Brilio.net - Setiap orang pasti menginginkan tampilan wajah yang bersih dan berseri. Namun kadang ada saja masalah-masalah pada kulit wajah yang membuat kita ingin segera mengatasinya. Salah satunya adalah komedo. Memiliki komedo di wajah membuat seseorang merasa tidak percaya diri. Selain itu komedo juga membuat tampilan pori-pori kulit terlihat lebih besar. Akibatnya kulit wajah jadi tampak kasar.

Ada dua jenis komedo yang ada di wajah, yakni komedo putih (whitehead) dan komedo hitam (blackhead). Komedo putih disebabkan oleh penyumbatan pori-pori akibat minyak berlebih. Letak komedo putih berada di permukaan kulit paling luar. Karena itu, komedo putih lebih mudah diatasi. Tekstur komedo putih yang lunak juga membuatnya mudah dikeluarkan, bisa dengan masker peel off maupun rutin melakukan facial.

Berbeda dengan komedo putih, komedo hitam lebih sulit dihilangkan. Penyebab komedo hitam ini pun beragam. Beberapa penyebabnya antara lain sisa makeup yang belum terangkat, iritasi folikel, sel kulit mati, dan lain sebagainya. Komedo hitam juga dianggap mengganggu penampilan. Teksturnya yang lebih keras dan warna hitamnya membuat komedo jenis ini sangat terlihat di wajah.

Namun tidak perlu khawatir, sebab masih ada cara alami untuk mengatasi komedo hitam. Kamu bisa mulai menerapkan langkah-langkah yang akan mengecilkan komedo hitam beserta menutup pori-pori yang terbuka. Penasaran bagaimana caranya? Berikut cara mengecilkan komedo hitam secara alami yang telah dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Kamis (28/11).

1. Basuh wajah menggunakan air hangat

Loading...

komedo © 2019 brilio.net

foto: freepik.com

Sebelum mengaplikasikan apapun di wajah, pastikan kondisi wajah sudah bersih. Kamu bisa membersihkan wajahmu menggunakan sabun khusus wajah yang biasa kamu pakai. Namun di bilasan terakhir, gunakan air hangat. Fungsi air hangat ini untuk membuka pori-pori agar pembersihan bisa menyeluruh. Selanjutnya keringkan wajah dengan handuk yang lembut dengan cara ditepuk-tepuk.

2. Eksfoliasi kulit wajah menggunakan perasan lemon dan garam

komedo © 2019 brilio.net

foto: freepik.com

Bagi pemiliki komedo hitam, kamu dianjurkan rutin melakukan eksfoliasi kulit. Fungsinya eksfoliasi adalah mengangkat sel-sel kulit mati. Selain itu, eksfoliasi juga bisa membersihkan pori-pori kulit dan menghilangkan komedo. Untuk bahannya, kamu bisa memilih bahan alami seperti lemon dan garam sebagai scrub.

Berikut cara mengaplikasikannya:

-Campurkan perasan lemon dengan garam

-Oleskan hanya di bagian-bagian wajah yang terdapat komedo hitam, seperti di hidung, pipi, dahi, atau dagu.

-Diamkan hingga setengah kering

-Kemudian gosok perlahan dan gunakan garam sebagai scrub

-Bilas wajah dan keringkan

-Lakukan rutin setiap 2x seminggu

3. Pakai pore strips dari madu dan susu

komedo © 2019 brilio.net

foto: freepik.com

Saat ini sudah banyak produk-produk yang menjual pore strips untuk mengangkat komedo. Namun kamu bisa membuat sendiri pore strips dari bahan alami yakni dengan madu dan susu. Berikut cara mengaplikasikannya:

-Siapkan bahan-bahan yang dibutuhkan yakni kapas, madu asli, dan susu murni.

-Campurkan madu dan susu, aduk hingga menyerupai pasta.

-Agar lebih larut dan tercampur, kamu bisa memasukannya ke dalam microwave sebentar saja.

-Rendam kapas hingga campuran madu dan susu telah meresap di kapas.

-Tempelkan kapas diarea yang berkomedo hitam

-Diamkan dan biarkan menempel selama 20 menit

-Setelahnya lepaskan kapas dan bilas wajah dengan air bersih

4. Masker putih telur

komedo © 2019 brilio.net

foto: freepik.com

Putih telur dipercaya mampu menghilangkan komedo membandel di wajah. Untuk itu, kamu bisa menggunakannya sebagai masker. Caranya cukup pisahkan kuning dan putih telur. Oleskan putih telur ke seluruh area wajah menggunakan kuas. Namun jika tidak tahan dengan bau amisnya, kamu bisa mencampurnya dengan perasan lemon atau madu lalu diamkan. Jika wajahmu seperti terasa ditarik, itu tandanya masker telah kering. Selanjutnya kamu bisa membilasnya. Gunakan masker ini setidaknya 1x seminggu secara rutin.

5. Masker charcoal (arang aktif)

komedo © 2019 brilio.net

foto: freepik.com

Charcoal dipercaya sebagai detoks racun di wajah dan membersihkan pori-pori. Maka untuk mengangkat komedo hitam dari wajah, kamu bisa menggunakan masker charcoal. Tidak sulit untuk mendapatkan charcoal. Karena kepopulerannya yang disebut-sebut ampuh mengatasi masalah kulit wajah, charcoal atau arang aktif banyak dijual dalam bentuk bubuk. Cara mengaplikasikannya:

-Persiapkan bahan maskernya, yakni charcoal bubuk dan air. Kamu juga bisa menggantinya dengan minyak zaitun atau lidah buaya.

-Selanjutnya campurkan semua bahan hingga membentuk pasta.

-oleskan masker ke bagian yang memiliki komedo hitam.

-Biarkan selama 20-30 hingga mengering

-Bilas sampai bersih

6. Es batu untuk meringkas pori

komedo © 2019 brilio.net

foto:pixabay.com

Es batu dapat dimanfaatkan untuk meringkas pori, sehingga komedo hitam pun akan mengecil dan dapat dihilangkan. Caranya kamu bisa membungkus es batu dengan kain yang lembut. Kemudian tempelkan di bagian kulit yang berkomedo dan memiliki pori-pori besar. Kamu juga bisa menggunakan perasan lemon atau jus mentimun yang dibekukan.

7. Perbanyak mengonsumsi makanan dan minuman bervitamin C

komedo © 2019 brilio.net

foto: freepik.com

Vitamin C memiliki banyak manfaat bagi kulit. Kandungan antioksidannya bisa mengurangi jerawat, komedo, dan masalah kulit lainnya. Selain itu vitamin C juga dipercaya mampu mencerahkan wajah dan meningkatkan produksi kolagen pada kulit. Jadi wajah bisa terlihat cerah, halus, dan kencang. Beberapa makanan yang mengandung vitamin C misalnya strowberi, nanas, kiwi, bayam, brokoli, cabai, paprika, dan masih banyak lagi.

mgg/deta jauda