beserta selingkuhannya. Saat di penjara, dia bertemu dengan Hong Jeong-hye yang divonis 10 tahun penjara setelah membunuh suaminya yang sudah melakukan kekerasan fisik kepadanya.

Saat di penjara, Jeong-hye sudah hamil dan bayi yang dikandungnya lahir di penjara. Namun, Jeong-hye tidak bisa mengasuh bayinya di penjara dan harus menyerahkan ke lembaga adopsi untuk diasuh orang lain. Sebelum hal itu terjadi, Jeong-hye membentuk paduan suara dan Moon-ok menjadi pimpinan kelompok paduan suara ini. Para napi dan petugas lapas pun terharu dengan penampilan dan persembahan terakhir untuk anak Jeong-hye.

11. Oldboy (2003).

film Korea kehidupan penjara berbagai sumber foto: imdb.com

Oldboy merupakan film Korea yang mengisahkan kehidupan penjara dan menjadi film kedua dari Trilogi Vengeance Chan Wook-park. Film ini mengisahkan Oh Dae-su, seorang pria yang diculik dan kemudian dipenjara selama 15 tahun tanpa alasan yang jelas di sebuah sel mirip kamar hotel.

Saat Dae-su bebas, dia pun mencari siapa yang telah melakukan hal tersebut kepadanya. Film ini tampil dengan urutan aksi yang sangat baik, menampilkan ketegangan demi ketegangan saat pertarungan berlangsung.