1. My Roommate Is a Gumiho (2021).

drama Korea cerita legenda  berbagai sumber

foto: imdb.com

My Roommate is Gumiho merupakan drama Korea yang berasal dari cerita legenda dan diadaptasi dari cerita webtoon dengan judul yang sama. Drama ini mencoba kembali menghadirkan legenda tersebut dalam versi modern yang menceritakan kisah romantis Shin Woo-Yeo, rubah berekor sembilan yang sudah hidup selama 999 tahun dan ingin menjadi manusia.

Shin Woo-Yeo kemudian bertemu dengan Lee Dam, seorang mahasiswa yang tidak sengaja menelan manik-manik Woo-Yeo dalam sebuah kecelakaan. Hal itu kemudian menjadi masalah dan mereka pun harus tinggal dalam satu rumah untuk memecahkan masalah tersebut. Sejak mereka tinggal bersama, kisah cinta antara dua makhluk ini pun dimulai.

2. Tale of the Nine Tailed (2020).

drama Korea cerita legenda  berbagai sumber

foto: imdb.com

Tale of the Nine Tailed merupakan drama Korea yang berasal dari cerita legenda tentang seekor rubah berekor sembilan "gumiho" yang telah menetap di kota. Sementara itu, seorang produser televisi perempuan sedang mengejarnya. Gumiho tersebut pernah menjadi penjaga dan dewa Pegunungan Baekdu. Lee Yeon (Lee Dong-wook) adalah seekor rubah sembilan yang legendaris.

3. Hotel del Luna (2019).

drama Korea cerita legenda  berbagai sumber

foto: imdb.com

Hotel Del Luna merupakan drama Korea yang berasal dari cerita legenda Jang Man-wol (IU) dan Goo Chan-sung (Yeo Jin-goo). Drama ini mengisahkan sebuah hotel yang melayani orang mati akibat sebuah kutukan. Jang Man-Wol adalah CEO hotel yang telah ditakdirkan untuk menjalankan pendirian karena dosa yang dilakukannya.

Meskipun Man-wol tidak lagi ingat mengapa dirinya dihukum, satu-satunya cara untuk keluar dari situasi ini adalah menemukan seseorang yang telah melakukan kesalahan yang lebih besar daripada kesalahannya. Selain itu, Goo Chan-sung (Yeo Jin-goo) juga ditakdirkan untuk bekerja di tempat aneh ini setelah Man-Wol berurusan dengan ayahnya. Drama ini penuh dengan elemen mistik dan alur cerita yang menarik. Man-wol dan Chan-sung harus berpisah setelah Man-wol bisa pergi ke akhirat dan meninggalkan dunia yang ditempati Chan-sung.

4. A Korean Odyssey (2017).

drama Korea cerita legenda  berbagai sumber

foto: imdb.com

A Korean Odyssey merupakan drama Korea yang berasal dari cerita legenda saat Song Ogong (Lee Seung-gi) melarikan diri dari gunung marmer, tempat ia terjebak hukuman dari surga. Sementara itu, Jin Seon-mi (Oh Yeon-so) mendapat takdir dari Sam-Jang (seseorang yang diinginkan oleh arwah). Satu-satunya hal yang membuat Seon-mi aman dan menghentikan Ogong yang mau memakannya adalah membuat kontrak dengan makhluk tersebut. Seon-mi kemudian membuat Ogong memakai gelang ajaib yang disebut Geumganggo yang kemudian membuatnya semakin jatuh cinta pada Seon-mi.

Walaupun awalnya hubungan mereka adalah hubungan yang berbahaya, akhirnya Seon-mi pun jatuh cinta kepada Ogong dan menjalin hubungan romantis. Namun, bahaya kemudian mengancam jika gelang yang dipakai Ogong lepas atau bahkan hilang.

5. Legend of the Blue Sea (2016).

drama Korea cerita legenda  berbagai sumber

foto: imdb.com

Legend of the Blue Sea merupakan drama Korea yang berasal dari cerita legenda tentang cinta Shim Cheong (Jun Ji-hyun), putri duyung, dan Heo Joon-jae (Lee Min-ho), yang dikenal sebagai penipu yang cerdas. Drama ini mengisahkan kelahiran kembali kedua karakter tersebut sebagai kisah paralel inkarnasi era Joseon mereka sebagai Se-hwa seorang putri duyung dan Kim Dam-ryeong yang menjabat sebagai kepala kota. Dengan alur maju mundur, drama romantis ini berhasil membius para penontonnya dengan berbagai kisah romantis di dua alam yang berbeda.

6. Guardian: The Lonely and Great God (2016).

drama Korea cerita legenda  berbagai sumber

foto: imdb.com

Guardian: The Lonely and Great God atau Goblin merupakan drama Korea yang berasal dari cerita legenda tentang Goblin yang dikenal sebagai seorang jenderal. Ia dieksekusi sebagai hukuman karena telah membunuh seorang tentara dan dikutuk dengan kehidupan abadi. Satu-satunya yang dapat mematahkan kutukan tersebut adalah seorang wanita muda yang muncul 900 tahun kemudian yang ditakdirkan untuk menjadi "pengantin" goblin.