×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Ini alasan nggak boleh mencetin jerawat di telinga!

View Image

0

BRILIO » Kesehatan

Ini alasan nggak boleh mencetin jerawat di telinga!

foto: healcure.org

Selain bisa muncul di wajah dan di punggung, jerawat juga bisa nongol di telinga.

03 / 03 / 2016

Brilio.net - Selain bisa muncul di wajah dan di punggung, jerawat juga bisa nongol di telinga, khususnya di saluran telinga luar. Emang sih nggak terlalu keliatan tapi bakal terasa menyakitkan dan mengganggu sekalinya kamu jerawatan. Nah, kalau udah gini sebaiknya jangan sekali-kali kamu berniat untuk memencet jerawat di telinga.

Meskipun kamu yakin kalau tangan kamu bersih, tapi bisa saja kuku penuh dengan kuman. Ini berarti memencet jerawat bisa menyebarkan bakteri dari tangan ke jerawat. Akibatnya bisa makin infeksi.

Seperti dilansir brilio.net dari livestrong, jerawat di telinga bisa timbul apabila kamu juga mengalami infeksi saluran telinga yang dikenal sebagai otitis eksternal. Jerawat bisa timbul di sekitar daerah yang terinfeksi. Menurut "Merck Manual Home Edition", sebagian besar infeksi otitis eksternal disebabkan karena bakteri dalam saluran telinga.

Namun dalam beberapa kasus, jamur di telinga juga dapat berkontribusi terhadap infeksi. Telinga yang berair, atau terkena semprotan tertentu seperti hair spray, atau kondisi telinga yang terluka akan menyebabkan otitis eksternal. Otitis eksternal dapat menyebabkan ketidaknyamanan atau infeksi yang disebut sebagai furunkulosis.

Menurut "The National Health Service" furunkulosis biasanya ditandai oleh infeksi folikel rambut di saluran telinga. Infeksi ini biasanya menyebabkan jerawat kecil yang merah di saluran telinga, dan dapat menyebabkan rasa sakit yang parah ke telinga kamu.

Loading...

Jerawat ini juga biasanya berisi nanah berwarna keputihan atau kekuningan. Pada kasus yang parah, jerawat furunkulosis ini dapat menyebabkan radang jerawat yang lebih parah seperti bisul. Dalam kondisi seperti itu, kamu mungkin mengalami masalah pendengaran atau dapat menyebabkan gangguan pendengaran sementara.

Tuh, bisa makin parah kan kondisi jerawat di telinga kalau kamu menggaruk bahkan memencetnya. Lebih baik memang kamu biarkan saja kalau semisalnya ada jerawat di telinga. Pasalnya, jerawat di saluran telinga luar akan sembuh sendiri secara alami tanpa pengobatan.

Tapi kalau jerawat belum juga sembuh berminggu-minggu, kamu bisa berkonsultasi secara langsung dengan dokter untuk menemukan perawatan yang tepat.





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    50%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    25%

  • Sedih

    25%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more