Brilio.net - Beberapa bagian tubuh manusia secara alami ditumbuhi oleh rambut. Yang paling terlihat tentu saja rambut yang ada di kepala. Seperti halnya bagian lain, Tuhan tidak menciptakan rambut-rambut tersebut tanpa fungsi. Mereka punya fungsi masing-masing dan berguna untuk menjaga kesehatan di mana mereka tumbuh.

Nah, biar nggak penasaran berikut fungsi masing-masing rambut yang ada di tubuh manusia seperti brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Senin (3/4).

1. Rambut kepala.

Fungsi Bulu © 2017 Istimewa

Loading...

Rambut yang ada di kepala manusia berfungsi untuk melindungi kulit kepala dari sengatan langsung sinar matahari.

2. Bulu hidung.

Fungsi Bulu © 2017 Istimewa

Rambut di hidung yang disebut bulu hidung ini mungkin sedikit menjengkelkan kalau tumbuh terlalu panjang. Tapi fungsi dari bulu ini nggak main-main. Bulu hidung adalah filter terhadap partikel-partikel kasar yang mungkin terhisap saat kita bernapas. Selain itu, bulu hidung juga bertugas mengatur kelembapan udara yang kita hirup.

3. Alis.

Fungsi Bulu © 2017 Istimewa

Fungsi rambut melengkung di atas mata ini juga nggak main-main lho, makanya jangan suka main cukur ya. Alis punya fungsi untuk kecantikan wajah, selain itu juga menahan air yang menerpa dahi agar tak langsung mengalir ke mata.

4. Bulu mata.

Fungsi Bulu © 2017 Istimewa

Senada dengan fungsi alis, rambut di atas mata yang disebut bulu mata ini juga berfungsi sebagai penahan air agar tak langsung jatuh atau menerpa mata.

5. Bulu ketiak.

Fungsi Bulu © 2017 Istimewa

Rambut yang tempatnya berada di antara lengan dan tubuh manusia yang disebut bulu ketiak  ini punya fungsi yang keren yaitu melindungi kulit dari gesekan langsung lengan dan tubuh. Selain itu, bulu ketiak juga berfungsi membantu kulit agar tetap kering hingga tak terjadi bau badan.

6. Rambut kemaluan.

Fungsi Bulu © 2017 Istimewa

Rambut yang akan tumbuh saat kamu memasuki usia remaja ini punya banyak fungsi yaitu memberi kehangatan, mengurangi gesekan langsung saat berhubungan intim dan pelindung daerah kemaluan karena sensitifnya area ini. Selain itu, rambut ini berfungsi untuk mengeluarkan feromon yang mengatur perilaku seks.