Brilio.net - Penyakit jantung merupakan salah satu jenis penyakit yang berbahaya. Sebab, jika diabaikan penyakit ini bisa sampai merenggut nyawa seseorang.

Baru-baru ini masyarakat tengah dihebohkan dengan kabar meninggalnya pesinetron muda, Hanna Kirana. Diketahui wanita cantik yang baru berusia 18 tahun tersebut menghembuskan napas terakhirnya akibat mengalami gagal jantung pada Selasa (2/11) pukul 21.00 WIB.

Peristiwa ini tentu mengejutkan para keluarga, sahabat, pacar, hingga warganet. Kepergian Hanna jadi bukti bahwa penyakit ini tak pandang usia.

Dilansir dari data yang dirilis Departemen Kesehatan di laman resminya pada 2014, penyakit jantung menjadi penyebab kematian paling tinggi di Indonesia.

Ada banyak faktor penyebab seseorang mengalami gagal jantung. Misalnya karena faktor tekanan darah tinggi, kadar kolesterol tinggi, faktor keturunan, hingga gaya hidup kurang sehat.

Nah, untuk mengantisipasi penyakit gagal jantung bisa dilakukan dengan berbagai cara. Berikut brilio.net rangkum 5 cara antisipasi gagal jantung dilansir dari Mayoclinic, Kamis (4/11).

1. Rutin olahraga.

Cara antisipasi gagal jantung © Mayoclinic

foto: freepik.com

Olahraga sangat penting bagi kesehatan tubuh. Pasalnya, saat berolahraga tubuh akan mengeluarkan cairan alias keringat hasil pembakaran kalori dalam tubuh. Selain itu, ketika berolahraga denyut jantung akan meningkat dan memompa darah lebih kuat untuk mengedarkan oksigen dalam tubuh. Lakukan olahraga rutin setidaknya seminggu dua kali, agar jantung tetap sehat.

2. Perbaiki pola makan.

Cara antisipasi gagal jantung © Mayoclinic

foto:freepik.com

Penyakit jantung bisa disebabkan oleh timbunan kolesterol jahat dalam tubuh. Untuk itu, imbangi dengan mengonsumsi makanan sehat dan jaga porsi makan agar tidak berlebihan. Hindari makan atau ngemil di tengah malam. Sebab, itu akan menimbun lemak yang tak baik dalam tubuh.

3. Rajin mengonsumsi buah dan sayur.

Cara antisipasi gagal jantung © Mayoclinic

foto: freepik.com

Berikutnya, konsumsi makanan buah dan sayur. Seperti yang diketahui, sayur dan buah mengandung serat dan vitamin yang baik untuk tubuh. Untuk menunjang kesehatan jantung konsumsi buah-buahan yang dapat menurunkan kadar kolestrol seperti beri, alpukat, pisang, dan apel.

4. Minimalisasi asupan lemak jahat.

Cara antisipasi gagal jantung © Mayoclinic

foto: freepik.com

Lemak jahat yang berlebih dapat menimbulkan beragam penyakit kronis. Salah satunya penyakit jantung. Untuk itu hindari asupan makanan yang mengandung lemak jahat, seperti gorengan. Serta saat memasak batasi pemakaian garam dan gula.

5. Jaga tubuh agar ideal.

Cara antisipasi gagal jantung © Mayoclinic

foto: freepik.com

Obesitas atau kelebihan berat badan cenderung beresiko mengidap berbagai penyakit, termasuk gagal jantung. Jaga tubuh untuk tetap ideal agar tubuh tetap terasa bugar dan fresh. Banyak hal yang bisa dilakukan untuk menjaga tubuh tetap ideal, diantaranya diet sehat, olahraga dan mengonsumsi banyak air putih.