×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
4 Fakta ilmiah gigi ngilu pada anak muda, bahaya jika dibiarkan

View Image

0

BRILIO » Kesehatan

4 Fakta ilmiah gigi ngilu pada anak muda, bahaya jika dibiarkan

foto: Sensodyne

Sebanyak 2 dari 5 orang berusia 18-35 tahun di Indonesia pernah mengalami gigi ngilu.

(brl/tin)

01 / 02 / 2019 08:15

Brilio.net - Foodie pasti nggak asing lagi dengan makanan hits seperti es kepal, sate taichan, sampai donat mi yang digandrungi anak muda. Bagaimana tidak? Rasanya yang lezat dipadu dengan penampilan cantik, membuat kuliner viral tersebut semakin populer.

Namun di balik itu semua, ternyata ada bahaya yang mengancam anak muda. Makanan viral tersebut biasanya terlalu panas atau dingin sehingga menyebabkan gigi ngilu. Jika dibiarkan, rasa ngilu ini bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. Nggak seru juga kan kalau harus memegang pipi seharian karena sakit gigi?

Gigi ngilu sering terjadi akibat kondisi gusi yang buruk dan menghilangnya lapisan pelindung gigi dan dentin terekspos karena kerusakan enamel gigi. Sobat Brilio tahu nggak bahwa sebanyak 2 dari 5 orang berusia 18-35 tahun di Indonesia pernah mengalami gigi ngilu? Fakta ini membuktikan bahwa anak muda zaman sekarang lebih rentan terkena gigi ngilu.

Gaya hidup anak muda yang serba cepat dan instan juga memperparah kondisi ini. Jika dibiarkan, kesehatanmu bisa terganggu lho.

Nah, seperti apa sih fakta-fakta gigi ngilu pada anak muda? Dihimpun Brilio.net dari berbagai sumber, Jumat (1/2), berikut empat faktanya.

1. Stres bisa menyebabkan gigi sensitif.

gigi sensitif berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Anak muda tak lagi asing dengan stres. Tuntutan tinggi dalam pekerjaan atau kuliah sering menjadi penyebab stres yang merembet ke gigi ngilu. Dilansir Brilio.net dari Everydayhealth, sebuah studi mengatakan bahwa stres bisa mengakibatkan anak muda sering menggesek giginya saat tidur. Gesekan ini bisa menyebabkan enamel gigi hilang. Akhirnya, gigi jadi ngilu dan sensitif.

Jurnal studi yang dipublikasikan dalam BioMed Research International pada tahun 2014 tersebut menambahkan bahwa kebiasaan menggesek gigi akibat stres ini juga bisa mengakibatkan masalah pendengaran dan pusing yang tak kunjung sembuh. Sakit gigi ngilu ditambah pusing ini pasti bikin anak muda sangat tidak nyaman beraktivitas.

2. Sering meminum minuman terlalu dingin atau panas sebabkan gigi sensitif.

gigi sensitif berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Mampir ke mal atau nongkrong di kafe pasti tak jauh dengan kopi atau es krim. Minuman terlalu panas atau dingin inilah yang ditengarai jadi penyebab gigi ngilu pada anak muda. Kebiasaan buruk ini harusnya diminimalisir anak muda.

Dilansir Brilio.net dari Everydayhealth, kebiasaan meminum minuman dingin dan mengunyah es, membuat enamel jadi retak dan tidak berfungsi dengan baik. Lama kelamaan, enamel gigi yang terekspos ini bisa membuat gigi ngilu tak tertahankan.

3. Pola diet tak teratur juga bisa memperparah gigi sensitif.

gigi sensitif berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Anak muda zaman sekarang getol banget melakukan diet. Sayangnya, ada yang memiliki pola diet tak teratur. Tak hanya jam makan berantakan, jenis makanan yang dikonsumsi juga bisa berpengaruh pada gigi ngilu. Makanan yang terlalu asam, panas, atau dingin bisa jadi penyebab utama permasalahan ini.

Selain itu, minuman seperti soda dan es krim juga bisa memperparah gigi sensitif. Makanan seperti salad yang mengandung tomat juga bisa memperparah kondisi gigi sensitif karena tingkat keasamannya.

4. Buah segar yang terlalu masam seperti lemon, jeruk, dan kiwi juga bisa sebabkan gigi sensitif.

gigi sensitif berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Buah segar seperti lemon, jeruk, dan kiwi ternyata memiliki tingkat keasaman yang tinggi. Hal inilah yang menyebabkan enamel gigi gampang terkikis. Jika sudah terkena syaraf, kamu bisa merasakan sakit tiada tara.

Dilansir Brilio.net dari healthline, buah segar seperti di atas boleh dikonsumsi penderita gigi sensitif asal tidak terlalu berlebihan. Kondisi mulut yang asam setelah mengonsumsi buah segar tersebut bisa memperparah rasa ngilu pada gigi.

Gigi sensitif dan ngilu ini jika dibiarkan bisa mengganggu aktivitas sehari-hari anak muda. Kamu pasti nggak bisa membayangkan harus menahan sakit di gigi tiap kali mau makan enak. Pantangannya juga sangat banyak sehingga kamu harus berhati-hati dalam memilih makanan.

Kamu butuh solusi cepat agar gigi ngilu tidak bertambah parah. Kamu bisa mengandalkan Sensodyne Rapid Relief untuk mengatasi gigi ngilu dengan cepat. Halal dan nyaman untuk digunakan, Sensodyne Rapid Relief bisa kamu andalkan saat gigi ngilu melanda. Sensodyne Rapid Relief sudah terbukti secara klinis redakan ngilu sejak pemakaian pertama.

gigi sensitif berbagai sumber

foto: Sensodyne

Nggak ada lagi deh alasan untuk tidak menikmati makanan lezat yang panas maupun dingin. Dengan Sensodyne Rapid Relief, kamu bisa #RedakanNgiluCepat. Nggak ada juga drama menahan sakit seharian karena gigi ngilu.

Sensodyne Rapid Relief dapat jadi andalanmu saat gigi ngilu menyerang. Aktivitas sehari-hari seperti meeting dengan klien atau bertemu dosen tak akan pernah lagi diganggu gigi sensitif karena bisa ##RedakanNgiluCepat.

 

 

Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    25%

  • Wow!

    25%

  • Sedih

    25%

  • Marah

    0%

  • Love

    25%

MORE
Wave more