Brilio.net - Soda merupakan salah satu minuman yang memang sudah dinyatakan bahaya bila dikonsumsi secara berlebihan. Bahkan sebuah penelitian mengungkapkan kebiasaan minum minuman bersoda dapat mempengaruhi kesuburan.

Tak hanya perempuan, laki-laki yang minum soda berlebihan juga dapat memengaruhi fekunditas atau mengurangi kemampuan untuk bereproduksi rata-rata sebesar 20 persen. Dilansir dari Zeenews, Minggu (18/2), perempuan yang mengonsumsi setidaknya satu botol soda sehari, akan mengalami fekunditas 25 persen dan pada laki-laki hingga 33 persen.

"Kami menemukan hubungan positif antara asupan minuman soda bergula dan kesuburan yang rendah. Ini konsisten setelah mengendalikan banyak faktor lain termasuk obesitas, asupan kafein, alkohol, merokok, dan kualitas makanan secara keseluruhan," kata pemimpin penelitian, Elizabeth Hatch seorang lrofesor di Boston University School of Public Health (BUSPH).

Untuk studi ini, tim peneliti mensurvei 3.828 perempuan berusia 21 tahun sampai 45 tahun yang tinggal di Amerika Serikat dan Kanada serta meneliti 1.045 pasangan laki-laki mereka.

Elizabeth pun memberi masukkan pada pasangan yang tengah merencanakan kehamilan untuk membatasi konsumsi minuman tersebut.

Loading...

Tapi Elizabeth dan timnya juga mendapatkan fakta lain dalam penelitian yang dipublikasikan di jurnal Epidemiology tersebut.

Dikatakan, mengonsumsi minuman berenergi terkait dengan kemungkinan penurunan kesuburan lebih besar meski hasil didasarkan dari responden dalam jumlah kecil.

Pada penelitian sebelumnya, dua jenis minuman tersebut telah dikaitkan dengan masalah obesitas, diabetes tipe 2, menstruasi dini, dan kualitas air mani yang buruk. Namun sayangnya, konsumsi dua jenis minuman ini terus meningkat terutama di kalangan anak muda dan semakin mengkhawatirkan.