Brilio.net - Hari pernikahan jadi momen bahagia yang ditunggu-tunggu setiap orang. Pasalnya di hari tersebut kamu sudah sah menjadi suami-istri. Nah, menuju hari tersebut tentu diperlukan persiapan matang.

Sering kita dengar dari mulut ke mulut, persoalan persiapan nikah memang perlu effort dan pastinya ribet. Rasa pusing dan lelahnya kadang bikin pasangan calon pengantin sering salah paham. Oleh sebab itu pernikahan membutuhkan persiapan yang benar-benar matang agar prosesnya berjalan tanpa halangan.

Nggak ada salahnya kamu mempersiapkan dari jauh-jauh hari sebelum hari pernikahan ditetapkan. Rupanya ada beberapa hal yang harus dipersiapkan 6 bulan menuju pernikahan, loh. Apa saja kira-kira yang bisa kamu persiapkan dari sekarang? Berikut rangkuman brilio.net dari berbagi sumber, Selasa (6/12).

1. Siapkan mental.

pahami postpil © 2022 brilio.net

foto: shutterstock.com

Salah satu yang paling penting untuk melaksanakan pernikahan adalah menyiapkan mental. Jangan sampai kamu menikah karena ingin, tapi menikahlah karena sudah siap. Kalau kamu dan pasangan merasa bingung apa saja yang perlu dibahas sebelum menikah, kalian bisa mengikuti kelas pranikah. Konseling pernikahan ini tentu sangat membantu untuk mempersiapkan diri kamu dan pasangan secara mental.

2. Persiapkan finansial pesta pernikahan.

pahami postpil © 2022 brilio.net

foto: shutterstock.com

Pernikahan nggak hanya sekadar menerima kekurangan pasangan satu sama lain, melainkan juga mempersiapkan urusan finansial. Persiapan dari sisi finansial ini tak hanya tanggung jawab mempelai laki-laki, tetapi perempuan juga. Pasalnya menggelar pesta pernikahan memang membutuhkan modal cukup banyak.

Persiapan bisa meliputi budget mahar dan maskawin, biaya hantaran, biaya KUA, biaya gedung, dan banyak biaya lainnya. Tapi ingat, jangan habiskan semua tabungan kalian hanya untuk pesta pernikahan, ada hal yang lebih penting setelah menikah.

3. Tentukan tanggal.

pahami postpil © 2022 brilio.net

foto: shutterstock.com

Hari dan tanggal pernikahan bakal jadi hari bersejarah bagi setiap pasangan. Oleh karena itu kamu perlu menentukan hari pernikahan yang baik. Menentukan tanggal pernikahan memang gampang-gampang susah, karena terkadang ada saja halangannya.

Di sini calon pengantin harus berunding dan saling terbuka untuk membicarakan hal tersebut. Sebaiknya jangan terlalu dekat atau kejauhan, 4-6 bulan dari momen lamaran rasanya ideal untuk mempersiapkan segala sesuatunya.

4. Putuskan wedding organizer yang akan digunakan.

pahami postpil © 2022 brilio.net

foto: shutterstock.com

Jika tak mau ribet dan pusing dengan persiapan pernikahan, kamu bisa loh menggunakan wedding organizer. Tentu mereka akan membantu meringankan kerja dan juga membimbing kamu dalam persiapan pernikahan.

Jelilah memilih wedding organizer yang memiliki banyak portofolio, alias banyak menangani klien dalam urusan itu. Survei terlebih dahulu, jangan sampai kamu menjadi korban penipuan wedding organizer abal-abal.

5. Pahami Postpil.

pahami postpil © 2022 brilio.net

foto: shutterstock.com

Setiap pasangan harus memiliki tujuan mengenai pernikahannya. Sebagian pasangan mungkin ada yang berniat memiliki buah hati dan ada pula yang tidak. Ada yang ingin fokus mengurus anak, karir, atau melanjutkan pendidikan. Hal penting inilah perlu kamu bicarakan dan pikirkan sebelum menikah, termasuk kebutuhan akan kontrasepsi juga harus diperhatikan. Hati-hati dengan keadaan sexmergency seperti keraguan saat berhubungan badan akan menyebabkan kehamilan atau tidak, KB kalender yang meleset, atau keadaan darurat lainnya.

Jika ingin memiliki momongan, tentukan kapan ingin hamil, dan pikirkan urusan finansial biaya masa depan buah hati. Bila kamu ingin fokus ke karir, pendidikan, atau ingin mengenal pasangan lebih dalam, kamu perlu mengetahui apa itu postpil.

Postpil adalah pil kontrasepsi darurat yang bisa kamu konsumsi sesegera mungkin, maksimal 72 jam setelah berhubungan tanpa alat kontrasepsi. Postpil bisa jadi solusi kamu dan pasangan yang masih ingin menunda kehamilan. Sekarang, tak perlu panik menghadapi situasi darurat lagi, ada Postpil jadi bagian rencana kamu.

Dengan mengonsumsi 2 pill sekaligus kontrasepsi yang biasa disebut Kondar, morning pil atau PostPil ini dapat mencegah kehamilan sebelum terjadi. Semakin cepat diminum, semakin tinggi efektivitasnya dalam mencegah kehamilan dalam rentang waktu 72 jam atau tiga hari. Selain praktis dan mudah digunakan, Postpil menawarkan perlindungan yang cepat pada saat darurat. Mari kita rencanakan kehamilan dengan bertanggung jawab.

Kalau kamu familiar dengan pil kondar atau morning pills, Postpil merupakan salah satunya contohnya. Konsumsi 2 tablet sekaligus untuk mencegah kehamilan sebelum terjadi. Semakin cepat diminum, semakin tinggi efektivitasnya dalam mencegah kehamilan. Selain praktis dan mudah digunakan, Postpil menawarkan perlindungan yang cepat pada saat darurat. Mari kita rencanakan kehamilan dengan bertanggung jawab.