Brilio.net - Ini adalah kabar buruk buat kamu yang suka mengabaikan kesehatan gigi dan gusi serta kebersihan mulut. Mulai sekarang, kamu harus mulai mengubah kebiasaan burukmu itu demi menghindari sakit gigi. Karena sakit gigi ternyata bisa menyebabkan stroke dan sakit jantung.

Lho, kok bisa ya?

Menurut sebuah penelitian yang tercantum pada jurnal internasional kedokteran gigi pada 2012 lalu, disebutkan bahwa ada hubungan antara periodontitis atau peradangan jaringan pendukung gigi dengan mediator radang yang ada pada penyakit jantung. Hal tersebut sesuai hasil penelitian pada penderita periodontitis.

Penelitian itu juga dikuatkan oleh penelitian lain yang disampaikan pada Forum Ilmiah Periodontist Eropa tahun 2012 yang menemukan adanya fakta bahwa bakteri Porphyromonas gingivalis yang terdapat pada pasien penderita periodontitis dapat merangsang produksi sitokin.

"Sitokin ini ternyata selain berperan dalam terjadinya penyakit periodontitis juga bisa menimbulkan penyumbatan pembuluh darah yang jelas akan berpengaruh ke jantung," jelas salah seorang narasumber, seperti dikutip brilio.net dari nationalgeographic, Rabu (31/8).

Selain itu, ditemukan pula kasus bahwa pasien gigi berlubang, penyakit gusi, periodontitis dan sisa akar gigi yang belum dicabut dapat meningkatkan risiko sakit jantung.

Contoh nyatanya adalah ketika klub Italia AC Milan tidak jadi mengontrak Aly Cissokho karena masalah yang ada pada giginya. Masalah pada gigi disinyalir akan membawa masalah ke jantung pemain yang bersangkutan, karena olahraga sepak bola membutuhkan kondisi jantung yang sehat.

Periodontitis sendiri biasanya didahului dengan Gingivitis atau peradangan gusi yang ditandai pendarahan pada gusi, perubahan warna pada gusi, perubahan tekstur permukaan dan kontur gusi, penurunan gusi, serta adanya rasa nyeri.

Gigi Jantung © 2016 brilio.net

Bila tidak segera ditangani, maka akan terjadi periodontitis yang akan mempengaruhi tulang alveolar (tulang di sekitar akar gigi yang menahan gigi pada tempatnya), ligamen periodontal (jaringan ikat yang melekatkan gigi ke tulang alveolar), dan sementum (lapisan keras terakhir yang melapisi akar gigi).

Jika dibiarkan berlanjut, bakteri gram negatif akan mengeluarkan racunnya menyebabkan penyumbatan pada pembuluh darah yang berpengaruh ke jantung.

Untuk pencegahannya, kamu wajib rajin-rajin deh bersihin karang gigi. Selain itu kalau gigimu berlubang maka harus segera ditambal. Satu lagi, bila kiranya ada akar gigi yang belum dicabut, segeralah dicabut.