Brilio.net - Batu ginjal merupakan penyakit yang bisa menyebabkan kematian. Penyakit batu ginjal ketika dibiarkan dapat menyebabkan komplikasi yang lebih serius seperti infeksi ginjal, gagal ginjal, dan bahkan meregang nyawa.

Dilansir brilio.net dari kemkes.go.id pada tahun 2022 tercatat 251 kasus gagal ginjal akut yang berasal dari 26 provinsi. Sekitar 80 persen kasus terjadi di DKI Jakarta, Jawa Barat, Aceh, Jawa Timur, Sumatera Barat, Bali, Banten, dan Sumatera Utara. Persentase angka kematian ada di 56% atau sebanyak 143 kasus. Penyakit gagal ginjal harus ditangani dengan serius karena dampak yang ditimbulkan sangat beresiko untuk kesehatan.

Apa itu batu ginjal?

9 campuran minuman ini dapat meluruhkan batu ginjal freepik.com

foto: freepik.com

Batu ginjal atau dikenal sebagai nefrolitiasis, adalah endapan keras yang terbuat dari mineral dan garam yang terbentuk di dalam ginjal. Zat-zat seperti kalsium, asam oksalat, dan fosfor dalam urine dapat membentuk kristal dan menumpuk di ginjal, sehingga menjadi keras seperti batu.

Batu ginjal dapat terbentuk di ginjal, ureter (saluran kemih yang membawa urine dari ginjal menuju kandung kemih), kandung kemih, atau uretra (saluran kemih yang membawa urine dari kandung kemih ke luar tubuh). Ukuran batu ginjal dapat mulai dari sekecil butiran pasir hingga sebesar kacang polong.

Maka dari itu, penyakit batu ginjal harus ditangani dengan serius. Namun, ada beberapa campuran minuman yang dapat meluruhkan batu ginjal, lho. Dilansir brilio.net dari berbagai sumber.

9 Campuran minuman dapat meluruhkan batu ginjal

1. Jus Lemon

9 campuran minuman ini dapat meluruhkan batu ginjal freepik.com

foto: freepik.com

Jus lemon rupanya dapat meluruhkan batu ginjal loh. Lemon yang mengandung sitrat yang menjadi bahan kimia alami untuk mencegah pembentukan batu ginjal. Kandungan sitrat juga mampu untuk memecah batu ginjal kecil sehingga lebih mudah keluar. Selain itu, lemon memiliki kegunaan lain seperti menghambat pertumbuhan bakteri dan mengandung vitamin C.

2. Jus kemangi

9 campuran minuman ini dapat meluruhkan batu ginjal freepik.com

foto: freepik.com

Jus kemangi telah digunakan sebagai obat alami untuk mengobati batu ginjal. Kandungan sitrat dalam jus kemangi membantu mengurangi ukuran batu ginjal dan memecahnya menjadi ukuran yang lebih kecil, sehingga dapat dikeluarkan melalui urine. Kemangi juga mengandung antioksidan dan sifat anti-inflamasi yang dapat membantu mendukung fungsi ginjal.

3. Cuka sari apel

9 campuran minuman ini dapat meluruhkan batu ginjal freepik.com

foto: freepik.com

Cuka sari apel telah digunakan sebagai obat alami untuk mengobati batu ginjal. Kandungan asam asetat dalam cuka sari apel diklaim dapat melarutkan batu ginjal, serta membantu meringankan rasa sakit yang disebabkan oleh batu ginjal. Hindari mengonsumsi lebih dari satu gelas karena jika tertelan dalam jumlah banyak, cuka sari apel bisa menyebabkan masalah seperti kerusakan pada email gigi, refluks asam, dan sakit tenggorokan.

4. Jus seledri

Jus seledri telah digunakan sebagai obat alami untuk mengobati batu ginjal. Kandungan sitrat dalam jus seledri membantu mengurangi ukuran batu ginjal dan memecahnya menjadi ukuran yang lebih kecil, sehingga dapat dikeluarkan melalui urine.

5. Jus delima

Jus delima telah digunakan sebagai obat alami untuk mengobati batu ginjal. Kandungan antioksidan dalam jus delima diketahui memiliki kemampuan menurunkan kolesterol dan tekanan darah, yang biasanya dialami oleh orang-orang dengan penyakit ginjal. Selain itu, jus delima juga diketahui dapat membantu mengurangi risiko pembentukan batu ginjal dengan cara meningkatkan keasaman urin dan memecah batu ginjal menjadi ukuran yang lebih kecil sehingga dapat dikeluarkan melalui urine.

6. Kaldu kacang merah

Kaldu kacang merah telah digunakan sebagai obat alami untuk mengobati batu ginjal. Kandungan sitrat dalam kaldu kacang merah membantu mengurangi ukuran batu ginjal dan memecahnya menjadi ukuran yang lebih kecil, sehingga dapat dikeluarkan melalui urine.

7. Dandelion

Dandelion telah digunakan sebagai obat alami untuk mengobati batu ginjal. Kandungan sitrat dalam dandelion diketahui membantu mengurangi ukuran batu ginjal dan memecahnya menjadi ukuran yang lebih kecil, sehingga dapat dikeluarkan melalui urine. Dosis yang tinggi mungkin tidak aman bagi orang dengan kondisi kesehatan tertentu, seperti tekanan darah tinggi atau rendah, kondisi hati, diabetes dan pembengkakan.

8. Jus rumput gandum

Wheatgrass atau rumput gandum mengandung banyak nutrisi dan telah lama digunakan untuk meningkatkan kesehatan. Rumput gandum dapat meningkatkan aliran urin untuk membantu mengeluarkan batu. Sehingga ini sangat penting untuk membersihkan ginjal.

9. Paku ekor kuda

Paku ekor kuda telah digunakan sebagai obat alami untuk mengobati batu ginjal. Kandungan sitrat dalam paku ekor kuda membantu mengurangi ukuran batu ginjal dan memecahnya menjadi ukuran yang lebih kecil, sehingga dapat dikeluarkan melalui urine. Selain itu, paku ekor kuda memiliki kandungan antibakteri dan antioksidan yang dapat membantu kesehatan saluran kemih.