Brilio.net - Buah jeruk memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Salah satunya adalah untuk kesehatan mata kita. Memakan satu buah jeruk sehari dapat mengurangi risiko kebutaan mata setidaknya 60 persen.

Dilansir brilio.net dari thedailynet.com pada Senin (19/11), penelitian terbaru dari University of Sydney menemukan bahwa orang yang makan jeruk sekali sehari, atau bahkan seminggu sekali, 60 persen lebih kecil kemungkinannya untuk mengalami degenerasi makula yakni penurunan penglihatan pusat karena usia.

jeruk mata instagram
foto: Instagram/@mangan_opo

Kondisi yang disebut degenerasi makula terkait usia (AMD) dapat mempengaruhi penglihatan sentral, dan mencegah orang agar dapat melihat objek dengan jelas ke depan.

Profesor Bamini Gopinath, penulis utama studi dari University of Sydney menjelaskan bahwa data menunjukkan bahwa flavonoid yang ditemukan pada jeruk muncul untuk membantu melindungi terhadap penyakit. Flavonoid adalah antioksidan kuat yang ditemukan di hampir semua buah dan sayuran, dan mereka memiliki manfaat anti inflamasi yang penting untuk sistem kekebalan tubuh.

jeruk mata instagram
foto: Ilustrasi Pixabay

Meskipun flavonoid ada dalam berbagai sumber makanan, termasuk apel, kacang-kacangan, teh, kedelai, anggur merah, dan berbagai buah lainnya. Hanya antioksidan yang ada dalam jeruk tampaknya lebih efektif dalam mencegah kehilangan penglihatan karena AMD. Menurut Gopinath, penelitian kali ini berbeda dari sebelumnya karena kali ini lebih fokus meneliti hubungan antara flavonoid dan degenerasi makula.

Studi ini meneliti lebih dari 2.037 orang yang rata-rata berusia sekitar 49 tahun selama masa waktu 15 tahun. Para peneliti menilai kebiasaan diet peserta melalui kuesioner makanan dan menemukan bahwa orang yang makan jeruk lebih terisolasi terhadap risiko AMD daripada orang yang tidak pernah makan buah.

jeruk mata instagram
foto: Ilustrasi Pixabay

Gopinath mengungkapkan memakan jeruk seminggu sekali memiliki manfaat yang signifikan. Langkah selanjutnya yang ingin dilakukan para peneliti dalam penelitian ini adalah memeriksa penyebab genetik dan lingkungan dari berbagai penyakit mata.

Jadi saat kamu berada di toko buah atau supermarket, jangan lupa membeli beberapa buah jeruk ya?