Brilio.net - Seperti kita ketahui minuman bersoda merupakan minuman yang berbahaya bila dikonsumsi setiap hari. Namun ternyata minuman soda juga memiliki manfaat yang banyak untuk kehidupan sehari-hari.

Dilansir brilio.net dari Times of India, Kamis (7/12), berikut 6 manfaat minuman bersoda untuk kehidupan sehari-hari.

1. Membantu merawat rambut.

Manfaat soda © 2017 brilio.net

foto: pixabay

Pasti kamu baru pernah mendengar bahwa minuman bersoda bisa untuk merawat rambut. Ya memang benar, minuman bersoda dingin yang mengandung asam fosforik bisa menghilangkan kutikel rambut, sehingga sangat baik untuk memperbaiki keriting alami rambut, menghilangkan cat rambut yang menempel, dan juga memberikan volume rambut.

2. Membersihkan panci gosong.

Manfaat soda © 2017 brilio.net

foto: istimewa

Melihat panci gosong di rumah yang sulit dibersihkan kerap membuat para ibu kesal dan risih. Tak perlu khawatir, kamu bisa membersihkan menggunakan minuman bersoda. Caranya, tuangkan minuman bersoda warna hitam pada panci gosong dan diamkan beberapa saat. Kandungan asam dari minuman ini bisa membersihkan noda paling membandel sekali pun.

3. Bahan saus barbekyu.

Manfaat soda © 2017 brilio.net

foto: wikipedia

Jika kamu kehabisan saus untuk membuat barbeque, ada cara sederhana untuk membuatnya. Campurlah sebotol minuman bersoda dengan beberapa saus tomat dan kamu bisa mendapatkan saus barbekyu yang lezat.

4. Membersihkan noda spidol permanen.

Manfaat soda © 2017 brilio.net


Jika anak-anak di rumah senang bermain spidol warna-warni dan meninggalkan noda di mana-mana, jangan panik. Berikan beberapa minuman bersoda pada noda, gosok dan kemudian gunakan sabun yang dicampur air untuk membersihkannya.

5. Alat berkebun.

Manfaat soda © 2017 brilio.net

foto: freephoto

Siapa sangka, minuman bersoda ke tanah bisa mengurangi pH tanah sehingga menjadikannya sangat baik bagi pertumbuhan tanaman. Para ahli juga menyarankan, menambahkan minuman bersoda ke kantung kompos bisa menguatkan pertumbuhan mikroorganisme dan meningkatkan kualitas pupuk. Terlebih, minuman ini juga mengusir serangga.

6. Menambah kesan kuno foto.

Manfaat soda © 2017 brilio.net

foto: dok.

Karena kandungan asam dari minuman bersoda, kamu bisa menggunakannya untuk membuat kesan kuno pada foto kamu. Yang perlu kamu lakukan adalah menyelupkan foto ke dalam piring berisi minuman bersoda dan biarkan kering.