Brilio.net - Penampilan merepresentasikan pribadi bahkan usia seseorang. Pandangan ini merujuk pada fisik hingga warna rambut. Biasanya rambut hitam berkilau dipandang orang dengan menandakan bahwa orang tersebut masih muda. Sebaliknya orang dengan rambut putih beruban dipandang sudah tua. Padahal bagaimana jika uban di rambut kamu muncul sejak dini?

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa munculnya uban di usia muda dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti genetik, seperti kekurangan gizi, salah penggunaan sampo, kekurangan vitamin dan juga stres. Hal ini tidak hanya mengkhawatirkan tapi juga dapat memunculkan ketidakpercayaan diri bagi kamu yang masih muda. Sebagian orang memilih untuk mencabutnya, padahal itu dapat membuat iritasi kulit kepala.

Tren saat ini yang terkadang mereka lakukan dengan mengambil solusi cepat tanpa memperhatikan efek samping, seperti mengecat/menyemir rambut dengan cat berbahan kimia yang tidak sehat untuk kulit rambut. Untuk kamu yang ingin mengatasi uban secara alami, bisa mencoba dengan bahan-bahan alami seperti di bawah ini.

Penasaran apa saja? Berikut 10 cara alami untuk mengatasi uban di usia muda, seperti dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Rabu (10/7).

1. Minyak kelapa.

Loading...

uban usia muda  berbagai sumber

foto: pixabay

Uban atau rambut putih biasanya bertekstur kasar tebal. Minyak kelapa dengan sifat melembapkan dapat memperlancar sirkulasi darah di kulit kepala.

Minyak mengandung biotin, uap air, dan ekstrak lain yang membantu merawat rambut dalam mengurangi kehilangan protein dari rambut beruban dan membuatnya lembut.

2. Lidah buaya.

uban usia muda  berbagai sumber

foto: pixabay

Lidah buaya sangat mudah ditemui di mana saja. Lidah buaya banyak digunakan bersama dengan pewarna alami untuk mewarnai rambut tanpa merusak korteksnya. Ini dapat meningkatkan efek pewarnaan dari pewarna alami.

3. Teh hitam.

uban usia muda  berbagai sumber

foto: pixabay

Teh hitam menutrisi kembali rambut dengan antioksidan dan membantu menghambat pertumbuhan rambut putih. Cara ini juga membantu menghitamkan warna rambut serta membuat rambut berkilau.

4. Kopi hitam.

uban usia muda  berbagai sumber

foto: pixabay

Kopi hitam juga sering digunakan untuk keperluan pewarnaan rambut karena efek pewarnaannya. Oleh karena itu, kopi dapat membantu menghilangkan rambut beruban.

5. Gambas/oyong.

uban usia muda  berbagai sumber

foto: pixabay

Sayuran ini berfungsi sebagai tonik yang membantu memberikan folikel dan pigmen rambut. Cara merendamnya dengan minyak kelapa dan dipijatkan ke kulit kepala hingga akar. Bahan ini membantu memperbaiki akar rambut dam mengembalikan warna pigmen alami rambut.

6. Daun kari/salam koja.

uban usia muda  berbagai sumber

foto: unsplash

Salam koja atau disebut juga daun kari ini biasanya digunakan untuk tambahan penyedap kari. Ekstrak daun kari dapat membantu menutrisi rambut dan mencegah rambut beruban prematur pada anak-anak maupun orang dewasa.

Daun kari membantu memulihkan pigmen melanin di folikel rambut kamu. Daun ini kaya vitamin B yang membantu pertumbuhan rambut vital dan vitamin pigmentasi.

7. Bubuk pacar air.

uban usia muda  berbagai sumber

foto: pixabay

Dengan mengeringkan daun pacar, menumbuk dan melarutkan dalam air dapat membantu menghitamkan rambut. Namun para dokter menyarankan ketika menggunakan pacar air untuk menyemir rambut, hendaknya dicampur dengan zat asam, karena zat pewarna yang terkandung tidak dapat menyemir bagian tengah secara merata. Oleh karena itu lebih baik dicampur dengan cuka atau jeruk nipis.

8. Urang-aring.

uban usia muda  berbagai sumber

foto: Instagram/@urangaringplg

Urang-aring mampu membantu meremajakan dan memelihara rambut. Penggunaan urang-aring secara teratur membuat rambut menjadi hitam dan tebal.

9. Bunga kembang sepatu.

uban usia muda  berbagai sumber

foto: pixabay

 Masker dengan bunga kembang sepatu ini membantu memperkuat dan memelihara folikel rambut. Serta menjaga kesehatan kulit kepala dan meningkatkan pertumbuhan rambut yang sehat. Ini membantu mencegah rambut beruban prematur dan juga membuatnya bisa diatur.

10. Daun sage.

uban usia muda  berbagai sumber

foto: pixabay

Daun sage pewarna rambut alami yang menjaga rambut kamu tidak beruban. Dalam beberapa kasus, daun sage ini juga membantu mengembalikan pigmen hingga ke akar uban.