Brilio.net - Banyak orang sulit bahagia, sehingga harus mengeluarkan biaya besar untuk “membeli” kebahagiaan. Jutaan rupiah uang pun dihabiskan untuk sekadar berusaha untuk tersenyum. Padahal, belum tentu biaya mahal itu bisa membuat mereka bahagia, karena bahagia itu masalah hati, bukan materi yang bisa dibeli di toko mewah sekalipun.

Beruntung kamu atau siapa saja yang bisa bahagia tanpa harus biaya mahal dan fasilitas mewah. Kamu di mana pun dan kapan pun bisa bahagia. Nggak hanya itu, kebahagiaan yang kamu rasakan bisa juga dengan mudah dibagikan kepada orang lain, agar mereka ikut bahagia. Soalnya kebahagiaan itu bak “virus positif” yang bisa ditularkan kepada siapa pun, di mana pun dan oleh siapa pun.

Nah, berikut ada 17 cara cerdas bukti bahwa bahagia itu mudah dan murah tapi bukan murahan, lho. Check them out, gengs!

1. Senyum.

 

cara cerdas bahagia berbagai sumber

foto: memegenarot.net

Nggak perlu modal sepeser pun kan, untuk senyum? Cara senyum pun mudah dan bisa kapan pun dilakukan. Saat bertemu orang, kamu bisa tersenyum kepadanya dan orang itu akan turut bahagia, walaupun kalian belum kenal. Karena senyum menularkan virus bahagia. Jika nggak percaya, coba saja tersenyum. Namun jangan senyum-senyum sendiri terus menerus. Bisa-bisa kamu dianggap nggak waras, ups!

2. Bersyukur.

cara cerdas bahagia berbagai sumber

foto : thedreamcatch.com

Syukur juga tanda bahagia yang paling gampang. Sekecil apa pun anugerah yang kamu terima layak disyukuri. Syukur itu mencegah penyakit iri yang bisa menggerogoti kebahagiaan. Yuk bersyukur, karena kata orang pintar, syukur bisa melipatgandakan rezekimu. Alasan lipat ganda rezeki ini juga bisa menjadi alasan kamu untuk bersyukur.

3. Liburan.

cara cerdas bahagia berbagai sumber

foto : pexels.com

Liburan nggak perlu mahal dan ke tempat yang jauh. Hal yang paling diperlukan untuk liburan itu hanya tubuh yang sehat agar kamu bisa menikmati objek wisata yang kamu kunjungi. Apalagi cuaca sekarang kurang bersahabat, jadi kesehatan prima mutlak kamu miliki. Biar badanmu tetap fit, dengerin kata tubuhmu. Jadikan BEAR BRAND sebagai temanmu dalam menjalani hari, termasuk ketika liburan.

Terus biar kamu lebih semangat lagi, yuk ikutan kompetisi #LISTENTOYOURBODY. Ada grand prize MacBook Gold dan banyak hadiah lain, lho. Informasi lebih lanjut bisa kamu cek di sini. Yuk, hidup lebih bahagia dengan tubuh yang selalu sehat.

4. Ngerjain sesuatu yang disukai.

cara cerdas bahagia berbagai sumber

foto : wikihow.com

Jika kamu suka merangkai bunga, atau menggambar di kanvas, menulis, bermain gitar dan lainnya, lakukan saja kegiatan yang kamu suka itu. Nggak perlu biaya mahal, kan? Selain mendatangkan bahagia, kegiatan yang disuka itu akan mengasah skill-mu di bidang tersebut.

5. Olahraga.

cara cerdas bahagia berbagai sumber

foto : odyrock.tv

Jalan kaki saja mengitari kompleks perumahan atau kampung sudah bisa bikin kamu bahagia. Jalan kaki adalah salah satu olahraga mudah yang bisa bikin bahagia. Selain menyehatkan, kamu bisa bertemu banyak orang dan mendapatkan sesuatu yang baru.

6. Ngobrol sama orang tersayang.

cara cerdas bahagia berbagai sumber

foto : wintterlaw.com

Siapa sih yang nggak senang ngobrol dengan orang-orang terkasih di sekeliling kita. Orang yang kita sayangi bukan hanya pacar, bisa juga orangtua atau saudara di rumah. Nggak perlu mengeluarkan biaya kan, untuk ngobrol dengan mereka. Ngobrol ini juga membuat kasih sayang kalian semakin besar dan semakin bahagia. Tunggu apa lagi? Ajak ngobrol ibu, ayah, dan saudara-saudaramu yuk!

7. Cari udara segar.

cara cerdas bahagia berbagai sumber

foto : yegfitness.ca

Udara segar adalah harta tak ternilai, namun gratis untuk mendapatkannya. Cukup keluar rumah, tarik napas dalam-dalam, semua beban hidupmu akan berkurang. Kamu bisa lebih positif menghadapi semua tantangan yang ada dan nggak akan pernah menyerah untuk melakukan yang terbaik.

8. Makan bareng teman-teman.

cara cerdas bahagia berbagai sumber

foto : andinugraha.com

Cara ini mungkin membutuhkan dana, tapi nggak harus mahal kan untuk makan bareng bersama teman-teman. Sebab yang menarik bukan seberapa mahal makanan yang kamu santap, tapi seberapa berkualitas kebersamaan kalian. Makan bareng membuat persahabatan pun semakin lengket. Kalian bisa tertawa bersama. Namun jangan makan sambil tertawa ya, bisa-bisa makanan masuk ke hidung. Akibatnya kamu tersedak, duh!

9. Cobain tantangan baru.

cara cerdas bahagia berbagai sumber

foto : girlgeekupnorth.co.uk

Mencoba tantangan baru itu menyenangkan. Kamu mungkin nggak mudah melakukannya, namun bisa mendatangkan kebahagiaan. Misalnya, jika kamu belum pernah belajar panjat dinding, coba saja memulainya bersama teman-teman, tapi jangan langsung cari dinding yang tinggi dan sulit didaki, sebab berbahaya bagi pemula. Biasakan dimulai dari dinding yang rendah dengan kecuraman yang kecil.

10. Meditasi.

cara cerdas bahagia berbagai sumber

foto : nacentralohio.com

Meditasi dan belajar konsentrasi itu bisa membuat pikiranmu fresh. Hanya dengan waktu yang singkat, misalkan 30 menit atau satu jam, meditasi kamu sudah bisa memberikan dampak positif bagi tubuh dan kebahagiaan. Apalagi jika meditasi itu bisa menghilangkan semua beban di hati.

11. Tidur teratur.

cara cerdas bahagia berbagai sumber

foto : valleysleepcenter.com

Kebiasaan tidur nggak teratur bukan hanya bikin tubuhmu kurang sehat, tapi juga bisa bikin kebahagiaan terganggu. Karena tidur yang nggak teratur juga bisa menandakan hidupmu juga nggak teratur. Coba atur hidupmu dengan memulai tidur yang teratur, gengs.

12. Dengerin musik favorit.

cara cerdas bahagia berbagai sumber

foto: pakinside.com

Sekarang makin mudah mendengarkan lagu favorit. Nggak lagi butuh tape recorder atau radio, cukup buka smartphone kamu, lagu-lagu indah dari band atau penyanyi favoritmu pun melantun dengan indah.

13. Ketawa lepas.

cara cerdas bahagia berbagai sumber

foto : Huffington Post

Banyak orang nggak mau tertawa lepas karena jaga image alias jaim. Padahal, tertawa lepas itu bisa menghilangkan kegundahan di dalam hati. Cobalah keluarkan ekspresimu untuk tertawa lepas. Namun pastikan nggak ada orang terganggu oleh tertawamu, ya.

14. Bantuin orang lain.

cara cerdas bahagia berbagai sumber

foto : goodnet.org

Bantuin orang nggak perlu dengan memberi mereka uang. Bisa hanya dengan mengantar anaknya ke sekolah sambil kamu ke kantor pun sudah bisa membuat orang lain bahagia. Atau membantu lansia menyeberang jalan juga mudah tapi sangat membantu mereka. Kamu pun juga bisa ikut bahagia.

15. Pergi ke konser atau pameran.

cara cerdas bahagia berbagai sumber

foto: apjjf.org

Saat ini makin banyak konser atau pameran yang diselenggarakan, terutama di kota-kota besar. Konser dan pameran itu pun banyak yang gratis tapi kualitasnya berkelas. Di Jakarta misalnya, pameran bisa gratis ditemui di Taman Ismail Marzuki atau di Museum Nasional atau di lembaga-lembaga kebudayaan internasional. Coba dech cek agenda kota yang banyak berseliweran di internet.

16. Singkirkan dulu medsosmu.

cara cerdas bahagia berbagai sumber

foto: euromentravel.com

Banyak orang mengumbar kebahagiaan melalui medsos. Bisa jadi bikin kamu yang melihat ikut bahagia, bisa juga malah iri pengen merasakan juga. Nah, daripada pusing sama kebahagiaan orang lain yang bisa jadi cuma pencitraan, mending stop main medsos dan fokus sama diri dan kebahagiaanmu sendiri, gengs. Dengan menjauhi dari medsos beberapa saat, kamu nggak akan terganggu dengan komentar haters atau memikirkan banyak hal yang tersebar melalui medsos. Buktikan, deh.

17. Mainan sama anak tetangga.

cara cerdas bahagia berbagai sumber

foto: suggest-keywords.com

Akrab dengan tetangga itu sangat menyenangkan. Selain hubungan kalian semakin akrab dan makin mudah saling tolong menolong, hubungan yang baik dengan tetangga bikin hidup lebih bahagia. Salah satu bentuk kecil membangun hubungan yang baik dengan tetangga adalah main dengan anak-anak mereka yang masih kecil. Biar kamu juga bisa meredakan kepenatan akibat kesibukan sehari-hari sambil bermain.

Semua kebahagiaan yang kamu raih dengan mudah dan murah itu bisa kamu nikmati lebih lama dan berkualitas jika tubuhmu fit dan sehat. Guna menjaga tubuh tetap fit, kamu bisa makan makanan sehat dan bergizi. Jangan lupa jadikan BEAR BRAND sebagai temanmu menjalani hari. Cukup satu kaleng sehari untuk kamu tetap semangat dan bahagia tentunya. Yuk, hidup bahagia dan sehat!