Brilio.net - Sistem belajar yang paling populer di Indonesia adalah SKS. Bukan SKS yang mempunyai kepanjangan Satuan Kredit Semester tapi Sistem Kebut Semalam. Sistem ini nggak hanya populer di kalangan mahasiswa tapi juga kalangan sekolah menengah.

Tahu nggak kamu, jika Sistem Kebut Semalam (SKS) ini nggak bagus untuk dunia pendidikan karena sistem ini nggak akan pernah membuat kualitas prestasi siswa lebih baik? Bukan hanya itu, SKS juga bisa mempengaruhi kesehatan badan. Kebut semalam bikin siswa akhirnya begadang karena banyak materi yang harus dipelajari.

Untuk menghindari ini, kamu harus belajar secara rutin. Dan agar kualitas belajarmu lebih oke, pastikan tubuhmu selalu sehat. Nah, ketika belajar, kamu bisa ditemani dengan sekaleng BEAR BRAND setiap hari agar otak segar dan tubuh pun sehat. Dengan begitu, aktivitas sehari-hari bisa kamu jalani dengan lancar.

Kembali pada persoalan SKS yang telah mewabah, kamu secara perlahan harus bisa terhindar dari kebiasaan kurang bagus ini. Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan. Berikut beberapa strategi yang bisa kamu lakukan agar terhindar dari SKS:

1. Belajar kelompok.

sistem pengganti SKS berbagai sumber

 

Semua pekerjaan yang dilakukan bersama-sama itu pasti akan lebih ringan. Begitu juga dengan belajar kelompok. Pemahamam siswa yang satu dengan yang lainnya pasti berbeda. Maka di belajar kelompok, semua pemahaman itu bisa disatukan agar bisa mendapatkan pemahaman yang utuh tentang suatu pelajaran.

Bagi kamu yang belum mengerti pun bisa lebih cepat mengerti. Karena belajar dari teman itu lebih mudah dan cepat, dibanding hanya membaca dari buku. Walaupun nggak dilakukan setiap hari, belajar kelompok ini efektif membuat siswa lebih cepat pintar dibanding hanya SKS menjelang ujian saja.

2. Belajar bertahap.

sistem pengganti SKS berbagai sumber


Kamu bisa bikin jadwal belajar sendiri, di luar belajar di sekolah atau kampus. Walaupun hanya satu jam setiap hari, cara ini efektif mengikat pelajaran yang sudah kamu terima di ruang kelas. Perencanaan yang matang atas belajar bertahap ini membuat semua pelajaran yang disajikan bisa dicerna dengan baik.

3. Ulangi belajar keesokan pagi.

sistem pengganti SKS berbagai sumber


Ini juga adalah cara belajar efektif untuk menjadi pintar. Cukup mengulang sebentar pelajaran yang diterima hari ini pada keesokan hari, membuat pemahaman kamu melekat secara berlipat ganda. Sehingga ketika akan menghadapi ujian, kamu nggak perlu ber-SKS. Cukup dengan membaca sebentar, semua yang pernah kamu pelajari bisa nyangkut kembali dengan mudah.

4. Membuat catatan kecil.

sistem pengganti SKS berbagai sumber


Siswa dan mahasiswa yang rajin bikin catatan biasanya selalu disenangi teman-temannya. Catatan dia kecilnya, terutama yang rapi, selalu menjadi rujukan mahasiswa lain untuk memahami pelajaran. Biasanya, yang rajin itu adalah mahasiswi. Sebab perempuan biasanya telaten dan teliti. Namun laki-laki pun juga bisa telaten dan teliti juga lho.

5. Bikin metode menghafal sendiri.

sistem pengganti SKS berbagai sumber


Setiap orang tahu potensi dirinya sendiri. Mereka juga tahu kemampuan dan cara menghafal pelajaran yang cocok bagi dirinya. Jika sudah tahu cara menghafal sendiri itu, kamu bisa kembangkan untuk diri sendiri agar semua pelajaran mudah dicerna.

Biasanya, cara menghafal sendiri ini lebih mudah. Dan jika sudah mengerti pelajaran, kamu nggak perlu ber-SKS di malam ujian ya. Lebih baik di malam ujian kamu istirahat yang cukup agar fit waktu ujian.


Nah, Sobat Brilio wajib mendengarkan tubuh saat melakukan aktivitas apa pun, termasuk belajar, apalagi kalau terpaksa SKS. Jadikan BEAR BRAND sebagai temanmu menjalani aktivitas sehari-hari biar kamu selalu semangat.

Biar lebih semangat, mending yuk ikutan kompetisi #LISTENTOYOURBODY yang ngasih kamu kesempatan menangin grand prize MacBook Gold dan banyak hadiah lain! Info lebih lanjut tentang kegiatan ini bisa Sobat Brilio dapatkan di sini.

 

 

(brl/tin)