Brilio.net - Masalah kulit seperti berminyak, berjerawat, hingga komedo memang sering mengganggu penampilan dan membuat seseorang menjadi nggak percaya diri. Ya, selain jerawat, komedo memang sangat memengaruhi penampilan. Komedo sering muncul di area wajah, punggung, dada dan leher.

Komedo juga merupakan salah satu jenis jerawat ringan, tetapi kemunculannya biasanya tak muncul tanda-tanda seperti pada jerawat.

Komedo sendiri memiliki dua jenis yaitu komedo putih dan hitam. Keduanya sama-sama menggangu. Munculnya komedo disebabkan oleh minyak berlebih pada wajah dan sel-sel kulit mati yang menumpuk serta menyumbat pori-pori. Apabila dibiarkan komedo akan menumpuk menjadi jerawat.

Biasanya, kebanyakan orang akan mengatasi komedo dengan memenceti dengan tangan yang tak steril. Hal itu ternyata malah akan membuat kulit menjadi iritasi dan pori-pori kulit membesar. Kalau dibiarkan, kotoran akan menyumbat pori-pori dan menjadi jerawat.

Banyak orang mencari tahu cara mengatasi komedo membandel di wajah. Namun, ternyata banyak cara alami yang bisa dilakukan untuk menghilangkan komedo, salah satunya dengan baby oil. Kandungan pada baby oil dipercaya dapat menjaga kulit bayi dan juga kaya akan nutrisi.

Loading...

Penggunaan baby oil dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati dan mengeluarkan minyak yang menutupi pori-pori. Kamu bisa mengusapkan perlahan dengan kapas gosokan lembut.  Tak hanya itu saja, penggunaan baby oil dapat dipadukan dengan beberapa bahan alami yang akan cepat membantu menghilangkan komedo.

Nah, berikut 5 cara menghilangkan komedo dengan baby oil, seperti dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Selasa (8/10).

1. Dengan menggunakan baby oil saja.

 5 Cara menghilangkan komedo dengan baby oil freepic.com

foto: freepik.com

Cara penggunaan baby oil untuk menghilangkan komedo bisa dilakukan tanpa kombinasi bahan lainnya. Untuk menghasilkan cara ampuh dan praktis harus melalui beberap tahap. Pertama sebelum membersihkan wajah dengan baby oil, bersihkan dahulu dengan sabun muka. Pastikan kering terlebih dahulu.

Setelah itu oleskan baby oil pada wajah. Lakukan hal ini selama 30-60 menit. Usap minyak yang ada di wajah dengan menggunakan kapas atau tisu. Bilas dengan air hangat.

2. Baby oil dengan lidah buaya.

 5 Cara menghilangkan komedo dengan baby oil freepic.com

foto: pixabay

Agar lebih maksimal, penggunaan baby oli untuk menghilangkan komedo dapat dicampur dengan bahan alami seperti lidah buaya. Zat saponin dan astrigent yang terkandung dalam lidah buaya bisa membunuh bakteri dan mikroba yang ada pada wajah manusia. Selain itu gel pada daging lidah buaya diyakini ampuh mengurangi minyak berlebih pada wajah yang mengakibatkan munculnya komedo.

Cara menggunakan kedua bahan ini mudah. Siapkan gel lidah buaya yang sudah dihaluskan. Oleskan gel pada wajah lalu diamkan beberapa saat. Setelah itu kamu bisa mengoleskan baby oil untuk memijat-mijat wajah. Kemudian kamu bisa mengeluarkan komedo dengan alat yang steril. Jika sudah, buang dengan air dingin.

3. Baby oil dengan minyak zaitun.

 5 Cara menghilangkan komedo dengan baby oil freepic.com

foto: pixabay

Minyak zaitun memang dikenal dapat membantu mengatasi masalah kulit wajah, seperti komedo. Minyak zaitun sendiri memiliki kandungan vitamin E dan antioksidan yang dapat membantu proses peremajaan sel kulit.

Caranya sangat mudah. Bersihkan wajah terlebih dahulu lalu siapkan minyak zaitun sebanyak 3 sdm dan siapkan baby oil. Lalu campurkan kedua minyak tersebut hingga merata.

Oleskan pada wajah dengan pijatan halus. Tekan bagian wajah yang berkomedo dengan kapas steril. Setelah komedo berhasil keluar, bilas dengan air dingin.

4. Baby oil dengan yoghurt.

 5 Cara menghilangkan komedo dengan baby oil freepic.com

foto: pixabay

Selain enak dikonsumsi dan memperlancar pencernaan, yoghurt ternyata juga dapat membantu menghilangkan komedo pada wajah. Cara penggunaan kedua bahan ini mudah. Pertama campurkan 2 sdm yoghurt plain dengan 10 ml baby oil. Oleskan pada area komedo dan biarkan beberapa saat sekitar 30 menit.

Kemudian gunakan tisu untuk menghilangkan komedo di area tersebut dengan cara memijat secara halus dan perlahan. Lalu keluarkan komedo dengan kapas steril. Setelah itu bilas dengan air dingin.

5. Baby oil dengan putih telur.

 5 Cara menghilangkan komedo dengan baby oil freepic.com

foto: pixabay

Untuk mengatasi komedo, kamu juga bisa memadukan baby oil dengan putih telur. Sebab putih telur diyakini ampuh membasmi komedo pada wajah. Selain itu putih telur juga mengandung asam amino serta asam folat yang bisa mengecilkan pori-pori dan mengurangi produksi minyak di wajah.

Cara penggunaannya, pertama bersihkan wajah dengan air agar pori-pori terbuka. Oleskan baby oil pada wajah dan pijat dan keluarkan komedo dengan kapas yang steril.

Setelah komedo keluar, bersihkan dengan air dingin. Lalu barulah olesi area komedo dengan putih telur. Tunggu hingga kering dan bilas dengan menggunakan air dingin agar pori-pori menutup.

Selamat mencoba!