Brilio.net - Tahun baru akan datang sebentar lagi. Kamu ada rencana apa nih untuk menikmati libur? Daripada keluar kota dan menghabiskan banyak biaya, cobain deh untuk menikmati waktu senggang dengan berada di rumah.

Selain ekonomis, kegiatan ini juga cocok untuk mengembalikan lagi semangatmu setelah bekerja. Salah satu kegiatan yang bisa kamu coba adalah bersantai dengan menggunakan masker teh hijau. Kamu pernah mencobanya?

Masker teh hijau sudah sering digunakan banyak orang. Berbagai produk kecantikan juga menawarkan perawatan ini. Bahan yang mudah ditemukan, dan cara pengolahannya yang mudah, membuat masker teh hijau digandrungi banyak orang. Apalagi, ada banyak manfaat baik yang bisa kamu rasakan pada kulit wajah. Selain menambah kesegaran wajah, kulitmu pun akan lebih cerah.

Nah, seperti apa saja manfaat dan cara penggunaan masker teh hijau? Yuk, simak selengkapnya dalam ulasan brilio.net yang dirangkum dari berbagai sumber berikut, Selasa (29/12).

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

1. Membasmi komedo dan jerawat.

Manfaat masker teh hijau dan cara menggunakannya © freepik.com

foto: freepik.com

Komedo jadi salah satu permasalahan yang kerap terjadi pada kulit. Nggak hanya para perempuan, laki-laki pun bisa mengalaminya. Area pipi dan hidung biasanya jadi area yang kerap dihinggapi komedo.

Maka dari itu, kamu bisa mengatasinya dengan masker teh hijau. Pasalnya teh hijau memiliki kandungan katekin yang dapat membantu mengatur keseimbangan hormon pada tubuh. Bahan alami ini juga memiliki kandungan zat anti inflamasi yang mampu mengurangi peradangan, dan kemerahan yang biasanya ditimbulkan oleh jerawat.

2. Antibakteri.

Manfaat masker teh hijau dan cara menggunakannya © freepik.com

foto: freepik.com

Kegiatan di luar maupun dalam rumah bisa membuat kulitmu terpapar berbagai kotoran. Termasuk juga berbagai jenis bakteri yang bisa menimbulkan gangguan pada kulit, lho.

Dalam Journal of American medical Association Dermatology menunjukkan hasil dari manfaat masker teh hijau yang berguna dalam mengencangkan kulit wajah. Dengan menggunakan masker teh hijau, maka akan sangat membantu wajah agar tidak mudah terkena gangguan kulit atau berbagai kelainan pada kulit wajah. Apalagi teh hijau memiliki sifat antibakteri sehingga sangat mampu membantu proses regenerasi kulit lebih cepat.

3. Mengatasi permasalahan kantung mata.

Manfaat masker teh hijau dan cara menggunakannya © freepik.com

foto: freepik.com

Hayo kamu termasuk yang memiliki kantung mata yang tebal? Hal ini bisa terjadi karena banyak faktor, lho. Mulai dari kebiasaan begadang, kelelahan, sampai dengan gaya hidup yang kurang sehat.

Nah, sebelum mengganggu penampilanmu, kamu bisa mengatasinya dengan menggunakan masker teh hijau. Cara memanfaatkannya mudah banget, cukup aplikasikan masker teh hijau hingga ke area kantung mata dan biarkan beberapa saat. Dengan begitu, permasalahan kantung mata dan lingkaran gelap di area mata bisa teratasi secara bertahap.

4. Melembapkan kulit.

Manfaat masker teh hijau dan cara menggunakannya © freepik.com

foto: freepik.com

Merawat kesehatan kulit, jangan sekadar memperhatikan dari segi sedikit atau banyaknya jerawat saja. Karena kamu juga harus memperhatikan kebutuhan dasar kulitmu juga. Salah satunya dengan mempertahankan kulit agar tetap lembap dan sehat.

Nah salah satu caranya bisa kamu atasi dengan menggunakan masker teh hijau. Teh hijau dikenal memiliki kandungan polifenol yang sangat banyak. Polifenol merupakan senyawa antioksidan yang sangat baik menangkal radikal bebas.

Selain polifenol, teh hijau juga memiliki kandungan vitamin E lho. Jenis vitamin E sendiri memang menjadi vitamin yang sangat baik bagi kesehatan kulit.

Nah, dengan menggunakan masker teh hijau, kamu bisa sekaligus memberikan nutrisi pada kulit. Ditambah lagi, kandungan vitamin E tersebut juga dapat membuat kulit menjadi lebih lembap. Praktis banget!

5. Mengurangi minyak pada wajah.

Manfaat masker teh hijau dan cara menggunakannya © freepik.com

foto: freepik.com

Kamu memiliki kondisi wajah yang berminyak? Atasi dengan masker berbahan teh hijau. Menggunakan masker ini, kamu akan mendapatkan banyak kelebihan pada kulit. Bahan alaminya akan mengurangi kadar minyak pada wajah.

Selain lebih aman, dampaknya juga akan meminimalisir dari efek samping yang berbahaya bagi kulit. Khasiat masker teh hijau untuk wajah berminyak didapatkan dari kandungan tanin yang ada di dalam teh hijau. Tanin berfungsi sebagai zat yang dapat mengecilkan pori pada kulit wajah dan mengurangi sebum.

6. Mengatasi tanda-tanda penuaan.

Manfaat masker teh hijau dan cara menggunakannya © freepik.com

foto: freepik.com

Di dalam dunia medis, teh hijau dikenal memiliki kandungan molekul antioksidan epigallocatechin gallate (EGCG). Dengan kandungan tersebut, teh hijau dapat memberi manfaat dalam meremajakan sel kulit mati. Dengan begitu, antioksidan epigallocatechin gallate tersebut juga mampu melawan tanda-tanda penuaan dan melindungi serta memperbaiki sel kulit pada wajah. Selain itu, manfaat lainnya adalah meminimalisir kulit tampak kusam dan membuat kulit menjadi lebih sehat.

Perlu kamu ketahui, teh hijau memiliki kandungan vitamin B2 yang dapat membantu dalam menjaga kadar kolagen kulit. Manfaat yang bisa didapatkan karena adanya vitamin B tersebut yaitu dapat menjaga agar kulit tetap kencang dan juga sangat mampu dalam membuat kulit agar terlihat lebih awet muda.

Cara menggunakan masker teh hijau.

Manfaat masker teh hijau dan cara menggunakannya © freepik.com

foto: freepik.com

Dilansir brilio.net dari healthline.com pada Selasa (29/12), berikut cara membuat dan menggunakan masker teh hijau yang bisa kamu lakukan.

1. Seduh secangkir teh hijau. Biarkan kantung teh terendam selama sekitar satu jam. Lalu biarkan kantung teh dingin, dan pecahkan kantung teh. Kemudian pisahkan daun teh hijaunya.

2. Letakkan daun teh dalam mangkuk. Tambahkan soda kue dan madu agar menjadi pasta. Jika campuran terlalu kental, kamu bisa menambahkan beberapa tetes air.

3. Agar masker meresap ke kulit lebih sempurna, kamu bisa membersihkan wajah sebelum mengaplikasikannya.

4. Saat wajah dalam keadaan bersih, oleskan masker secara menyeluruh ke area wajah. Berikan pijatan lembut untuk mengangkat sel kulit mati dan juga kotoran dari dalam pori-pori.

5. Biarkan masker selama 10 hingga 15 menit. Lalu bilas dengan air hangat. Untuk hasil yang lebih baik, kamu bisa menggunakan masker ini satu hingga tiga kali seminggu.

(brl/tin)