Brilio.net - Memiliki perut buncit tentu menjadi permasalahan yang kerao dialami oleh banyak orang. Ketika mengalamu masalah ini, tentunakan merasa tidak leluasa dalam bergerak dan juga penampilan yang tidak menarik. Tak heran bila banyak orang yang rela melakukan berbagai macam cara untuk mengecilkan perut.

Namun, mengecilkan lemak di perut memang bukan hal yang mudah. Butuh keseriusan dan juga konsistensi untuk mendapatkan hasil yang diingkan.

Salah satu cara yang dilakukan adalah dengan berolahraga. Ada beberapa jenis olahraga yang terbukti bisa mengecilkan perut dan tentu saja lebih aman dibanding harus mengonsumsi obat-obatan penurun berat badan.

Olahraga apa saja yah? Berikut ulasannya seperti dilansir brilio.net dari bebagai sumber, Jumat (12/2).

1. Jogging.

Loading...

Cara mengecilkan perut © 2021 brilio.net

foto: pixabay

Jogging atau lari santai merupakan olahraga praktis, mudah dan murah. Nggak hanya praktis, jogging juga termasuk olahraga yang dinilai efektif untuk membakar lemak perut, lho!

Disarankan melakukan olahraga ini selama 20-30 menit, setiap 3-4 kali seminggu untuk mengecilkan perut buncit. Selama jogging kamu juga bisa mengukur kecepatan lari hingga jarak melalui fitur yang ada di smartphone atau smartwatch. Dengan begitu kamu bisa melihat perkembangan olahraga kamu setiap harinya.

2. Sit Up.

Cara mengecilkan perut © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@james.tang20

Latihan sit-up dapat memperkuat dan mengencangkan otot perut. Caranya, berbaringlah di lantai dalam posisi telentang dengan lutut ditekuk, lalu angkat badan ke arah lutut sambil menghembuskan napas dan perlahan turunkan kembali ke lantai sambil menarik napas. Lakukan gerakan sebanyak 10 kali (1 set), dan ulangi hingga 2-3 set per hari.

Biar makin semangat kamu bisa coba dengerin musik dengan earphone bluetooth. Teknologi bluetooth terbaru juga mendukung koneksi dengan smartphone yang lebih stabil. Ada juga fitur Noise Canceling yang bisa meredam suara dari luar earphone dengan baik.

3. Yoga.

Cara mengecilkan perut © 2021 brilio.net

foto: pixabay

Walau cenderung statis, yoga dan pilates efektif membakar lemak, lho. Berdasarkan studi terungkap orang yang berlatih yoga selama 90 menit dalam sepekan mampu mengurangi ukuran lingkar pinggang hingga 3,8 cm.

Selain membakar kalori, yoga bisa meningkatkan sugesti untuk tidak mengonsumsi makanan yang tak menyehatkan, mengontrol makan berlebih, dan memahami waktu lapar.

4. Zumba.

Cara mengecilkan perut © 2021 brilio.net

foto: pixabay

Menari adalah seni yang dapat membakar energi. Kalau suka dance, kamu bisa coba olahraga zumba, nih, buat ngecilin perut. Sebuah studi mencatat bahwa berlatih zumba selama 39 menit mampu membakar 300-368 kalori dalam tubuh.

Gerakan Zumba melibatkan seluruh anggota tubuh, sehingga perut sebagai salah satu tumpuan beban dan banyak bergerak akan terdampak cukup banyak.

5. Jumping jacks.

Cara mengecilkan perut © 2021 brilio.net

foto: pixabay

Jumping Jacks merupakan gerakan melompat dengan membuka dua kaki ke samping. Kamu bisa melakukan gerakan ini selama 60 detik secara rutin setiap harinya.

6. Squat.

Cara mengecilkan perut © 2021 brilio.net

foto: pixabay

Gerakan squat memang susah-susah gampang. Untuk cara yang gampang kamu bisa melakukan gerakan squat dengan cara membuka kaki kemudian turunkan tubuh ke posisi squat dengan kedua tangan menyilang seraya memegang bahu. Tahan posisi tersebut selama 30-60 detik kemudian perlahan berdiri tegak. Lakukan sebanyak 3 kali.

7. Bersepeda.

Cara mengecilkan perut © 2021 brilio.net

foto: pixabay

Bersepeda jadi salah satu kegiatan yang sedang tren akhir-akhir ini. Bersepeda juga bisa mengecilkan perut loh. Bahkan menurut penlitian dari Harvard Helath, bersepeda selama 30 menit dapat membakar hingga 260 kalori.