Brilio.net - Banyaknya kasus perempuan muda di India terkena blepharitis. Hal itu membuat sejumlah dokter mata memperingatkan penggunaan produk makeup untuk mata. Menurut mereka, selain menggunakan komputer dan lensa kontak, makeup mata juga bisa membuat kondisi mata jadi lebih buruk.

"Infeksi mata yang paling umum dilaporkan akibat kualitas produk rendah atau produk eye makeup yang sudah kadaluarsa sehingga seseorang terkena blepharitis. Radang kelopak mata ini dapat disebabkan oleh pertumbuhan berlebih dari bakteri," kata Anurag Wahi, Konsultan Senior di Sharp Sight Group of Eye Hospitals, dikutip Times of India, Rabu (4/5).

Anurag Wahi menambahkan gejala lainnya yang terkait dengan blepharitis adalah pembengkakan dengan partikel berminyak. Kelebihan minyak ini mendorong pertumbuhan bakteri atau jamur yang dapat membuat kelopak mata terinfeksi.

"Makeup mata, khususnya maskara, eye liner dan krim untuk digunakan di sekitar mata, biasanya memiliki tanggal kadaluarsa lebih singkat dari kosmetik lainnya," terang Wahi.

Selain menyebabkan gatal dan infeksi, beberapa kasus iritasi merupakan gejala dini dari kanker kulit. Jadi jangan nekat untuk tetap menggunakan eye makeup kalau udah kadaluarsa, ya. Sebab makeup mata yang sudah kadaluarsa bisa jadi kandungannya telah berubah menjadi bersifat toxic alias beracun.