drama Korea tersedih sepanjang masa berbagai sumber foto: imdb.com

Move to Heaven merupakan drama Korea tersedih sepanjang masa yang menceritakan Han Geu-ru (Tang Joon-sang) dan ayahnya, Han Jeong U yang berprofesi sebagai pembersih TKP orang-orang yang telah meninggal dunia. Mereka berdua membersihkan barang-barang peninggalan mendiang di rumah atau ruangannya. Tidak disangka, di episode 1 ayah Geu-ru kemudian meninggal karena sakit yang dideritanya dan harus tinggal bersama pamannya.

Bersama dengan pamannya dan Yoon Na-mu (Hong Seung-hee), Geu-ru melanjutkan tugas untuk membersihkan barang-barang orang yang telah meninggal dan menyampaikan pesan mereka kepada orang yang kerabat yang ditinggalkan. Drama ini mengisahkan ucapan terakhir orang-orang yang meninggal dunia sebagai bentuk perpisahan terakhir kepada para kerabat dan orang yang dicintainya.

2. Youth of May (2021).

drama Korea tersedih sepanjang masa berbagai sumber foto: imdb.com

Youth of May merupakan drama Korea tersedih sepanjang masa yang mengisahkan pertemuan nahas antara mahasiswa kedokteran Hwang Hee Tae (Lee Do Hyun) dan perawat Kim Myung Hee (Go Min Si). Mereka saling jatuh cinta di tengah peristiwa badai Mei 1980, peristiwa bersejarah yang signifikan di Korea Selatan. Youth of May dijamin bikin siapa pun yang menontonnya nangis hingga drama ini berakhir.

3. Snowdrop (2021-22).

drama Korea tersedih sepanjang masa berbagai sumber foto: imdb.com

Snowdrop merupakan drama Korea tersedih sepanjang masa yang berkisah sepasang kekasih antara Eun Yeong-ro (Jisoo) dan Lim Soo-ho (Jung Hae-in). Mereka bertemu saat situasi Korea memanas dan cinta mereka terhalang kebijakan negara masing-masing. Yeong-ro adalah seorang mahasiswa baru di Universitas Wanita Hosu di Jurusan Sastra Inggris, yang jatuh cinta pada Soo-ho pada pandangan pertama.

Sementara itu, Soo-ho agen Korea Utara dengan misi yang ditugaskan di Korea Selatan. Dia hidup sebagai mahasiswa pascasarjana yang mempersiapkan tesis master di Departemen Ekonomi dari Universitas Berlin.

Mengambil latar peristiwa Gerakan Demokrasi 1987, drama ini menjadi salah satu rekaman sejarah demonstrasi massa terbesar di Korea Selatan. Demonstrasi ini menuntut pemerintah otoriter saat itu Chun Doo-hwan, jenderal Angkatan Darat Republik Korea untuk segera turun dari kursi kepresidenan dan menggelar pemilihan umum yang adil.

4. Hi, Bye Mama! (2020).

drama Korea tersedih sepanjang masa berbagai sumber foto: imdb.com

Hi Bye, Mama! merupakan drama Korea tersedih sepanjang masa yang mengisahkan arwah arwah penasaran Cha Yu-ri (Kim Tae-hee) yang terlibat dalam sebuah kecelakaan tragis saat sedang mengandung anaknya. Dia pun meninggal dunia, sementara anaknya selamat.

Meski sudah meninggal, kehidupan Yu-ri tidak berhenti begitu saja. Dia hidup dalam dimensi lain dan tetap setia mendampingi suaminya dan menjaga anaknya, Cho Seo-woo (Seo Woo-jin), meski mereka tidak dapat merasakan kehadiran Yu-ri sebagai seorang manusia.

5. The Smile Has Left Your Eyes (2018).

drama Korea tersedih sepanjang masa berbagai sumber foto: imdb.com

The Smile Has Left Your Eyes merupakan drama Korea tersedih sepanjang masa yang diremake dari serial televisi Jepang 2002 Sora Kara Furu Ichioku no Hoshi. Drama ini menceritakan kisah cinta Kim Moo-young dan Yoo Jin-kang yang semakin menegaskan sebuah pepatah: benci jadi cinta. Awal mereka bertemu seperti dua orang yang saling bermusuhan sengit.

Saat mereka sering bersama, mereka pun saling jatuh cinta. Walaupun tampil dengan kisah di awal cerita, drama ini memberikan plot twist yang sama sekali tak terduga saat Yoo Jin-gook, saudara laki-laki Jin-kang mulai menyelidiki hubungan cinta tersebut dan berhasil menemukan hal tak terduga.

6. My Mister (2018).

drama Korea tersedih sepanjang masa berbagai sumber foto: imdb.com

My Mister merupakan drama Korea tersedih sepanjang masa yang mengisahkan Lee Ji-an, seorang perempuan muda miskin yang terbebani utang dan harus berjuang untuk tetap bertahan agar bisa terus merawat neneknya yang sakit. Di sela waktu tersebut, dia bekerja paruh waktu. Dia kemudian bertemu dengan Park Dong-hoon, salah satu atasannya yang juga sama-sama punya nasib menyedihkan.

Park Dong-hoon dikenal sebagai orang yang terlalu baik sehingga bisa sering dibohongi karyawannya sendiri. Mereka kemudian menjalani hubungan platonis yang memungkinkan bersahabat secara mesra dan saling mendukung satu sama lain.