Brilio.net - Bagaimana sih, kebiasaanmu saat pagi hari? Apakah kamu tipikal orang yang bangun selalu mepet dengan jam sekolah atau kerja? Hmmm... Pasti banyak banget kan, yang seperti itu?

Nggak cuma kebiasaan itu saja yang sering dilakukan saat pagi hari, ternyata ada beberapa kebiasaan pagi yang sering dilakukan oleh kebanyakan orang. Padahal kebiasaan itu ternyata salah dan tak baik untuk kesehatan.

Dikutip brilio.net dari Mens Health, Rabu (3/8), berikut 5 kebiasaan yang sering dilakukan saat pagi hari, padahal sebenarnya keliru.


1. Bangun kesiangan dan langsung mandi untuk beraktivitas.

kebiasaan buruk pagi © 2016 brilio.net

foto: giphy.com

Banyak orang yang selalu bangun siang dan mepet dengan waktu sekolah, kuliah, atau pun bekerja. Ujung-ujungnya, setelah bangun langsung tergesa-gesa mandi dan ganti pakaian. Kalau kamu termasuk orang seperti itu, bisa dipastikan kalau kamu jarang sekali melihat matahari pagi. Padahal sinar matahri pagi sangat bermanfaat bagi tubuh.

Tak cuma baik untuk kesehatan, terpapar cahaya matahari selama 20-30 menit setiap pagi ternyata membantu mengatur tingkat energi, nafsu makan, dan metabolisme tubuh. Jadi, biasakan bangun lebih pagi, lalu buka tirai jendela kamarmu. Nikmatilah sambil minum teh.


2. Tergesa-gesa dan akhirnya kurang minum pagi.

kebiasaan buruk pagi © 2016 brilio.net

foto: giphy.com

Jarang sekali orang yang minum air banyak saat pagi hari. Apalagi kalau sudah buru-buru dikejar waktu untuk beraktivitas. Wah... Bisa lupa minum pagi.

Padahal, cairan yang cukup pada tubuh saat pagi hari ternyata membuat pikiran fokus, lebih energik, dan tak cepat lelah. Menurut Leslie Bonci, peneliti dari University of Pittsburgh Center for Sports Medicine, 3 cangkir minum sebelum beraktivitas pagi memberikan asupan H2O yang cukup sehingga membuat kamu makin segar menghadapi aktivitas sepanjang hari.


3. Menjalani hari dengan perut kosong.

kebiasaan buruk pagi © 2016 brilio.net

foto: caloriesecrets.net

Banyak sekali mahasiswa dan para pekerja muda yang terbiasa beraktivitas pagi dengan perut kosong. Karena sudah kepepet waktu kerja, maka pasti banyak di antara kalian yang memilih untuk langsung beraktivitas dan mengabaikan perut kosong. Ada juga yang memang sudah terbiasa tak sarapan dan memilih untuk brunch alias menggabungkan sarapan dengan makan siang.

Padahal sarapan sebelum beraktivitas ternyata bisa memaksimalkan energi otak agar bekerja dengan baik sepanjang hari. Dengan kata lain, sarapan bisa membuat kamu lebih fokus dalam menghadapi aktivitas. Jadi, pastikan ada asupan karbohidrat pada tubuhmu saat pagi hari.


4. Terlalu banyak protein saat sarapan.

kebiasaan buruk pagi © 2016 brilio.net

foto: en.wikipedia.org

Banyak orang yang memilih sarapan dengan pisang atau oatmeal sebagai pengganti nasi agar lebih praktis. Apakah kamu termasuk yang seperti itu?

Sebenarnya aktivitas itu tidak benar-benar buruk, tetapi kamu perlu meratakan asupan proteinmu sepanjang hari, tak cuma saat pagi hari. Ternyata tubuh hanya menggunakan protein yang ada untuk asupan otot hanya dalam satu waktu. Jadi hanya memakan makanan yang mengandung protein pada pagi hari saja ternyata kurang bagus. Cobalah maksimalkan asupan protein ada pada setiap makan.


5. Menghadapi pagi hari dengan kemacetan ternyata tak bagus untuk aktivitas sepanjang hari.

kebiasaan buruk pagi © 2016 brilio.net

foto: jakartamegacityaridas.weebly.com

Ini memang sangat sulit dihindari di kota besar karena kemacetan sudah menjadi makanan setiap paginya. Padahal menurut penelitian terbaru dari Swedia, perasaanmu saat melakukan perjalanan pagi ternyata berpengaruh pada mood kamu sepanjang hari. Tentu saat pagi hari kamu sudah uring-uringan karena macet atau hal lain, kamu pasti akan menjalani aktivitas sepanjang hari dengan kurang santai.

Jadi memilih berangkat bekerja atau kuliah lebih awal membuat perasaanmu lebih fresh.