Brilio.net - Selama menjalankan ibadah puasa, aroma mulut bakal tercium sedikit bau. Makanan yang disantap dan jumlah air yang diminum berpengaruh terhadap aroma mulut.

Rupanya dehidrasi menyebabkan aroma mulut berbau tidak sedap. Nah buat kamu agar tidak terlalu menyebarkan bau mulut, lima cara ini layak dicoba lho.

1. Makan buah dan sayur.

buah sayur gigi © 2016 brilio.net

Jangan lupa menyertakan buah dan sayur saat sahur. Kedua makanan tersebut membantu menyegarkan aroma mulut kamu saat berpuasa. Buah dan sayur secara alami mampu melindungi gigi dari plak.

Loading...

 

2. Berkumur dengan baking soda.

baking soda © 2016 brilio.net

Agar mulut terasa segar selama berpuasa, kamu bisa menambahkan 1/4 sendok makan baking soda ke dalam air kumur. Tambahkan juga sedikit garam, dua sendok makan air lemon. Berkumur dengan larutan ini dapat menghindarkan kamu dari bakteri yang mengakibatkan bau mulut.

3. Berkumur dengan cengkeh.

Cengkeh © 2016 brilio.net

Kamu bisa merebus beberapa siung cengkeh, membiarkannya dingin, dan berkumur dengan air rebusan tersebut saat sahur. Hal ini dapat meminimalkan aroma mulut tak sedap saat berpuasa.

BACA JUGA: Masalah klasik saat bulan puasa, bau mulut! Begini cara mengatasinya

4. Hindari makan bawang.

bawang © 2016 brilio.net

Sebaiknya menghindari mengonsumsi bawang (putih, merah, dan bombay) agar aroma mulut tak terkontaminasi dengan bau bawang selama berpuasa.

5. Katakan tidak untuk keju.

Keju © 2016 brilio.net

Saatnya kamu menghindari makanan ini untuk sementara waktu selama bulan puasa. Sebab, keju dapat menghasilkan aroma yang tidak sedap pada mulut. Jika kamu sudah terlanjur makan keju, mengulum seiris lemon yang ditambahkan garam, dapat menetralkan bau mulut saat berpuasa.