Brilio.net - Kebanyakan orang sulit mengatasi berat badan berlebih. Namun, banyak faktor yang membuat seseorang malas melakukan diet untuk menurunkan berat badan. Entah alasannya terlalu sibuk dengan pekerjaan sampai nggak sempat olahraga atau nggak tahan lihat makanan enak.

Ternyata hal itu memang yang menjadi pemicu bagi mereka yang punya masalah berat badan untuk membakar kalori. Akhirnya mereka hanya pasrah menerima bentuk tubuh yang terus-terusan melebar. Dilansir brilio.net dari Marie Claire, Senin (7/11), siapa sangka, ternyata berat badan bisa diatasi hanya dengan berendam di air panas lho.

Baru-baru ini para ahli dari Loughborough University menemukan fakta berendam di air panas dengan suhu 40 derajat Celsius lebih efektif membakar kalori dan menurunkan gula darah daripada berjalan cepat. Boleh jadi suhu 40 derajat Celcius terbilang cukup panas, tapi jangan terlalu dipikirkan panasnya. Dengan metode yang tepat dan baik, berendam air panas akan memberikan energi positif pada tubuh.

Berendam © 2016 brilio.net

foto: loughboroughecho.net

Steve Faulkner dari Loughborough University di Inggris telah melakukan riset dengan mengikuti 2.300 peserta laki-laki setengah baya selama kurang lebih 20 tahun. Mereka diteliti dengan dilengkapi monitor. Hasilnya, berendam air panas meningkatkan aliran darah dan membakar energi lebih cepat.

Berdasarkan teori, ini ada efek hebat dari heat shock protein yang dilepaskan ketika suhu tubuh dinaikkan secara signifikan. Dalam tahapan ini pada akhirnya akan menurunkan kadar gula darah. Kamu cukup berendam air panas selama satu jam. Itu setara dengan berjalan kaki selama 20-30 menit dan bisa membakar sekitar 126 kalori.

Tetapi meski begitu tetap harus ingat untuk mengontrol pola makan. Mendapatkan cara mudah bukan berarti hidup dengan pola makan seenaknya. Kamu juga sesekali gerakkan tubuh supaya persendian dan urat tidak kaku. Nah, sekarang tidak ada alasan untuk tidak menurunkan berat badan kan?