Brilio.net - Rambut indah berseri, serta rambut bervolume merupakan dambaan setiap perempuan. Begitu berharganya rambut, bahkan ada yang mengatakan jika rambut bak sebuah makhkota bagi perempuan. Tak terlebih merawat rambut kini menjadi hal penting untuk menunjang penampilan. Sebab rambut menjadi salah satu poin yang diperhatikan orang lain ketika dalam suatu perjumpaan.

Rambut yang fresh dan sehat akan membuat kamu juga merasa mood dalam melakukan kegiatan sehari-hari. Namun, masalah datang ketika rambut berminyak dan menjadikannya tampak lepek, kucel seperti terlihat tak terawat. Pada dasarnya, kulit kepala mengandung minyak alami yang diproduksi kelenjar minyak. Tetapi terkadang kelenjar itu memproduksi terlalu banyak minyak. Nggak hanya itu terkadang rambut berminyak juga dipengaruhi oleh faktor lain seperti cuaca, polusi dan kotoran yang menempel pada rambut.

Hal ini begitu menganggu rasa percaya diri, apalagi ketika kamu harus berjumpa dengan banyak orang. Pastinya segala cara dilakukan untuk mengatasi masalah rambut berminyak ini, mulai dengan perawatan ke salon hingga mencoba berbagai produk untuk rambut dengan harga yang nggak murah.

Nah, kamu nggak perlu mengeluarkan kocek yang mahal untuk mengatasi masalah yang sering dihadapi banyak orang ini. Berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber, 7 cara atasi rambut berminyak, aman dan antilepek.

1. Memakai masker rambut.

Loading...

7 Cara mengatasi rambut berminyak, aman dan antilepek freepik.com

foto: freepik.com

Cara mengatasi rambut berminyak yang pertama yakni dengan menggunakan masker alami. Salah satu masker alami yang mampu atasi rambut berminyak dengan masker bahan putih telur yang dicampur dengan jus lemon. Kedua bahan tersebut dicampur secara agar mudah digunakan. Kandungan vitamin C dalam jus lemon dipercaya secara efektif mampu mengendalikan minyak berlebih pada rambut.

Putih telur juga membantu menyeimbangkan kelembapan pada rambut dan kulit kepala serta mengatasi rambut kering. Dengan menggunakan masker dari jus lemon dan putih telur, akan membuat rambut berminyak perlahan menjadi normal.

2. Keramas dengan benar.

7 Cara mengatasi rambut berminyak, aman dan antilepek freepik.com

foto: freepik.com

Rambut berminyak salah satunya juga disebabkan oleh cara memakai sampo rambut yang salah. Misalnya, ketika kamu menggunakan sampo atau pelembab rambut namun tidak membilasnya dengan bersih sehingga masih tersisa dikulit kepala. Oleh sebab itu, pastikan kamu membilas rambutmu secara benar dan bersih. Bilas rambut menggunakan air dingin atau suhu ruang. Sebab membilas dengan air panas dapat merangsang kelenjar minyak yang bisa menghasilkan sebum. Selain itu keramas dengan air panas dapat merusak tekstur rambut.

3. Gunakan sampo khusus berminyak.

7 Cara mengatasi rambut berminyak, aman dan antilepek freepik.com

foto: freepik.com

Setiap orang memiliki jenis rambut yang berbeda-beda. Sama halnya dengan sampo yang kini sudah banyak diproduksi berbagai jenis sampo sesuai jenis dan kondisi rambut. Nah, jika rambut kamu saat ini sedang berminyak, sebaiknya beralihlah dengan sampo khusus untuk rambut berminyak. Sebab menggunakan sampo jenis ini tidak akan membuat produksi minyak di rambut berlebih dan memicu rusaknya rambut.

4. Cuci rambut dengan larutan cuka apel.

7 Cara mengatasi rambut berminyak, aman dan antilepek freepik.com

foto: freepik.com

Cara mengatasi rambut berminyak selanjutnya yaitu dengan menggunakan cuka apel. Cuka apel bermanfaat untuk mendetoks kulit kepala dan mengontrol produksi minyak tanpa mengurangi kelembapan rambut. Untuk itu, larutkan cuka apel dengan air bersuhu normal. lalu cuci rambut kamu dengan larutan tersebut, kemudian bilas dengan air bersih. Cuka apel ini nantinya juga akan mengunci folikel rambut untuk menghindari kerontokan rambut.

5. Hindari penggunaan vitamin rambut berlebih.

7 Cara mengatasi rambut berminyak, aman dan antilepek freepik.com

foto: freepik.com

Umumnya menggunakan vitamin rambut atau serum akan membuat rambut ternutrisi dan sehat. Namun seperti kata pepatah "sesuatu yang berlebihan belum tentu baik", ya penggunaan berlebih malah akan membuat rambut kamu menjadi semakin berminyak dan lepek. Oleh karena itu penggunaan vitamin dan serum sesuai takaran sangat dianjurkan. Cara pengaplikasiannya juga hanya di bagian batang dan ujung rambut. Sebab penggunaan vitamin di pangkal rambut malah akan membuat produksi minyak di area kulit kepala menjadi meningkat.

6. Gunakan bedak tabur untuk rambut.

7 Cara mengatasi rambut berminyak, aman dan antilepek freepik.com

foto: freepik.com

Bedak bayi tabur, rupanya juga dapat mengatasi rambut berminyak. Aplikasikan bedak rambut pada seleuruh rambut dan kulit kepala kamu yang berminyak dan lepak lalu sisir seperti biasa. Karena bedak bayi ini mampu menyerap minyak yang menjadi penyebab rambut menjadi kusam dan lepek.

7. Gunakan baking soda.

7 Cara mengatasi rambut berminyak, aman dan antilepek freepik.com

foto: freepik.com

Bahan dapur yang biasa digunakan untuk campuran kue ini ternyata merupakan bahan alami yang bisa mengontrol minyak pada kulit kepala kamu. Kamu bisa menggunakannya 3 sendok makan baking soda yang dicampur 1 liter air dan oleskan pada kulit kepala. Tunggu selama 20 atau 30 menit. Bilaslah dengan air suhu ruang. Untuk hasil yang maksimal kamu dapat menggunakannya secara rutin dua kali seminggu. Menurut beberapa sumber baking soda memiliki kandungan alkali yang dapat membantu menyeimbangkan pH dan mengurangi bau rambut.