×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
9 Manfaat seledri untuk kesehatan, mencegah peradangan kronis

View Image

0

BRILIO » Kesehatan

9 Manfaat seledri untuk kesehatan, mencegah peradangan kronis

foto: slavklin.ru

Cewek-cewek juga perlu baca nih.. Obat ampuh buat menstruasi lho!

19 / 02 / 2019 22:22

Brilio.net - Seledri tentunya sudah tidak asing lagi buat kamu, ya kan? Memiliki aroma yang khas dan banyak disukai, seledri merupakan jenis tanaman berbentuk rumput, berakar tunggang dengan banyak akar samping yang dangkal.

Tanaman satu ini berkalori sangat tinggi. Di Indonesia sendiri, tanaman ini digunakan sebagai tanaman sayur penyegar minor, sedangkan di luar negeri termasuk golongan bahan salad yang kedua setelah selada.

Dianggap sebagai tanaman paling kaya nutrisi, pastinya seledri memiliki keunggulan tersendiri di dunia kesehatan. Seledri memang mengandung magnesium dan kalium serta memiliki banyak vitamin A, B, C, dan K. Salah satu yang sudah tidak asing lagi adalah seledri mampu mengurangi kalori yang artinya mampu membakar banyak kalori.

Seledri berbeda dari sayuran lain, di mana semua bagian seledri dapat dikonsumsi. Sayuran tinggi manfaat ini dapat dinikmati dengan berbagai cara dan dapat meningkatkan rasa pada makanan.

Nah, terlepas dari rasa dan perannya di dapur, seledri ternyata juga memiliki manfaat yang cukup baik untuk menjaga kesehatan tubuh seseorang. Dengan mengonsumsi seledri secara rutin, dipercaya mampu menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Apa saja manfaatnya?

Loading...

Berikut 9 manfaatnya seperti dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Selasa (19/2).

1. Menurunkan berat badan.

Manfaat seledri untuk kesehatan istimewa

foto: recetasparaadelgazar.com

Jika kamu sedang dalam proses menurunkan berat badan, maka seledri adalah pilihan tepat untuk menjalankan diet. Kamu bisa mengonsumsi seledri secara utuh, termasuk tangkainya yang memiliki kandungan 15 kalori di dalamnya. Tak hanya itu saja, kemampuannya menyediakan nutrisi penting dan membantu mengatur metabolisme lemak (lemak) bisa menjadi makanan pilihan saat kamu sedang ingin menurunkan berat badan.

2. Menjaga kesehatan mulut.

Manfaat seledri untuk kesehatan istimewa

foto: moresmilesofbeverly.com

Jika kamu mengalami napas tak segar, mengonsumsi seledri adalah solusi terbaik. Pasalnya mulut sangat rentan terhadap bakteri yang menyebabkan napas menjadi bau karena sisa-sisa makanan yang terjebak di gusi dan gigi. Untuk mengatasinya kamu cukup mengunyah seledri dan napasmu bisa kembali segar. Seledri sangat mujarab untuk mengeluarkan sisa-sisa makanan yang menempel.

3. Mencegah peradangan kronis.

Manfaat seledri untuk kesehatan istimewa

foto: easyhealthoptions.com

Peradangan kronis kerap dikaitkan dengan penyebab penyakit lainnya, termasuk jantung, kanker, osteoporosis dan radang sendi. Untuk mencegahnya, kamu bisa rutin mengonsumsi seledri, karena terdapat kandungan antioksidan dan polisakarida yang dikenal sebagai anti-inflamasi, terutama antioksidan flavonoid dan polifenol.

Para peneliti bahkan telah melakukan pengujian mengidentifikasi lebih dari selusin jenis antioksidan yang bekerja dalam seledri, termasuk asam fenolik seperti asam caffeic dan asam ferulic.

4. Anti-penuaan.

Manfaat seledri untuk kesehatan istimewa

foto: medicalnewstoday.com

Seperti yang diketahui bahwa seledri mengandung banyak manfaat serta sangat tinggi vitamin. Salah satunya adalah vitamin E yang dapat mencegah penuaan dengan cara membantu menjaga kulit tetap lembap. Tak hanya itu saja, antioksidan dalam seledri membantu melindungi kulit dari zat berbahaya yang dapat menyebabkan penuaan kulit.

5. Menjaga kesehatan mata.

Manfaat seledri untuk kesehatan istimewa

foto: hindustantimes.com

Di dalam seledri terkandung vitamin A yang sangat baik untuk kesehatan mata. Jika kamu mengonsumsi seledri secara rutin, maka sangat membantu dalam mengatasi mata kering dan melindungi kornea.

6. Mencegah infeksi saluran kemih.

Manfaat seledri untuk kesehatan istimewa

foto: timesofindia.indiatimes.com

Jika kamu mengalami masalah dengan saluran kemih, kamu bisa mengonsumsi seledri. Pasalnya seledri dapat membantu mencegah infeksi hingga masalah ginjal. Tak perlu mengonsumsi obat kimia lagi karena bahan alami seperti ini sudah terbukti manjur.

7. Meredakan stres.

Manfaat seledri untuk kesehatan istimewa

foto: strandonthegreendental.com

Seledri ternyata mengandung magnesium sehingga dapat bekerja untuk menenangkan sistem saraf manusia. Jika hal ini sudah berhasil kamu lakukan dengan rutin mengonsumsi seledri, tinggal kamu perlu mengubah pola hidup saja. Cara mudahnya dengan memilih makanan sehat serta memperbaiki pola tidur.

8. Mengurangi kolesterol.

Manfaat seledri untuk kesehatan istimewa

foto: aspenspecialtyfoods.com

Seledri mengandung potasium yang cukup tinggi yang sangat manjur mengurangi kolesterol. Tak hanya itu saja, seledri mengandung phthalides yang dapat membantu mengendurkan otot-otot sekitar arteri. Rajin mengonsumi seledri secara rutin, maka kamu akan terhindar dari kolesterol.

9. Mengurangi gejala menstruasi.

Manfaat seledri untuk kesehatan istimewa

foto: healthywomen.org

Anethole fitokimia dalam seledri membantu mengatasi gejala yang dapat terjadi selama menstruasi. Gejala tersebut seperti, kembung, sakit kepala dan sakit perut. Saat kamu mengalami hal-hal itu, kamu bisa mengonsumsi seledri. Bisa dimakan secara langsung ataupun dijus.







Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more