Brilio.net - Tas seakan sudah menjadi aksesori wajib yang dibawa ke mana-mana, apalagi bagi kaum Hawa. Segala macam barang yang sekiranya penting, selalu ada di dalamnya, mulai dari bedak sampai smartphone.

Nah, ternyata cara membawa tas pun sempat menjadi perhatian karena disebut-sebut bisa menunjukkan kepribadian seseorang, lho. Di sisi lain yang tak kalah perlu diperhatikan ialah cara membawa tas yang berimbas pada kesehatan.

Dilansir Brilio.net dari Antara, cara membawa tas yang baik dan benar dalam keseharian bisa membuat kondisi tubuh optimal. Selain itu juga dapat mengurangi risiko asupan obat nyeri yang sebenarnya bisa dihindari.

Selama ini Sobat Brilio pasti pernah melihat (atau bahkan melakukannya sendiri?) membawa tas dengan cara menyangkutkannya di pergelangan tangan kan? Cara ini harus kamu waspadai, lebih-lebih jika isi tas berbobot sampai berkilo-kilogram.

Menurut dokter jantung dan pembuluh darah Vito Damay, rasa kebas pada tangan atau jari bisa terjadi jika kamu membawa tas dengan cara dicangklongkan di pergelangan tangan, apalagi jika berat.

Loading...

Kondisi tersebut juga sering terjadi pada ibu-ibu yang sibuk menggendong anaknya sehingga tangan serta pundak mengalami tekanan dalam waktu lama.

"Pergelangan tangan kalau tertekan oleh benda berat dalam waktu lama akan membuat saraf meradang," kata Vito dalam laporan Antara sebagaimana dilansir Brilio.net, Minggu (30/6).

Vito melanjutkan bahwa bagian pundak tersambung otot ke kepala. Bila kepala dan leher terasa tegang, bisa jadi karena salah cara membawa tas. Disarankan olehnya untuk mengurangi beban barang bawaan bila memutuskan menggunakan tas model cangklong di pergelangan tangan atau sebelah bahu.

Ransel adalah salah satu solusi bila membawa barang-barang berat, tapi dia mengingatkan untuk memakainya secara benar. Kedua talinya harus disangkutkan ke bahu, tidak boleh cuma sebelah.

Postur tubuh juga menentukan jumlah beban yang bisa dibawa. Pemilik tubuh bongsor cenderung bisa membawa barang yang lebih berat ketimbang pemilik tubuh mungil.

"Cara menentukannya, saat pakai tas pastikan tubuh imbang. Kalau tubuh sampai membungkuk atau punggung tertarik ke belakang berarti terlalu berat," kata dia.