drama Korea romantis polisi berbagai sumber foto: imdb.com

Rookie Cops merupakan drama Korea romantis polisi yang mengisahkan saat mahasiswa baru masuk di Universitas Polisi Nasional Korea (KNPU). Kampus tersebut dikenal sebagai kampus polisi elite yang cukup populer di Korea Selatan - disebut sebagai salah satu kampus paling konservatif dan eksklusif di Korea.

Drama ini mengisahkan Wi Seung-hyeon (Kang Daniel) seorang pemuda penuh bersemangat yang tidak tahan melihat ketidakadilan. Dia ingin mengikuti jejak ayahnya yang merupakan kepala Badan Kepolisian Gyeonggi Dongbu. Wi Seung-hyeon pun berhasil mendapatkan posisi pertama saat ujian masuk perguruan tinggi. Semuanya berjalan sesuai rencana, sampai dia akhirnya bertemu dengan Go Eun-gang (Chae Soo-bin) yang menjadi salah satu primadona di kampus tersebut.

2. Bad and Crazy (2021).

drama Korea romantis polisi berbagai sumber foto: imdb.com

Bad and Crazy merupakan drama Korea romantis polisi yang dilakukan bromance, relasi romantis sesama pria tanpa ikatan seksual. Drama ini berkisah tentang saat Ryu Soo-yeol bertemu dengan seorang aneh yang menamakan diri sebagai K, sosok yang punya obsesi gila untuk memperjuangkan keadilan. Bahkan, saking gilanya, K rela melakukan apa saja, termasuk berduel dengan seorang kriminal untuk menegakkan keadilan.

Sejak pertemuan dengan K, kehidupan Ryu Soo-yeol berubah drastis. Soo-yeol yang awalnya menjadi polisi malas dan korup, lalu berubah menjadi seorang polisi yang punya visi untuk memberantas semua tindak kejahatan.

3. Police University (2021).

drama Korea romantis polisi berbagai sumber foto: imdb.com

Police University merupakan drama Korea romantis polisi yang mengisahkan Kang Sun-ho (Jung Jin-young), seorang mahasiswa baru mantan peretas cerdas bekerja sama dengan Yoo Dong-man (Cha Tae-hyun), seorang profesor sekaligus detektif berpengalaman.

Cerita dua orang tersebut hadir dalam drama Korea Police University. Mereka bekerja sama untuk melakukan sebuah penyelidikan kasus pembunuhan, tetapi semua rencana yang dijalankan berlangsung kacau.

Drama Korea Police University mengisahkan bagaimana seseorang masuk dalam akademi kepolisian dan untuk pertama kalinya menangani sebuah kasus. Selain itu, Oh Kang-hee menjadi salah satu detektif perempuan yang disegani di kampus tersebut dan menjadi salah satu yang disukai Sun-ho dan Dong-man.

4. Beyond Evil (2021).

drama Korea romantis polisi berbagai sumber foto: imdb.com

Beyond Evil merupakan drama Korea romantis polisi yang berkisah saat bromance Lee Dong-sik (Shin Ha-kyun) dan Detektif Han Joo-won (Yeo Jin-goo) harus bekerja sama. Mereka dikenal sebagai anggota kepolisian yang tak pernah takut kepada siapa pun. Walaupun begitu, mereka akan menghadapi kasus yang begitu pelik.

Pada suatu waktu, mereka terlibat dalam sebuah kasus pembunuhan berantai di sebuah kota kecil. Kasus tersebut sudah terjadi 20 tahun yang lalu dan mengubah kehidupan Lee Dong-sik.

Saat mereka mencoba untuk mengungkapkan siapa pelaku pembunuhan tersebut, mereka harus melihat banyak sisi tersembunyi dari orang-orang yang terlibat. Misteri demi misteri membawa mereka pada sebuah kesimpulan yang tak pernah mereka duga.

5. The Good Detective (2020).

drama Korea romantis polisi berbagai sumber foto: imdb.com

The Good Detective merupakan drama Korea romantis polisi yang mengisahkan kisah cinta dan kriminal. Drama ini menceritakan kehidupan polisi dan kasus pembunuhan yang terjadi pada November 2015. Seorang mahasiswi dibunuh dan mayatnya dibuang ke sungai. Polisi kemudian menangkap seorang petugas ekspedisi bernama Lee Dae-chul (Jo Jae-yoon) dan menjatuhkannya dengan hukuman mati atas pembunuhan tersebut.

Namun, lima tahun berselang dari kasus tersebut, kasus serupa terjadi dengan pola yang sama. Oh Ji-hyuk (Jang Seung-jo), seorang polisi muda bersama Kang Do-chang (Son Hyun-joo) bekerja sama untuk mengungkapkan teka-teki pembunuhan berantai yang dilakukan orang yang sama.

6. The Lies Within (2019).

drama Korea romantis polisi berbagai sumber foto: imdb.com

The Lies Within merupakan drama Korea romantis polisi yang mengisahkan seorang detektif dan wanita yang bergabung dengan Majelis Nasional. Jo Tae-sik, seorang detektif, pernah menjadi seorang polisi yang bersemangat, kini hidup sebagai sebagai bagian dari lembaga tersebut dan ditempatkan di desa.

Suatu hari, dia bertemu dengan Kim Seo-hee, putri bungsu dari seorang anggota dewan yang tampak pintar. Dia ingin bertemu dengan Tae-sik untuk mengungkap atas kasus suaminya yang hilang. Hubungan tersebut menjadi sebuah relasi yang sungguh berbeda dan cukup mendebarkan hingga terlibat dalam perseteruan tingkat tinggi.