Brilio.net - Sebuah pesan Arab menyebutkan, “Jangan kamu menunda pekerjaan hingga esok hari, jika kamu bisa menyelesaikannya hari ini”. Pesan ini sebenarnya banyak disampaikan orang tapi nggak sedikit juga yang mengabaikannya dan memilih menunda pekerjaan.

Banyak sekali alasan untuk menunda pekerjaan. Padahal, seringkali sebuah pekerjaan yang ditunda akhirnya banyak yang benar-benar nggak bisa diselesaikan. Apa kamu nggak menyesal jika pekerjaan itu akhirnya nggak beres, hanya karena pernah menundanya? Apalagi jika itu adalah sebuah pekerjaan yang wajib diselesaikan. Baik itu berupa tugas kuliah yang harus dipresentasikan di hari yang sudah ditentukan, atau tugas dari bos yang sangat penting dan bisa menentukan reputasi sebuah perusahaan. Dipastikan akan banyak masalah deh, kalau pekerjaan nggak diselesaikan.

Makanya, kamu jangan pernah menunda pekerjaan, seperti yang dilakukan tipe penunda pekerjaan berikut ini. Mereka menunda pekerjaan karena mempunyai pikiran atau sejumlah prediksi yang sebenarnya bisa menjadi bumerang bagi karier, kehidupan atau dunia pendidikannya.

Berikut ini isi kepala orang yang biasa menunda pekerjaan, sebagaimana dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Rabu (9/11):

1. Yakin semua hal akan baik-baik aja.

isi pikiran penunda pekerjaan berbagai sumber

foto: americanautocare.info

Berencana sih boleh, tapi mengantisipasi atas kemungkinan terjadi sesuatu yang nggak diinginkan, itu tetap jauh lebih baik. Apalagi kamu mempunyai waktu kosong dan bisa mengerjakan sebuah pekerjaan saat ini.

Ingat ya, banyak sekali kejadian di kemudian hari yang mungkin bisa datang tanpa diperkirakan sebelumnya. Seperti tiba-tiba kamu sakit yang membuat nggak bisa melakukan pekerjaan. Atau pacarmu minta diantar ke mal dimana kamu nggak bisa menolaknya karena takut diputus. Dan banyak berbagai kejadian lain yang datang nggak diundang.

2. Penunda pekerjaan hanya kenal istilah “present moment”.

isi pikiran penunda pekerjaan berbagai sumber

foto: imore.com

Penunda pekerjaan hanya mau menyelesaikan pekerjaan pada waktu yang sudah disediakan. Mereka hanya mengenal istilah “present moment” dan nggak ingin melakukannya di momen-momen lain yang sebenarnya mereka mempunyai waktu untuk itu.

3. Merasa ide belum sempurna.

isi pikiran penunda pekerjaan berbagai sumber

foto : mp3jam.org

Sejumlah orang kadang keterlaluan menerapkan sifat perfeksionisnya. Dia merasa saat bekerja harus sempurna, dan nggak mau melakukan atau mengerjakan sesuatu jika belum yakin bisa mengerjakannya dengan sempurna. Akibatnya, pekerjaan yang seharusnya dia cepat lakukan, harus ditunda-tunda terus karena belum ada ide yang paling ideal.

Sifat perfeksionis memang diperlukan saat bekerja. Namun terlalu perfeksionis pun juga nggak baik. Gara-gara ingin sebuah pekerjaan selesai dengan super duper perfect, dia malah nggak bisa menyelesaikannya serta membuat tugas lain terbengkalai nggak keruan.

4. Mengerjakan saat deadline kayaknya enak, ya.

isi pikiran penunda pekerjaan berbagai sumber

foto: moretimeforyou.net

Nggak dapat dipungkiri banyak orang yang suka tantangan deadline. Nggak mau mengerjakan sesuatu sebelum deadline dan merasa terpacu bekerja saat deadline tiba. Orang yang terpacu dengan deadline ini kadang dianggap orang yang bisa bekerja cepat dan hebat. Padahal, sebenarnya dia adalah orang yang nggak bisa mengerjakan sebuah pekerjaan dengan perencanaan yang baik.

5. Hanya peduli dengan hal mudah dan menyenangkan.

isi pikiran penunda pekerjaan berbagai sumber

foto: Istimewa

Pekerjaan serius kadang dianggap sebuah hal yang bikin stres dan nggak sesuai dengan orang yang hanya peduli pada hal mudah dan menyenangkan. Mereka maunya main game asyik dan menghambur-hamburkan waktu begitu saja. Bahkan pekerjaan yang sebenarnya nggak sulit seperti membereskan rumah dia tinggalkan hanya demi semua kesenangan.

6. Ingin pamer.

isi pikiran penunda pekerjaan berbagai sumber

foto : deviantart.com

Susah berurusan dengan orang narsis. Apa saja yang ingin dilakukannya, selalu ingin dilihat orang. Termasuk melakukan kegiatan yang sebenarnya nggak ada hubungannya dengan orang lain. Misalnya untuk membersihkan dan mempercantik taman, ingin ada orang melihat agar dia terlihat rajin dan care pada tanaman.

7. Bad mood? Kerjain ntar aja, deh.

isi pikiran penunda pekerjaan berbagai sumber

foto: womansway.ie

Orang yang bekerja berdasarkan mood juga banyak di sekeliling kita. Banyak pekerjaan yang akhirnya ditunda, gara-gara dia sedang bad mood. Coba bayangkan jika bad mood-nya lama. Bisa-bisa semua pekerjaan ditinggalkan dan berantakan. Duh!

Pekerjaan yang ditunda dengan alasan apa pun bisa membuat banyak pekerjaan menumpuk di lain waktu. Pekerjaan yang sebenarnya ringan pun, akhirnya menjadi berat karena dikerjakan bersamaan di satu waktu. Akhirnya tubuhmu menjadi sakit, karena pekerjaan yang menumpuk bikin badan cepat capek dan pikiran stres. Nah, maka dari itu kamu harus bisa jaga stamina dengan cara melakukan pekerjaan tepat waktu.

Cara lain untuk menjaga kondisi tubuh adalah dengan menjadikan BEAR BRAND sebagai temanmu sehari-hari. Susu murni ini bakal menemanimu menjaga tubuh tetap fit. Cukup minum satu kaleng BEAR BRAND biar kamu tetap fit dan semangat.

Nah, biar kamu semakin semangat, yuk ikutan kompetisi #LISTENTOYOURBODY yang ngasih kamu kesempatan menangin grand prize MacBook Gold dan hadiah lainnya, lho. Sobat Brilio, bisa cek di sini untuk informasi lebih lanjut, ya.