Brilio.net - Sebel ya kalau telinga lagi gatal tapi nggak bisa digaruk. Eh tapi pernah kepikiran nggak kenapa ya telinga kamu bisa gatal? Meski itu biasa dialami dan terlepas gimana rasa sebel yang kamu rasakan, telinga gatal bisa jadi tanda adanya kondisi lain yang lebih serius yang disebabkan oleh banyak faktor.

Apa saja sih penyebab telinga gatal? Lima alasan yang brilio.net rangkum dari Wittyfeed dan Alodokter, berikut ini bisa kamu perhatikan. Sepele tapi berisiko!

1. Alergi terhadap suatu produk

Telinga dapat bereaksi alergi terhadap produk atau alat yang kamu gunakan sehari-hari. Misalnya saja penggunaan headphones. Alat ini bisa menyebabkan air terjebak di dalam telinga dan jadi media perkembangbiakan bakteri. Contoh lainnya adalah penggunaan perhiasan atau produk kecantikan yang dapat menyebabkan peradangan pada kulit dalam telinga dan saluran telinga. Produk kecantikan seperti hairspray, shampoo dan pewarna rambut yang terbukti berbahaya bagi telinga.

2. Penggunaan cotton bud

Loading...

Cotton bud dapat membuat lilin telinga justru masuk ke dalam telinga dan menutup jalan telinga sehingga timbul nyeri dan gatal. Padahal lilin ini berfungsi untuk melindungi telinga bagian dalam dari bakteri dan debu. Tak hanya itu, penggunaan cotton bud juga bisa menyebabkan infeksi akibat kerusakan lapisan luar telinga yang diakibatkan oleh garukan atau gesekan.

3. Kelamaan berenang

Ketika kamu sering menghabiskan banyak waktu ketika berenang, air bisa saja masuk dan tersisa dalam saluran telinga. Akibatnya bakteri bisa berkembang biak sehingga menyebabkan gatal dan nyeri. Parahnya lagi bisa menyebabkan infeksi sehingga telinga menjadi merah dan bengkak.

4. Sistem kekebalan tubuh mendeteksi adanya benda asing

Kondisi ini bisa dipicu oleh alergi ataupun tidak. Ketika dipicu oleh masalah alergi, sistem kekebalan tubuh akan mengusir benda asing atau sumber penyebab alergi dengan mengeluarkan histamin. Histamin adalah zat kimia yang diproduksi oleh sel-sel di dalam tubuh ketika mengalami reaksi alergi atau infeksi. Produksi histamin ini membuat hidung jadi berair dan sering bersin dan salah satu kemungkinan yang bisa terjadi adalah munculnya rasa gatal pada telinga.

5. Terkena penyakit psoriasis

Psoriasis merupakan penyakit yang menyerang kulit. Sel kulit pengidap psoriasis berkembang lebih cepat dari biasanya, sehingga sel-sel kulit mati menumpuk dan mengakibatkan kulit kering dan kulit gatal. Meski biasanya timbul pada lutut, punggung bagian bawah, siku atau kulit kepala, psoriasis juga dapat terjadi di telinga.