Brilio.net - Melihat cuaca yang tidak menentu seperti sekarang ini, banyak penyakit yang dapat menyerang masyarakat. Apalagi bila kesibukan tinggi dan keadaan tubuh yang tidak fit bisa jadi penyebab timbulnya penyakit.

Tak hanya penyakit ringan saja yang dapat menyerang, namun penyakit berat pun bisa. Dr. Zainah Fitriah mengatakan keluhan masyarakat Indonesia saat datang ke rumah sakit berbagai macam.

"Seringnya penyakit berat seperti diabetes, darah tinggi, pasien dengan keluhan lemas dan tiba-tiba nggak sadar angkanya sangat tinggi," katanya kepada media dalam acara Avrist Insurence Day: Healty Self, Healty Future di Kantor Avrist, Jakarta, Rabu (18/10).

Mirisnya, penyakit seperti ini kata dr. Zainah tak hanya dialami oleh orang tua saja. Namun anak muda yang berusia di bawah 30 tahun saat ini tidak sedikit yang terserang penyakit seperti itu.

"Salah satu penyakit yang sering menimpa anak muda adalah stroke, itu penyakit yang tidak mengenal umur. Penyebab utamanya adalah pola hidup yang tidak sehat," jelasnya.

Oleh sebab itu, lanjutnya, dokter yang bekerja di Sahid Sahirman Memorial Hospital menyarankan agar anak muda mengatur pola hidup sehat.

"Yang penting itu tidur yang cukup. Bajuak minum air putih. Mulai kurangi makan jung food. Yang terpenting atur asupan yang dimakan dengan kalori yang dikeluarkan. Lakukan olahraga satu hari satu jam jogging atau jalan santai," pungkasnya.