1. Cleaning Up (2022).

drama Korea kehidupan pekerja berbagai sumber

foto: imdb.com

Cleaning Up merupakan drama Korea yang mengisahkan kehidupan pekerja. Drama ini mengisahkan Ahn In-kyung (Jeon So-min), Eo Yong-mi (Yum Jung-ah) dan Maeng Soo-ja (Kim Jae-hwa) yang menjadi petugas kebersihan di sebuah perusahaan keuangan. Mereka masuk ke perusahaan tersebut karena menggunakan orang dalam.

Selain bekerja untuk memberi makan keluarga dan memenuhi impian mereka, secara tidak sengaja mendengar sepotong informasi keuangan yang menjadi rahasia besar perusahaan. Sejak saat itu, mereka membuat rencana besar yang akan mengubah nasib mereka.

2. Business Proposal (2022).

drama Korea kehidupan pekerja berbagai sumber

foto: imdb.com

A Business Proposal merupakan drama Korea yang mengisahkan kehidupan pekerja yang diadaptasi dari Webtoon dengan judul yang sama karya HaeHwa. Drama ini berlatar sebuah perkantoran dan tampil dengan mengusung tema office comedy.

Drama ini berkisah tentang kencan buta palsu yang berujung pada hubungan romantis yang menggemaskan di antara Kang Tae-mu, seorang CEO kaya raya sebuah perusahaan yang dikenal dingin. Ia kemudian dipertemukan dengan Shin Ha-ri, seorang wanita lajang dan bekerja untuk sebuah perusahaan yang dipimpin oleh Tae-mu. Mereka kemudian menjalani kencan unik yang tak biasa dilakukan oleh sepasang kekasih.

3. Romance Is a Bonus Book (2019).

drama Korea kehidupan pekerja berbagai sumber

foto: imdb.com

Romance Is a Bonus Book merupakan drama Korea yang mengisahkan kehidupan pekerja Cha Eun-ho (Lee Jong-suk), seorang penulis sukses yang juga merupakan pemimpin redaksi termuda di perusahaan penerbitan. Ia baru saja berusia 32 tahun mendapatkan posisi tersebut. Selain itu, ia punya teman lama Kang Dan-i yang sudah berusia 37 tahun dan memiliki perasaan romantis untuknya.

Dan-i adalah seorang mantan copywriter periklanan dan seorang janda cerai yang menganggur yang kemudian bergabung dengan perusahaan penerbitan sebagai anggota tim pendukung tugas sementara. Drama ini mengisahkan sebuah kisah cinta di sebuah penerbitan. Kisah tersebut melibatkan seorang kepala editor termuda dan seorang perempuan yang bingung mencari pekerjaan.

4. Radio Romance (2018).

drama Korea kehidupan pekerja berbagai sumber

foto: imdb.com

Radio Romance merupakan drama Korea yang mengisahkan kehidupan pekerja di sebuah media radio. Drama ini menceritakan Song Geu-rim, seorang penulis program radio yang sebenarnya tidak terlalu berbakat menulis. Program radio yang diampunya tiba-tiba segera ditinggalkan dan perusahaan akan menghapusnya, sehingga membuat Geu-rim tak lagi bekerja di tempat tersebut.

Kemudian datang Lee Kang, direktur produksi stasiun radio yang kompeten menawarkan Geu-rim sebuah pekerjaan yang akan menentukan kariernya ke depan. Geu-rim diminta untuk mendatangkan Ji Soo-ho, aktor bintang top yang dikenal memiliki kehidupan yang dianggap sempurna sebagai pengisi program utama di radio. Ternyata proyek tersebut tidak berjalan sesuai rencana. Walaupun begitu, Geu-rim dan Soo-ho kemudian menjadi akrab dan mereka saling menyimpan perasaan.

5. Good Manager (2017).

drama Korea kehidupan pekerja berbagai sumber

foto: imdb.com

Good Manager merupakan drama Korea yang mengisahkan kehidupan pekerja Kim Sung-ryong, seorang Akuntan Publik Bersertifikat yang biasa mengelola keuangan sebuah kelompok. Ia kemudian bekerja sebagai kepala departemen akuntansi perusahaan TQ.

Namun, ternyata, perusahaan barunya tersebut punya segudang masalah, terutama soal penggelapan uang yang menyebabkan gaji karyawan sebagai hak dasar terbengkalai. Ia kemudian membuat transformasi baru untuk perusahaan tersebut dan melawan semua bentuk korupsi dan hal-hal yang tidak rasional di perusahaan.

6. Strongest Deliveryman (2017).

drama Korea kehidupan pekerja berbagai sumber

foto: imdb.com

Strongest Deliveryman merupakan drama Korea yang mengisahkan kehidupan pekerja seorang pengantar makanan jajangmyeon (sejenis mi hitam asal Korea) yang mencoba bertahan untuk hidup sebagai pekerja paruh waktu.

Tak hanya itu saja, serial ini juga akan berfokus pada kisah cinta dan kesuksesan seorang pengantar makanan restoran Cina. Drama ini berpusat pada kehidupan Choi Kang-soo, seorang pengantar makanan yang akhirnya menjadi CEO perusahaan aplikasi pengiriman.