Brilio.net - Mengalami luka bakar merupakan kejadian yang harus segera ditangani. Biasanya, banyak orang yang melakukan penanganan pertama saat mengalami luka bakar adalah memberikan pasta gigi ke bagian yang terkena luka bakar untuk meredam sakitnya.

Namun tau kah kamu, bahwa menggunakan pasta gigi untuk menyembuhkan luka bakar tidak memiliki efek apapun. Hal itu pula disampaikan oleh drg. Ratu Mirah Afifah. Ia mengatakan lebih baik hal tersebut tidak dilakukan.

"Jadi sebenernya, kalau pasta gigi bukan untuk mengobati luka, sama sekali tidak dianjurkan," katanya saat ditemui media belum lama ini.

Mirah juga menambahkan bahwa pasta gigi berbahaya jika dioleskan pada kulit yang terbakar dan permukaan bibir, karena pasta gigi yang memiliki kandungan seperti calcium carbonate, potassium citrate dan sebagainya hanya cocok untuk membersihkan kotoran pada gigi.

Jika kandungan-kandungan yang ada pada pasta gigi digunakan selain pada gigi akan menyebabkan iritasi atau memperparah kondisi kulit yang terbakar.

Loading...

"Sesuai fungsinya, pasta gigi ya untuk membersihkan kotoran di gigi, bukan untuk yang lain," pungkasnya.