7. Oh My Ghost (2015).

drama Korea cerita legenda  berbagai sumber

foto: imdb.com

Oh My Ghost merupakan drama Korea yang berasal dari cerita legenda berlatar dunia modern di sebuah restoran. Drama ini mengisahkan Na Bong-sun, seorang asisten koki di Sun Restaurant yang dikenal sebagai seorang yang sangat pemalu dan bahkan tidak memiliki teman dekat.

Bahkan, ia selalu ditegur saat pekerjaannya dianggap berantakan. Suatu hari, Bong-sun dirasuki oleh hantu perawan bernama Shin Soon-ae yang berasal dari legenda hantu Korea. Soon-ae percaya bahwa dendam kesumat akan hilang jika ia berhasil tak lagi menjadi gadis. Soon-ae pun menggunakan tubuh Bong-sun untuk melancarkan aksinya tersebut.

8. The Idle Mermaid (2014).

drama Korea cerita legenda  berbagai sumber

foto: imdb.com

The Idle Mermaid merupakan drama Korea yang berasal dari cerita legenda tentang Kim Ha-ni (Jo Bo-ah), seorang putri duyung kedelapan belas dari kerajaan putri duyung di laut. Saat menjelajahi laut, ia menemukan sebuah gawai yang jatuh ke laut. Ia kemudian menggunakan gawai tersebut untuk bermain internet dan belajar tentang manusia.

Kim Ha-ni tertarik dengan celebrity chef, Kwon Shi-kyung (Song Jae-rim) yang diselamatkannya saat Shi-kyung hampir tenggelam. Ha-ni pun mengambil resiko untuk melepas kehidupan lautnya untuk menjadi manusia dan membuat Shi-kyung jatuh cinta padanya dalam 100 hari. Perjalanan pertamanya sebagai seorang manusia biasa tidak berjalan mulus dan banyak halangan.

Kim Ha-ni harus menghadapi teman-teman Shi-kyung yang ternyata menyebalkan. Salah satu teman Shi-kyung adalah Park Dae-bak (Nam Joo-hyuk), seorang penghuni rumah surplus dan juga dikenal sebagai seorang genius.

9. Gu Family Book (2013).

drama Korea cerita legenda  berbagai sumber

foto: imdb.com

Gu Family Book merupakan drama Korea yang berasal dari cerita legenda tentang Choi Kang-chi, makhluk setengah manusia dan setengah mitos yang diadopsi oleh penguasa Hundred Years Inn. Dia adalah putra Gu Wol-ryung, roh penjaga Gunung Jiri, dan manusia Yoon Seo-hwa. Sementara itu, Dam Yeo-wol adalah ahli seni bela diri dan putri pemimpin organisasi rahasia yang melindungi wilayah tersebut. Dia dikirim ke Hundred Years Inn untuk mengamati dan melindungi tuannya.

Mereka bertemu di Hundred Years Inn, penginapan paling populer di wilayah tersebut, dan saling jatuh cinta meskipun Choi Kang-chi setengah manusia. Ketika terjadi kekacauan, Choi Kang-chi mengatur dirinya kembali untuk bisa tetap hidup. Di sisi lain, Dam Yeo-wol memastikan bahwa sisi lain dari Kang-chi yang berupa makhluk setengah mitos dipastikan tidak mendapatkan hal terbaik dari dalam tubuh yang menampungnya selama ini.

10. Arang and The Magistrate (2012).

drama Korea cerita legenda  berbagai sumber

foto: imdb.com

Arang and the Magistrate merupakan drama Korea yang berasal dari cerita legenda dan diangkat dari cerita rakyat tentang Arang. Dalam drama ini, Shin Min-a berperan sebagai Arang yang meninggal secara misterius dan kembali sebagai hantu untuk mengungkapkan apa yang terjadi saat ia meninggal dunia.

Saat menjadi hantu, Arang berusaha mengungkapkan siapa pembunuh sebenarnya yang mesti bertanggung jawab atas kematiannya. Arang and the Magistrate juga menampilkan bagaimana mitologi klasik yang bercampur dengan cerita rakyat. Walaupun disebut sebagai drama horor, nuansa kolosal drama ini lebih terasa.

11. My Girlfriend Is a Gu Mi-ho (2010).

drama Korea cerita legenda  berbagai sumber

foto: imdb.com

My Girlfriend Is a Gumi-ho merupakan drama Korea yang berasal dari cerita legenda gumiho. Drama ini menceritakan Shin Min-a saat menjadi gumiho, seekor rubah legendaris dengan sembilan ekor yang disegel di dalam lukisan oleh Nenek Samshin. Rubah tersebut menyelamatkan Cha Dae-woong (Lee Seung-Gi) setelah terjatuh, hampir tidak tertolong, dan pingsan.

Setelah bangun dari pingsannya, Dae-woong melihat seorang gadis misterius dan sangat cantik. Dae-woong terpesona sekaligus ketakutan saat pertama kali melihatnya. Ketakutan tersebut dimanfaatkan oleh gumiho agar Dae-woong tetap berada di sisinya sampai kemudian hal berbahaya menimpa mereka.