Brilio.net - Kamu merasa sulit tidur atau malah mengidap insomnia? Jangan khawatir, saat seperti itulah kamu bisa menggali ide-ide kreatif untuk sesuatu yang positif. Sebab, berdasarkan sejumlah penelitian, umumnya orang yang suka begadang biasanya memiliki daya pikir yang lebih kreatif. Lho, kok bisa ya?  

Dalam beberapa tahun terakhir, sudah ada beberapa studi akademis yang menunjukkan bahwa mereka yang biasa tidur larut malam, biasanya lebih cerdas daripada mereka yang bangun pagi-pagi karena tidur lebih awal. Jadi buat kamu yang suka 'ngalong' termasuk orang yang beruntung.

Tapi yang jelas, bukan sekadar begadang ya. Untuk melakukan sesuatu di malam hari dibutuhkan stamina yang prima. Ide-ide kreatif lebih lancar dilakukan di malam hari. Saat malam berbagai gangguan seperti suara bising akan hilang. Jadi kamu bisa berkonsentrasi. Kamu benar-benar memiliki waktu yang tenang untuk mengerjakan hal positif.

Penelitian ini dilakukan para peneliti dari Catholic University of the Sacred Heart, Italia. Hasil penelitian menyimpulkan, mereka yang bekerja pada malam hari biasanya adalah pemikir yang lebih kreatif.

Seperti dilansir brilio.net dari Elitedaily.com, Rabu (10/8), penelitian ini dilakukan dengan menempatkan 120 pria dan wanita dari berbagai usia melalui serangkaian tes. Mereka menemukan fakta bahwa orang yang sering beraktivitas malam hari cenderung mendapat skor yang lebih tinggi.

Loading...

Tetapi, nggak cuma kelebihan itu saja. Ada juga kelemahannya. Biasanya orang yang suka begadang sering menunda-nunda pekerjaan. Di samping itu tak jarang mengalami depresi dan dilaporkan lebih cenderung menjadi psikopat. Karena itu jatah tidur minimal 7 jam saat malam menjadi penting untuk menghindari efek samping negatif dari gaya hidup mereka yang suka ngalong.