Brilio.net - Pernah dengar anyang-anyangan? Anyang-anyangan adalah suatu kondisi di mana rasa tidak nyaman atau nyeri saat buang air kecil. Ini disebabkan karena infeksi saluran kemih. Ada yang bilang jika minum air mentah atau menahan buang air kecil bisa membuat kamu anyang-anyangan juga. Jadi jangan pernah sepelekan untuk memahan pipis ya.

Pasti tak nyaman kan, kalau kamu harus bolak-balik ke kamar mandi karena buang air kecil tak lancar atau hanya sedikit-sedikit? Hal ini biasanya terjadi beberapa kali dalam jangka waktu dekat. Tentu saja anyang-anyangan sangat mengganggu, apalagi kalau kamu sedang melakukan aktivitas di luar rumah.

Alternatifnya mencari antibiotik ke apotek sering dilakukan karena tak ingin terlalu lama menderita. Tapi kamu bisa loh mengikuti beberapa tips ini. Berikut beberapa tips mudah yang bisa kamu lakukan untuk atasi anyang-anyangan, seperti dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, Kamis (25/7).

1. Banyak minum air putih.

Tips atasi anyang-anyangan © 2019 brilio.net

Loading...

foto: pixabay

Saat kamu terkena infeksi kandung kemih, kamu dapat minum air putih dalam jumlah yang banyak karena air putih akan membantu menjaga urin tetap encer dan mengurangi rasa nyeri.

Selain itu minum air putih dapat juga membantu mengeluarkan bakteri penyebab infeksi memalui urin, demikian menurut National Institute of Diabetes and Digestive Kidney Diseases (NIDDk).

2. Kompres dengan air panas.

Tips atasi anyang-anyangan © 2019 brilio.net

foto: pixabay

Mengompres dengan air panas bisa dilakukan menggunakan handuk atau botol yang diisi air panas. Kamu bisa menerapkannya langsung ke kulit di sekitar bawah perut. Pengompresan ini bisa dilakukan selama maksimal 15 menit untuk menghindari luka bakar.

3. Terus berkemih.

Tips atasi anyang-anyangan © 2019 brilio.net

foto: pixabay

Setiap kamu berkemih, ada bakteri yang terus keluar bersama urin. Jadi banyaklah minum dan berkemih agar banyak bakteri yang keluar.

4. Hindari minuman yang mengiritasi.

Tips atasi anyang-anyangan © 2019 brilio.net

foto: unsplash

Minuman berkafein dan beralkohol tidak begitu baik untuk tubuh manusia. Kafein seperti kopi, teh dan alkohol dapat menumpuk di urin, yang dapat menambah rasa sakit saat kamu menderita anyang-anyangan. Ini akan membuat infeksi sehingga semakin sulit untuk sembuh.

5. Mengonsumsi vitamin C.

Tips atasi anyang-anyangan © 2019 brilio.net

foto: pixabay

Vitamin C memang sangat penting bagi tubuh kamu, apalagi jika sedang anyang-anyangan makanan yang mengandung vitamin C dapat membuat urin menjadi lebih asam sehingga pertumbuhan bakteri terhambat.

6. Minum jus bluberi.

Tips atasi anyang-anyangan © 2019 brilio.net

foto: unsplash

Jus ini salah satu perawatan alami yang paling manjur untuk membantu membersihkan infeksi dan mempercepat waktu pemulihan anyang-anyangan.

Jus bluberi mengandung senyawa yang dapat mencegah bakteri E. coli yang menempel pada sel-sel di saluran kemih. Antioksidan dalam kandungan bluberi juga baik untuk sistem kekebalan.

7. Hidup sehat.

Tips atasi anyang-anyangan © 2019 brilio.net

foto: unsplash

Perubahan gaya hidup lebih sehat dan bersih adalah hal yang paling penting karena bisa meredakan infeksi saluran kemih. Biasakan membersihkan kemaluan atau cebok dari arah depan ke belakang, terutama saat buang air besar, agar bakteri tidak masuk ke dalam uretra. Tak lupa juga agar mengeringkan dengan tisu.