Brilio.net - Kasus keracunan makanan masih marak terjadi di sekitar kita. Kondisi ini muncul akibat mengonsumsi makanan yang telah terkontaminasi oleh organisme menular, seperti bakteri, virus, dan parasit. Selain itu bisa karena racun yang organisme keluarkan di makanan. Kontaminasi dapat terjadi saat makanan sedang diproses atau dimasak dengan tidak benar.

Nah, berikut contoh makanan yang berisiko terkontaminasi oleh bakteri, seperti dilansir brilio.net dari Glamour, Rabu (2/12). Perhatikan ya!

1. Telur

6 Makanan paling berisiko terkontaminasi bakteri, perhatikan ya!foto: glamour.com

Loading...

Jangan terlalu sering mengonsumsi telur dalam kondisi masih mentah atau setengah matang karena telur sangat rentan terkontaminasi jenis bakteri Salmonella. Semakin besar jumlah Salmonella hadir dalam telur, semakin besar kemungkinan itu adalah untuk menyebabkan penyakit.

Disarankan jika ingin mengonsumsi telur yang masih mentah sebaiknya jangan telur ayam ras karena telur ayam ras sangat rentan dengan kontaminasi bakteri tersebut. Telur paling aman disimpan di lemari es dan saat ingin mengonsumsinya masaklah sampai matang dan segera dikonsumsi.

2. Keju

6 Makanan paling berisiko terkontaminasi bakteri, perhatikan ya!foto: merdeka.com

Bagi penggemar keju, hati-hati dengan kondisi kebersihannya karena keju mentah bisa mengandung bakteri jahat sejenis bakteri Listeria yang sangat berbahaya bagi kesehatan terutama sangat berbahaya bagi ibu hamil.

Wabah Listeria terutama disebabkan oleh keju lunak Meksiko seperti queso fresco dan keju lainnya yang terbuat dari susu yang tidak dipasteurisasi atau yang terkontaminasi selama pembuatan keju. Beberapa wabah juga telah disebabkan oleh makanan yang orang mungkin tidak berpikir bisa berisiko untuk Listeria, seperti seledri, kubis,dan melon,

3. Unggas mentah dan daging

6 Makanan paling berisiko terkontaminasi bakteri, perhatikan ya!foto: telegraph.co.uk

Jenis makanan yang tergolong dalam daging dan unggas paling empuk jadi sasaran berkembang biak berbagai macam bakteri seperti Eschercia coli, Listeria, Salmonella dan Campylobacteria. Perhatikan jangan sampai bakteri ini menyebar di tempat penyimpanan makanan anda seperti pada meja, tempat penyimpanan piring dan lemari pendingin. Teliti saat memasak apalagi untuk daging yang masih bisa terkontaminasi lagi jika tak disimpan dan dimasak dengan benar.

4. Taoge

6 Makanan paling berisiko terkontaminasi bakteri, perhatikan ya!

foto: dekkerfreshfoods.nl

Lingkungan yang hangat dan lembap yang merupakan tempat yang ideal untuk menumbuhkan taoge juga sangat baik untuk menumbuhkan bakteri termasuk Salmonella, Listeria, dan Eschercia coli. CDC merekomendasikan anak-anak, orang tua atau siapa pun yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang kurang baik untuk tidak mengonsumsi taoge mentah.

5. Es krim

6 Makanan paling berisiko terkontaminasi bakteri, perhatikan ya!foto: playbuzz.com

Siapa sangka kalau ternyata wabah keracunan makanan dapat terjadi saat susu hasil pasteurisasi terkontaminasi dengan susu yang kurang atau tidak dipasteurisasi. Mesin pembuat es krim yang tidak dibersihkan secara teratur juga dapat menjadi tempat bertumbuhnya bakteri.

6. Tomat

6 Makanan paling berisiko terkontaminasi bakteri, perhatikan ya!

foto: health.com

Bakteri Salmonella bisa hidup pada buah mentah, namun dapat berkembang hingga berkali-kali lipat jumlahnya saat tomat dipotong dan diletakkan di lingkungan yang hangat. Simpanlah salsa atau salad tomat yang dipotong menyerupai dadu, di dalam lemari es.