×

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google

0

Kesehatan

Game Pokemon Go ternyata baik untuk kesehatan jiwa!

Kamu dijamin kaget jika telah tahu manfaat bermain Pokemon Go.

Karina Ayu Pradita

(brl/fen)

15 / 07 / 2016

Brilio.net - Banyak pro dan kontra yang mengekor atas meledaknya game yang baru-baru ini dirilis oleh Nitendo dan Niantic, yakni Pokemon Go. Meski banyak orang melihat sisi kontra dari game itu, rupanya tak sedikit manfaat yang didapat dari permainan satu ini. Salah satunya memori dan juga kesehatan jiwa terkait nostalgia.

Psikolog Clay Routledge Ph.D merumuskan beberapa poin yang rupanya menjadi alasan Pokemon Go baik untuk kesehatan jiwa terkait nostalgia. Yuk intip ulasannya seperti yang dilansir brilio.net dari psychologytoday.com, Jumat (15/7):

1. Tahun 90-an yang kembali.

foto: ibtimes.com

Pertama-tama Pokemon telah ada sejak 20 tahun yang lalu sehingga mereka yang bermain game dari franchise ini merasa seperti kembali pada tahun 1990-an, dan diberi kesempatan segar untuk meninjau kembali kenangan ini. Orang bisa nostalgia tentang pengalaman dari setiap periode hidup mereka, tetapi kenangan masa kecil dan remaja merupakan sumber yang sangat kuat dari nostalgia itu sendiri.

2. Teknologi baru yang membantu mengakses kenangan lama.

foto: polygon.com

Alasan lain game ini begitu besar peranannya yaitu berkaitan dengan cara baru untuk mengakses nostalgia. Sebelum rilis Pokemon Go, semua game Pokemon yang eksklusif hanya ada di hardware Nintendo. Jadi, ini adalah kesempatan pertama yang diberikan untuk nostalgia kembali ke dunia Pokemon tanpa perlu menggunakan Nintendo atau konsol.

Dengan kata lain, orang-orang yang bermain game ini tidak perlu lagi membutuhkan alat seperti gameboys, dan tinggal menggunakan smartphone mereka. Sama seperti platform media sosial layaknya Memory Box, yang memungkinkan orang untuk berbagi foto-foto lama dengan cara baru, teknologi smartphone ini juga memungkinkan penggemar untuk bermain Pokemon seperti mereka pernah bermain sebelumnya di masa kecil dulu.

3. Tak hanya untuk kalangan tertentu saja.

foto: androidcentral.com

Tak hanya orang dewasa tumbuh dengan Pokemon sepanjang hidupnya yang bisa menikmati permainan Pokemon Go ini. Mereka yang tidak pernah memainkan permainan Pokemon di Nitendo dapat juga meningkatkan memori nostalgia mereka dengan memainkan game Pokemon Go ini. Sebab, Pokemon tak hanya di game saja, tapi juga film animasi, serial, dan layar lebar.

4. Nostalgia adalah suatu hal yang dapat menular.

foto: pcadvisor.co.uk

Ketika orang melihat orang lain begitu bersemangat tentang sesuatu dari masa lalu maka hal itu akan menular dan menyebar dan membuat orang tersebut ikut bernostalgia. Sama seperti ketika kamu melihat teman sebayamu bermain Pokemon Go, dan bernostalgia, bisa dijamin kamu akan ikut memainkannya, dan hal tersebut baik untuk kesehatan memorimu.

 



Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    50%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    25%

  • Sedih

    25%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

RECOMMENDED VIDEO

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE