Brilio.net - Pepaya merupakan salah satu buah yang dapat kita temui dengan mudah di banyak tempat, mulai dari pasar tradisional hingga pasar swalayan. Bahkan tanaman pepaya ini banyak dijumpai di pekarangan rumah warga. Pasalnya buah ini sangat enak dan dapat dinikmati dalam segala suasana. Dari bunganya, daunnya, buahnya yang belum matang dan buahnya yang sudah matang dapat dinikmati menjadi sajian yang nikmat.

Selain harganya terjangkau, buah ini memiliki rasa manis serta teksturnya lembut. Biasanya buah pepaya dikenal sebagai obat paling ampuh adalah untuk melancarkan pencernaan dan BAB.

Namun rupanya belum banyak yang tahu, selain daging buahnya kaya akan vitamin dan mineral, biji pepaya juga memiliki manfaat untuk kesehatan lho! Ya manfaat biji pepaya belum banyak diketahui oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Selama ini mungkin kita lebih suka menikmati daging buahnya saja, hingga mengabaikan biji pepaya, yang sebenarnya juga memiliki manfaat tersembunyi. Biji pepaya yang memiliki selaput kulit tipis yang licin terkenal pula sebagai bahan obat tradisional.

Biji buah pepaya atau Carica papaya L. secara tradisional dimanfaatkan sebagai obat karena mengandung asam-asam lemak berkhasiat, seperti asam oleat, asam palmitat, asam linoleate, dan asam stearat. Nah penasaran manfaat apa saja yang bisa kamu peroleh dari biji pepaya ini?

Yuk simak lebih lanjut, berikut brilio.net telah rangkum dari berbagai sumber 9 manfaat biji pepaya untuk kesehatan yang jarang diketahui.

1. Melindungi kesehatan ginjal.

Manfaat biji pepaya © 2020 brilio.net freepik.com

foto: freepik.com

Salah satu manfaat biji pepaya yang pertama adalah meningkatkan dan menjaga fungsi ginjal. Seperti yang telah diketahui, ginjal berfungsi untuk menyaring cairan dari dalam tubuh, baik yang masih dibutuhkan maupun yang tidak dibutuhkan lagi.

Manfaat biji pepaya signifikan dalam meningkatkan kesehatan ginjal, dan bahkan dapat mencegah terjadinya gagal ginjal. Tidak hanya itu, manfaat biji pepaya dipercayai bisa mengatasi segala gangguan yang terjadi pada ginjal. Hal ini juga disebabkan kandungan antioksidan yang terdapat dalam biji buah pepaya dapat menghambat kerusakan sel sel ginjal, yang bermanfaat untuk kesehatannya.

2. Menjaga kesehatan sistem pencernaan.

Manfaat biji pepaya © 2020 brilio.net freepik.com

foto: freepik.com

Manfaat biji pepaya selanjutnya adalah menjaga kesehatan pencernaan. Sama dengan daging buahnya, biji pepaya juga merupakan sumber serta yang baik untuk tubuh.

Sedangkan asupan serat memiliki peran penting untuk menjaga kesehatan pencernaan. Hal ini menyebabkan pencernaan kamu menjadi lancar. Selain itu kamu juga dapat terhindar dari sembelit. Enzim pencernaan dalam jumlah yang besar terkandung di dalam manfaat biji pepaya merupakan faktor utama dalam mengatasi masalah pencernaan.

Manfaat biji pepaya yang kamu konsumsi juga dapat menghindari penyakit seperti radang usus, hingga menurunkan gejala wasir. Bahkan dalam pepaya yang belum matang sekalipun terdapat enzim papain yang sangat penting untuk pencernaan protein.

3. Membunuh bakteri jahat.

Manfaat biji pepaya © 2020 brilio.net freepik.com

foto: freepik.com

Ekstrak dari biji pepaya akan membantu menyerang berbagai bakteri jahat seperti Escherichia Coli, Staphylococcus, dan Salmonella, yang ada dalam sistem pencernaan kamu. Hal ini merupakan manfaat biji pepaya selanjutnya. Tidak memerlukan jumlah yang banyak, dengan hanya beberapa butir biji pepaya saja, dapat membunuh bakteri-bakteri tersebut.

Selain itu, manfaat biji pepaya juga dapat digunakan dan manjur untuk menangkal berbagai infeksi karena virus. Hal ini menyebabkan biji pepaya sangat ampuh dalam menyembuhkan orang ketika keracunan makanan. Bahkan, manfaat biji pepaya juga dapat digunakan untuk menyembuhkan berbagai penyakit berat. Contohnya saja penyakit seperti demam berdarah, tifus, dan lain sebagainya.

4. Membunuh parasit jahat.

Manfaat biji pepaya © 2020 brilio.net freepik.com

foto: freepik.com

Manfaat biji pepaya untuk kesehatan berikutnya ialah mampu membunuh parasit jahat, terutama amoeba yang tinggal di usus. Hal ini didukung oleh senyawa alkaloid dari biji pepaya, yang bernama karpain dan kandungan enzim proteolitiknya yang cukup tinggi.

Konsumsi jus biji pepaya teratur segelas setiap hari selama seminggu, bisa mengobati akibat sakit yang ditimbulkan parasit tubuh hingga 75 persen.Minum ekstrak biji pepaya kering bersama dengan madu, efektif membunuh parasit jahat dan jamur yang bersarang di usus.

5. Mengatasi jerawat.

Manfaat biji pepaya © 2020 brilio.net freepik.com

foto: freepik.com

Selain buah pepaya yang bisa dimanfaatkan sebagai masker wajah pembunuh jerawat, ternyata biji pepaya juga memiliki khasiat yang sama. Manfaat biji pepaya untuk kesehatan untuk mengatasi jerawat cara mengolahnya saja yang berbeda.

Pertama, kamu tumbuk halus biji pepaya kering dan daun pepaya. Setelah membentuk pasta, oleskan pada kulit yang berjerawat atau wajah. Ramuan herbal buatan kamu ini akan membantu memperbaiki jaringan kulit dan mengatasi jerawat tanpa efek samping.

6. Meringankan nyeri otot.

Manfaat biji pepaya © 2020 brilio.net freepik.com

foto: freepik.com

Manfaat biji pepaya untuk kesehatan berikutnya bisa kamu peroleh dengan mengonsumsinya satu sendok sehari, yakni meringankan nyeri otot. Hal ini karena biji pepaya juga memiliki sifat antiinflamasi. Selain itu, biji pepaya juga mengandung enzim papain dan chymopapain yang mampu mengatasi masalah nyeri sendi, asam urat, bengkak, arthritis, hingga asma.

7. Mencegah kanker.

Manfaat biji pepaya © 2020 brilio.net freepik.com

foto: freepik.com

Manfaat biji pepaya untuk kesehatan selanjutnya mampu mengurangi risiko tumbuhnya sel kanker. Dengan mengandung nutrisi dan antioksidan dalam jumlah yang sangat banyak, membuat biji pepaya memiliki sifat antikanker.

Selain itu, salah satu zat yang dikandung oleh biji pepaya yaitu isotiosianat, dapat menghentikan pertumbuhan sel sel kanker dan tumor. Penderita kanker seperti, kanker usus besar, kanker payudara, kanker paru-paru, leukemia dan kanker prostat sangat memerlukan kandungan yang terdapat dalam biji pepaya ini.

8. Menjaga hati tetap sehat.

Manfaat biji pepaya © 2020 brilio.net freepik.com

foto: pixabay.com

Manfaat biji pepaya untuk kesehatan berikutnya ialah mampu menyembuhkan sirosis atau kerusakan hati kronis. Mengonsumsi biji pepaya, tentunya berperan menjaga kondisi hati bisa bekerja dengan normal.Biji pepaya menjadi detoks bagi organ hati. Cara mengolah biji pepaya sangat mudah, tumbuk halus 6 biji pepaya kering. Lalu tambahkan pada makanan atau minumanmu.

Itulah beberapa manfaat biji pepaya untuk kesehatan sebagai pencegahan dan pengobatan sakit tertentu. Pastikan mengonsumsi dengan kadar yang tepat. Bisa pula biji pepaya dimakan langsung tanpa dikunyah, cukup dibantu air putih layaknya minum obat.