Brilio.net -Olahraga memiliki beragam manfaat bagi tubuh, mulai dari menjaga kebugaran tubuh, mengurangi potensi penyakit kronis, hingga meredakan stres. Selain manfaat tersebut, olahraga juga kerap dilakukan oleh orang-orang yang tengah melakukan diet.

Saat ini, orang-orang yang melakukan diet tak hanya ingin menurunkan berat badan saja, tetapi bisa fokus untuk memperbaiki postur tubuh, serta membesarkan atau mengecilkan bagian tubuh tertentu. Ada sebagian orang yang ingin mengencangkan atau memperbesar otot, namun banyak pula yang fokus untuk mengecilkan bagian tubuh seperti perut.

Perut menjadi bagian tubuh yang ingin dikecilkan banyak orang karena terlihat lebih indah dan bisa fit dengan berbagai busana. Nah, berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Selasa (29/6), inilah jenis-jenis olahraga yang efektif untuk mengecilkan perut.

1. Joging.

olahraga mengecilkan perut © 2021 brilio.net

foto: pexels.com

Joging atau lari santai merupakan olahraga praktis, mudah dan murah. Nggak hanya praktis, joging juga termasuk olahraga yang dinilai efektif untuk membakar lemak perut, lho! Disarankan melakukan olahraga ini selama 20-30 menit, setiap 3-4 kali seminggu untuk mengecilkan perut buncit.

Selama joging kamu juga bisa mengukur kecepatan lari hingga jarak melalui fitur yang ada di smartphone atau smartwatch. Dengan begitu kamu bisa melihat perkembangan olahraga kamu setiap harinya.

2. Sit Up.

olahraga mengecilkan perut © 2021 brilio.net

foto: pexels.com

Latihan sit-up dapat memperkuat dan mengencangkan otot perut. Caranya, berbaringlah di lantai dalam posisi telentang dengan lutut ditekuk, lalu angkat badan ke arah lutut sambil menghembuskan napas dan perlahan turunkan kembali ke lantai sambil menarik napas.

Lakukan gerakan sebanyak 10 kali (1 set), dan ulangi hingga 2-3 set per hari. Biar makin semangat kamu bisa coba dengerin musik dengan earphone bluetooth. Teknologi bluetooth terbaru juga mendukung koneksi dengan smartphone yang lebih stabil. Ada juga fitur Noise Canceling yang bisa meredam suara dari luar earphone dengan baik.

3. Yoga.

olahraga mengecilkan perut © 2021 brilio.net

foto: pexels.com

Walau cenderung statis, yoga dan pilates efektif membakar lemak, lho. Berdasarkan studi terungkap orang yang berlatih yoga selama 90 menit dalam sepekan mampu mengurangi ukuran lingkar pinggang hingga 3,8 cm. Selain membakar kalori, yoga bisa meningkatkan sugesti untuk tidak mengonsumsi makanan yang tak menyehatkan, mengontrol makan berlebih, dan memahami waktu lapar.

4. Zumba.

olahraga mengecilkan perut © 2021 brilio.net

foto: pexels.com

Menari adalah seni yang dapat membakar energi. Kalau suka dance, kamu bisa coba olahraga zumba, nih, buat ngecilin perut. Sebuah studi mencatat bahwa berlatih zumba selama 39 menit mampu membakar 300-368 kalori dalam tubuh. Gerakan Zumba melibatkan seluruh anggota tubuh, sehingga perut sebagai salah satu tumpuan beban dan banyak bergerak akan terdampak cukup banyak.

5. Jumping jacks.

olahraga mengecilkan perut © 2021 brilio.net

foto: pexels.com

Jumping Jacks merupakan gerakan melompat dengan membuka dua kaki ke samping. Kamu bisa melakukan gerakan ini selama 60 detik secara rutin setiap harinya.

6. Squat.

olahraga mengecilkan perut © 2021 brilio.net

foto: pexels.com

Gerakan squat memang susah-susah gampang. Untuk cara yang gampang kamu bisa melakukan gerakan squat dengan cara membuka kaki kemudian turunkan tubuh ke posisi squat dengan kedua tangan menyilang seraya memegang bahu. Tahan posisi tersebut selama 30-60 detik kemudian perlahan berdiri tegak. Lakukan sebanyak 3 kali.

7. Bersepeda.

olahraga mengecilkan perut © 2021 brilio.net

foto: pexels.com

Bersepeda jadi salah satu kegiatan yang sedang tren akhir-akhir ini. Bersepeda juga bisa mengecilkan perut loh. Bahkan menurut penlitian dari Harvard Helath, bersepeda selama 30 menit dapat membakar hingga 260 kalori.

8. Toe reaches

olahraga mengecilkan perut © 2021 brilio.net

foto: YouTube/The Dad Habits

Toe reaches merupakan salah satu gerakan workout untuk mengecilkan dan mengencangkan otot perut yang cocok bagi para pemula. Dikutip dari healthline.com, berikut cara melakukan toe reaches:
- Pertama, baringkan tubuh di tempat datar, lalu angkat kaki hingga membentuk sudut 90 derajat.
- Ketika mengangkat kaki, pastikan bagian perut bawah ikut bekerja dan merasakan beban.
- Jangkaulah jari kaki dengan kedua tangan, kemudian tahan hingga 1-2 detik.
- Lakukan gerakan ini secara berulang sebanyak 12-18 kali.

9. Side planks

olahraga mengecilkan perut © 2021 brilio.net

foto: YouTube/Well+Good

Planks dikenal efektif mengecilkan dan mengencangkan otot-otot perut, gerakan plank pun beragam, salah satunya adalah side planks. Cara untuk melakukan gerakan ini adalah:
- Berbaringlah di tempat datar dengan satu sisi tubuh. Kemudian tahan tubuh dengan menggunakan lengan tangan dan tegakkan hingga lurus tepat dibawah bahu.
- Pastikan posisi tubuh antara kaki hingga badan lurus, sehingga terhindar dari cidera.
- Rentangkan kaki Anda, kaki kiri di atas kaki kanan atau sebaliknya, tahan posisi ini hingga beberapa detik.
- Lakukan bergantian dengan sisi tubuh yang lain dan ulang sebanyak 8-12 kali.

10. Bicycle crunches

olahraga mengecilkan perut © 2021 brilio.net

foto: YouTube/Vegan Muscle and Fitness

Cara melakukan gerakan bicycle crunches adalah
- Berbaring di tempat datar dengan posisi lutut ditekuk dan tumit di lantai.
- Kaitkan antara jari-jari tangan, kemudian letakkan di belakang kepala.
- Kemudian angkat kaki dan tekuk bagian lutut dengan posisi lurus. Setelah itu gerakkan kaki seperti tengah mengayuh sepeda.
- Setiap set dilakukan sebanyak 8-18 kali. Dikutip dari healthline.com, sebaiknya lakukan bicycle crunches sebanyak 2-3 kali set.

11. Boat pose (navasana)

olahraga mengecilkan perut © 2021 brilio.net

foto: YouTube/VENTUNO YOGA

Dilansir dari healthline.com, boat pose ini berfungsi untuk membangun otot perut, melebarkan bagian dada, serta baik untuk tulang belakang. Dengan beberapa bagian otot yang dilatih ini dapat mengecilkan perut sekaligus memperbaiki postur, berikut cara melakukan boat pose.
- Untuk posisi awal, duduklah di tempat yang datar dengan posisi punggung yang lurus dan tidak bungkuk.
- Kemudian tekuk bagian lutut.
- Setelah itu, angkat bagian kaki yang diikuti dengan bagian punggung yang ditarik mundur.
- Gunakan kedua lengan untuk menjaga keseimbangan tubuh.
- Tahan gerakan ini selama satu menit dan ulangi sebanyak 2-3 kali.

12. Burpee

olahraga mengecilkan perut © 2021 brilio.net

foto: YouTube/Well+Good

Gerakan burpee yang enerjik ini dapat melatih otot perut dengan baik, serta membantu pembakaran lemak. Dalam burpee, seseorang bisa melakukan empat gerakan sekaligus, yakni melompat, squat, plank, dan push up. Berikut cara melakukan burpee.
- Berdiri dengan kaki terbuka selebar bahu.
- Ambil posisi dengan agak jongkok dan letakkan telapak tangan di depan Anda di lantai tepat di bawah bahu untuk menjaga keseimbangan.
- Setelah posisi agak jongkok, lalu lompatlah. Kemudian posisikan tubuh ke bagian push up.
- Setelah melakukan push up sekali, lalu tarik kaki dan bersiap pada posisi melompat. Lalu lakukan lagi posisi push up.
- Lakukan gerakan burpee ini sebanyak 12-25 kali.

13. Skipping

olahraga mengecilkan perut © 2021 brilio.net

foto: YouTube/Always Active

Skipping atau lompat tali ternyata mampu membantu orang yang ingin mengecilkan perut. Selain mudah dilakukan, skipping juga dapat dilakukan dimana saja dan tidak memerlukan peralatan yang mahal.

Meskipun terbilang sepele, gerakan skipping harus tetap dilakukan dengan benar. Cara melakukan skipping dengan benar adalah angkat kaki beberapa sentimeter dari tanah saat melewati tali. Kemudian pastikan tumit tidak menyentuh lantai. Selain itu, pastikan juga hanya pergelangan tangan yang memutarkan tali, bukan dengan seluruh bagian lengan tangan.

14. Olahraga air

olahraga mengecilkan perut © 2021 brilio.net

foto: pexels.com

Tenryata olahraga air seperti berenang dan berselancar dapat mengecilkan lingkar perut karena dapat membakar lemak tubuh secara bertahap. Tak hanya mengecilkan perut saja, olahraga air juga dapat menjaga kesehatan jantung dan memperbaiki kualitas tidur.

15. Scissor leg

olahraga mengecilkan perut © 2021 brilio.net

foto: YouTube/Howcast

Scisssor leg merupakan salah satu gerakan yang mudah dilakukan untuk mengecilkan perut dan bisa dikatakan "no effort." Cara untuk melakukan scissor leg adalah
- Berbaring di tempat yang datar, kemudian angkat kedua kaki dengan lutut agak ditekuk.
- Kemudian gerakkan kedua kaki secara bergantian ke bagian atas dan bawah atau seperti melangkah dengan zig-zag.
- Lakukan selama 3-4 menit untuk hasil yang maksimal.