Brilio.net - Virus cacar monyet atau Monkeypox kini sedang ramai diperbincangkan publik. Tak sedikit orang yang merasa khawatir dengan penyakit yang satu ini. Cacar monyet sendiri diketahui dari sebuah kasus yang terjadi di Singapura, di mana virus ini terungkap setelah seorang pria Nigeria dilaporkan positif memiliki virus itu pada 8 Mei lalu.

Dilansri brilio.net dari Channel News Asia, senin (13/5), Kementerian Kesehatan Singapura (Ministry of Health/MOH) menyatakan bahwa pria 38 tahun itu datang pada 28 April. Saat ini, dia dalam kondisi stabil di bagian isolasi National Centre for Infectious Diseases (NCID).

"Pasien melaporkan bahwa sebelum kedatangannya di Singapura, dia telah menghadiri sebuah pernikahan di Nigeria, di mana dia mungkin mengonsumsi daging semak yang bisa menjadi sumber penularan virus cacar monyet," tulis MOH dalam pernyataan resminya.

Sejauh ini Indonesia telah melakukan waspada ketat terhadap penyakit ini. Diharapkan virus cacar monyet tidak masuk ke Indonesia, beberapa upaya pun telah dilakukan beberapa kantor kesehatan, seperti menyiapkan alat sebagai langkah antisipasi agar tidak menyebar di Indonesia.

Penyakit cacar monyet atau Monkeypox adalah penyakit zoonosis, dimana virus penyebabnya dapat menyebar dari hewan ke manusia. Penyakit ini memang terdengar asing, pasalnya sudah sangat jarang ditemukan. Penularan cacar monyet sendiri bisa terjadi dari manusia ke manusia lewat kontak melalui sekresi saluran pernapasan yang terinfeksi, lesi kulit dari pasien, atau benda yang terkontaminasi cairan pasien. Oleh karena itu ada baiknya untuk selalu waspada.

Berikut ini beberapa gejala yang perlu kamu ketahui ketika terserang cacar monyet. Apa saja? Berikut lansiran brilio.net dari berbagai sumber, Senin (13/5).

1. Penderita akan merasakan demam.

virus cacar monyet istimewa
foto: medicalnewstoday.com

Demam merupakan gejala pertama yang muncul, di mana suhu tubuh dapat mencapai 38,5-40,5 derajat Celcius. Rasa demam akan sangat menyiksa karena disertai menggigil dan keringat dingin.


2. Sakit kepala berlebihan.

virus cacar monyet istimewa
foto: medicalnewstoday.com

Ketika demam menyerang, tak hanya rasa dingin dan menggigil saja yang dirasakan, namun akan terjadi sakit kepala hebat yang cukup menyiksa. Saat itu pula muncul rasa sakit lainnya seperti nyeri punggung dan nyeri otot.


3. Pembesaran getah bening.

virus cacar monyet istimewa
foto: eposts.co

Perlu diperhatian ketika cacar monyet menyerang, maka kelenjar getah bening terutama di daerah leher dan rahang akan membesar. Penderita juga akan merasakan badan lemas.


4. Muncul ruam kemerahan.

virus cacar monyet istimewa
foto: itv.com

Fase erupsi kulit terjadi sekitar 1-3 hari setelah demam. Pada fase ini akan muncuk ruam merah, mulai dari wajah hingga ke sekujur tubuh. Ruam-ruam tersebut kemudian akan berubah menjadi bintik merah berisi air dan bernanah.


5. Terjadi infeksi pernapasan.

virus cacar monyet istimewa
foto: afcurgentcarehixsontn.com

Selain gejala di atas, beberapa gejala bahkan penyakit lainnya akan datang, salah satu yang paling ditakuti adalah infeksi paru (pneumonia), gangguan pernapasan, infeksi mata, kebutaan, hingga radang otak (ensefalitis).