Brilio.net - Usai sahur, banyak orang yang ngantuk berat dan memilih langsung tidur. Karena terlena tidur, jadinya bangun kesiangan. Nah agar tidak ngantuk saat tidur, beberapa orang memilih menghirup udara segar bahkan mandi.

Mandi di waktu sahur mungkin dilakukan sebagian orang untuk menyegarkan tubuh dan mengusir kantuk. Namun hal ini ternyata memiliki dampak buruk yang bisa membahayakan kesehatan tubuh.

Bahaya ini timbul karena tubuh seseorang tidak terbiasa bangun di waktu yang lebih pagi dari biasanya. Padahal udara di waktu sahur masih cukup dingin untuk menyegerakan mandi, sehingga bisa menimbulkan berbagai masalah kesehatan.

Dampak buruk mandi waktu sahur bagi kesehatan ini bisa mengganggu ibadah puasa. Kegiatan sehari-hari yang kamu lakukan jadi tidak nyaman dan bahkan bisa saja membuatmu membatalkan puasa karena masalah kesehatan tersebut.

bahaya mandi sahur  © 2019 brilio.net berbagai sumber

Loading...

foto: Liputan6.com

Dilansir brilio.net dari Liputan6.com, Senin (28/5), salah satu dampak buruk mandi waktu sahur bagi kesehatan adalah sakit kepala. Perubahan suhu dan hormon endorfin yang rendah pada pagi hari bisa menyebabkan seseorang menderita sakit kepala.

Hormon endorfin yang beristirahat saat kamu tertidur akan menyebabkan sakit kepala bila saat bangun tidur kamu langsung melakukan aktivitas fisik seperti mandi dan aktivitas-aktivitas lainnya. Hal ini disebabkan oleh menyempitnya pembuluh darah di otak dan mengurangi aliran darah ke otak. Hal ini tentunya akan memicu timbulnya sakit kepala.

Selain itu, sakit kepala sebelah atau migrain juga akan kamu rasakan dengan adanya ketidakseimbangan fungsi otak. Migrain atau sakit kepala sebelah sangat rentan terjadi pada seseorang yang sensitif merasakan sakit kepala.

bahaya mandi sahur  © 2019 brilio.net berbagai sumber

foto: merdeka.com

Saat kamu merasakan sakit kepala sebelah atau migrain, maka hal tersebut dapat memberikan sensasi denyut jantung semakin kencang, sensitif terhadap suara dan cahaya, terasa mual, dan tentunya sakit kepala.

Sakit kepala umum terjadi disebabkan oleh beberapa hal seperti perubahan kelembapan, angina kencang, serta perubahan suhu yang terlalu ekstrem. Bahkan hal ini bisa berakibat fatal bila tidak ditangani dan diobati secepatnya.

Selain berdampak buruk dengan menyebabkan sakit kepala, mandi saat sahur juga bisa menyebabkan penyempitan pembuluh darah, atau bisa disebut Vasospasme. Penyempitan pembuluh darah ini bisa terjadi karena penumpukan plak yang terjadi di dalam lumen pembuluh darah, konsumsi obat obatan, menderita penyakit penyakit lainnya, serta kondisi psikologis lainnya.

Penyempitan pembuluh darah atau vasospasme ini nantinya bisa menyebabkan serangan jantung pada seseorang. Bahkan bila penyempitan pembuluh darah pada arteri koroner telah melebihi 70% bisa menyebabkan penyakit berat lainnya seperti stroke. Tidak hanya itu, penyempitan pembuluh darah ini juga bisa menyebabkan kematian.

Ada juga risiko terkena reumatik karena mandi saat sahur. Hal ini kemungkinan terjadi karena cairan sendi mengalami perubahan komposisi sehingga menyebabkan keluhan nyeri tulang dan sendi. Oleh karena itu, kamu sebaiknya menghindari mandi saat sahur agar tidak terkena berbagai macam penyakit tersebut.

bahaya mandi sahur  © 2019 brilio.net berbagai sumber

foto: merdeka.com

Perhatikanlah beberapa hal ini untuk mandi pagi. Mungkin kamu bisa mandi setelah waktu sahur, dengan catatan:

1. Jangan bangun dari tidur secara mendadak. Bangun secara perlahan dan duduk sejenak agar tubuh terbiasa dengan keadaan setelah kamu bangun tidur.

2. Bersantailah sejenak. Kamu tidak boleh langsung mandi sesegera mungkin, atur napas dan rasakan detak jantung sampai kembali normal. Intinya adalah membuat dirimu benar benar terbangun, tidak hanya mata, tapi juga semua organ tubuh lainnya.

3. Berdirilah dengan perlahan. Jangan memaksakan diri, apalagi bila kamu mengalami gejala seperti pusing atau jantung berdebar. Pada dasarnya, kamu tidak boleh langsung mandi pada saat baru bangun tidur.