Brilio.net - Terkadang, masih banyak pria yang merasa malu mengunjungi klinik kesehatan untuk menguji kesuburan sperma. Namun, berkat hasil penemuan terbaru dengan sistem berbasis smartphone, memungkinkan para pria untuk melakukan tes air mani dari rumah. Jadi nggak perlu malu lagi deh untuk mengetahui masalah kesuburan yang potensial ini.

Dikutip brilio.net dari Times of India, Jumat (20/7), Yoshitomo Kobori dari ahli kesehatan Rumah Sakit Dokkyo Medical University Koshigaya di Jepang menggunakan lensa murah untuk menciptakan mikroskop smartphone. Dengan lensa ini, sampel air mani bisa diambil dari rumah untuk selanjutnya dianalisis dengan bantuan aplikasi yang masih dalam proses pengembangan tersebut.

Cek kesuburan sperma kini bisa lewat smartphone, ini caranya! © 2016 brilio.net

Lantas bagaimana cara penggunaan alat ini? Nah, lensa tersebut dijepitkan pada kamera smartphone yang kamu miliki. New Scientist melaporkan lensa canggih ini bisa memperbesar gambar sampai 555 kali sehingga sangat tepat untuk melihat sel sperma.

"Saya pikir mikroskop smartphone bisa menjadi cara mudah untuk melihat masalah kesuburan pria," kata Kobori.

Loading...

Untuk melakukan tes di rumah, seorang pria harus menunggu selama sekitar lima menit setelah ejakulasi untuk mencairkan semen. Kemudian meletakkan sperma pada sejumlah lembaran plastik dan amati di bawah mikroskop smartphone untuk memulai pemeriksaan.

Alat ini diketahui juga dapat mengambil video pendek dari sperma dan dapat ditransfer ke komputer untuk analisa lebih. Hal itu untuk mengetahui apakah sperma tersebut memenuhi indikator subur dan tidaknya.

Saat ini, mikroskop smartphone sudah tersedia secara komersial di Jepang. Kobori berharap hasil penemuannya bisa segera dijual ke negara-negara lain. Wah, kalau masuk pasar Indonesia, kamu tertarik mencoba nggak nih guys?