Brilio.net - Saat ini kesehatan menjadi satu faktor yang sangat penting. Masyarakat diimbau selalu menjaga imunitas tubuh agar tak mudah terpapar virus korona. Karena itu, olahraga menjadi penting selain memperhatikan asupan gizi. 

Disamping itu, masyarakat juga harus mewaspadai berbagai kemungkinan ketika beraktivitas di luar rumah. Cara terbaik adalah tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan, selalu menyuci tangan dengan sabun di air mengalir, memakai masker, dan menjauhi kerumunan.

Nah di era digital seperti sekarang, ketika mengalami keluhan kesehatan, jangan buru-buru mengambil keputusan untuk langsung mendatangi rumah sakit. Masyarakat sebenarnya mudah berkonsultasi dengan dokter. Tak harus pergi ke rumah sakit kok. Cukup menggunakan platform kesehatan digital seperti Alodokter untuk mendapatkan akses layanan kesehatan digital secara daring dari rumah. 

Melalui aplikasi ini masyarakat dengan cepat terhubung untuk berkonsultasi dengan tenaga kesehatan profesional di manapun dan kapanpun, tanpa perlu khawatir terpapar risiko virus korona. Apalagi saat ini Alodokter juga didukung pembayaran digital melalui ShopeePay.

Berikut cara mengantisipasi kemungkinan munculnya gejala atau kondisi tertentu yang menjadi indikasi untuk mengunjungi rumah sakit.

Loading...

1. Tetap di rumah, jaga asupan makan, konsumsi vitamin, dan cukupi istirahat

4 Cara mengantisipasi gejala gangguan kesehatan © 2021 brilio.netAlodokter 

Hal pertama yang dapat dilakukan adalah mengurangi aktivitas di luar rumah. Apabila ada gejala demam, batuk dan pilek, pindah lah ke kamar terpisah dari anggota keluarga lain. Pilih kamar dengan ventilasi udara dan sinar matahari yang cukup. Jaga asupan gizi, minum vitamin bila perlu, perbanyak minum air putih, dan istirahat yang cukup.

2. Cari informasi gejala yang dirasakan melalui platform kesehatan

4 Cara mengantisipasi gejala gangguan kesehatan © 2021 brilio.net

Masyarakat dapat memanfaatkan platform kesehatan digital terkemuka dan terpercaya, seperti Alodokter, untuk mendapat informasi lengkap mengenai berbagai penyakit, yang dapat diakses dengan mudah kapan pun dan di mana pun. Di platform ini tersedia beragam artikel kesehatan yang dapat dijadikan sumber informasi, khususnya untuk mencari tahu kemungkinan kondisi yang diderita dari gejala yang dialami, serta penanganan pertama yang dapat dilakukan.

3. Jika bingung, konsultasikan keluhan yang dialami dengan dokter secara daring

4 Cara mengantisipasi gejala gangguan kesehatan © 2021 brilio.net

Untuk mendapat informasi kesehatan yang lebih terarah, manfaatkan layanan konsultasi kesehatan melalui chat bersama dokter di aplikasi Alodokter. Konsultasi kesehatan secara virtual ini efektif mengurangi risiko paparan virus korona, karena dapat dilakukan di mana saja, termasuk dari rumah. Jika ada kondisi yang bersifat darurat, dokter juga dapat mengarahkan untuk segera ke pelayanan kesehatan terdekat, bahkan memfasilitasi fitur booking dokter dan rumah sakit, sesuai kebutuhan. Gunakan promo cashback 30% dengan pembayaran digital ShopeePay yang dapat meringankan biaya konsultasi dengan dokter.

 “Melalui fitur chat bersama dokter di aplikasi Alodokter, kami ingin memberi pengalaman berkonsultasi dengan dokter yang praktis dan nyaman dari rumah,” kata CEO Alodokter, Nathanael Faibis.

4. Saat kondisi darurat, cek jadwal dokter dan buat janji secara digital

4 Cara mengantisipasi gejala gangguan kesehatan © 2021 brilio.net

Jika keadaan mendesak dan mengharuskan untuk pergi ke rumah sakit, maka cek jadwal dokter dan buat janji dengan cepat tanpa harus antre dengan menggunakan aplikasi kesehatan, seperti Alodokter, agar tidak perlu berlama-lama menunggu di rumah sakit. Upayakan untuk melakukan transaksi digital yang contactless, sehingga kita bisa mengurangi transmisi virus korona.

Di tengah pandemi seperti ini, jangan pernah lelah menjaga kesehatan dan menerapkan 3M, yakni memakai masker, mencuci tangan, serta menjaga jarak dan menghindari kerumunan untuk menekan, mencegah, sekaligus memutus rantai penularan Covid-19.